Daddy Issue, Benarkah Perceraian Berdampak pada Kehidupan Anak Hingga Dewasa?
Lifestyle

Daddy Issue, Benarkah Perceraian Berdampak pada Kehidupan Anak Hingga Dewasa?

Series fenomenal Layangan Putus telah berakhir di episode ke-10. Kinan dan Mas Aris resmi bercerai, hak asuh Raya jatuh ke tangan Kinan. Walau kisah ini hanya dalam series, tapi peristiwa semacam ini ada di sekitar kita. Pertanyaan selanjutnya, apa saja sih dampak perceraian bagi anak perempuan? Marsha Beauty akan mengajak kamu mengetahui hal ini. Semoga insight ini bermanfaat buat kamu, ya! 

Dalam keluarga, beberapa hal mungkin terjadi. Salah satu kemungkinannya, adalah perceraian.  Meskipun banyak penyebabnya, tapi sedikit banyak perceraian ini memang memberikan dampak pada kehidupan seorang anak, hingga dewasa nanti. 

Daddy issues sendiri merupakan isu atau masalah yang biasanya terjadi pada anak perempuan, hingga masa dewasanya mereka, akibat kurangnya sosok ayah di kehidupan masa kecilnya dahulu. 

Dampak Perceraian bagi Anak Perempuan

Nggak papa, kita akui dan pelajari dulu agar nanti dapat kita cari jalan keluarnya bersama ya, Girls.

Baca juga : Toxic Positivity, Semangat yang Justru Menjatuhkan

Lebih mencari validasi dari laki-laki dalam hidup

Karena mereka nggak merasakan kelekatan emosional yang seharusnya mereka dapatkan, wanita dengan pengalaman perceraian dalam masa kecilnya akan lebih besar membutuhkan validasi atau pengakuan tentang diri mereka, kepada pasangannya kelak. 

Mereka suka dibutuhkan, menuntut untuk dipercaya dan disayang, serta ingin selalu diakui kalau mereka cantik, bertalenta, atau mandiri. Sikap mereka ini dikarenakan minimnya pengakuan dari significant person mereka ketika kecil, tentu salah satunya figur ayah. 

Pikiran dan mentalnya tumbuh lebih cepat dan nggak sesuai dengan usianya 

Pada dasarnya, anak yang dari kecilnya sudah diberikan tanggung jawab dan dilibatkan masalah orang dewasa, mereka memang akan belajar dengan cepat tentang pelajaran dan kehidupan yang nggak ada di sekolah. 

Namun, hal ini bisa berdampak pada sulitnya anak kelak untuk mengembangkan hubungan yang sehat. Ketika ada masalah, mereka cenderung tenggelam di dalamnya dan sulit menemukan jalan keluarnya. 

Itulah mengapa, sebaiknya anak kecil tugasnya hanya bermain, dan nggak memiliki tanggung jawab masalah orang dewasa. 

Memiliki resiko depresi yang lebih besar

Ketika seorang anak merasa ayahnya tidak menemaninya secara emosional, khawatir masa dewasanya mereka akan mudah merasakan tekanan, dan akan kembali ke dalam siklus kepercayaan di masa kecilnya dulu. 

Tekanan ini jika tidak diregulasi dengan baik bisa menyebabkan kepribadian yang highly sensitive person, atau sangat sensitif terhadap tekanan, dan dapat menyebabkan depresi. 

Menginginkan pasangan yang seperti figur ayah

Poin terakhir, adalah keinginan seorang perempuan untuk memiliki pasangan sesuai idealnya kriteria ayah, yang mungkin melebihi seharusnya. Mereka memiliki ekspektasi yang besar dan menggantungkannya kepada pasangan mereka. 

Jika kamu berada pada isu poin ini, sadarilah kalau hubungan yang sehat dan berhasil itu dikerjakan oleh dua orang masing-masing, nggak hanya pihak pasangan laki-laki saja. Tetap semangat ya, Girls! 

Melewati Masa Daddy Issue

dampak perceraian

Meskipun begitu, kamu masih bisa melalui masa lalu dan membuatnya nggak melukai hubunganmu kini. Berikut tiga cara yang bisa kamu lakukan

Baca juga : Biar Nggak Terjebak dalam Toxic Relationship, Pahami Kriteria Hubungan yang Sehat

Mengenali masa lalumu dan dampaknya

Kamu perlu memahami betul, apa yang pernah terjadi di dalam keluarga, pola perilaku seperti apa, dan bagaimana kepercayaan yang ada tersusun dengan baik.

Menerimanya secara perlahan  

Setelah mengenalinya, tentu selanjutnya kamu memiliki tugas untuk menerimanya. Kenyataan yang ada nggak papa kok kalau menimbulkan kesedihan dan rasa sakit. Namun, selanjutnya pastikan kamu merasa sudah cukup untuk mengalami dampaknya dan nggak ingin merasakannya lagi. Nah, disinilah proses menerimamu sedang terjadi. 

Mempelajarinya dan menyimpannya sebagai bekal

Setelah kamu memahami bagaimana masa lalumu dapat mempengaruhi dirimu saat ini, kini saatnya mempelajari hubungan yang sehat untuk mempersiapkan perubahan pada dirimu. Kamu nggak mau kan mengulang kesalahan yang sama, kan?

Yeay, setelah memahami serba-serbi pengalaman luar biasa dari anak perempuan ini, Marsha harap dapat membantumu memahami diri sendiri dan lebih baik lagi di hubunganmu yang selanjutnya yaa!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.