Exfoliating Toner untuk Pemula Simak 5 Tips Mudah Memilihnya
Skincare

Exfoliating Toner untuk Pemula Simak 5 Tips Mudah Memilihnya

Cara aman memilih exfoliating toner untuk pemula disarankan skincare yang mengandung bahan eksfolian lebih ringan serta konsentrasi lebih rendah. Hal ini karena kulit wajah saat remaja masih rentan terhadap iritasi. Bisa dibilang bahwa para remaja sedang melakukan penjajakan untuk memilih toner skincare yang tepat

Bila telah menemukan toner yang tepat, maka disarankan untuk memakainya dalam keseharian. Ini karena proses exfoliasi memegang peranan penting supaya kulit wajah tidak terlihat kusam hingga berpotensi terhadap kemunculan jerawat.

Tips Memilih Exfoliating Toner untuk Pemula yang Wajib Diketahui

Exfoliating Toner untuk Pemula

Ada banyak produk skincare exfoliating toner untuk pemula dan remaja beredar di pasaran kosmetik Tanah Air. Rata-rata memang aman digunakan untuk pemula. Namun, kamu tetap tidak boleh memilih toner eksfoliasi sembarangan. Ada beberapa kaidah yang harus dipatuhi supaya terhindar dari permasalahan kulit wajah seperti jerawat dan breakout. Lantas apa sajakah itu? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kenali Kandungan Bahan-Bahan Aktifnya

Sejatinya, semua produk skincare akan memberikan manfaat baik. Hanya saja produk yang dipakai harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Oleh arena itu kenali dan pahami sebaik mungkin apakah kulitmu adalah tipe kering, berminyak, atau kombinasi

Misalnya saja kandungan AHA lebih berfungsi optimal di kulit kering, sedangkan BHA-nya cocok untuk kulit berminyak. Kandungan aktif tersebut biasanya punya daya kerja yang lebih efektif. Bila salah cara penggunaannya, bisa menimbulkan reaksi negatif di kulit. 

Baca juga:Bisa Picu Iritasi, Hati-hati Ini Bahan Skincare yang tidak Boleh Dicampur!

Hentikan Pemakaian Terus Menerus

Setelah memilih toner dengan kandungan chemical exfoliator yang mild dengan persentasenya yang relatif rendah bukan berarti kamu bebas memilih dan memakai toner exfoliating setiap hari mengingat tahap ini masih berada di sesi selektif. Hal ini juga bertujuan sebagai upaya pencegahan reaksi negatif kulit atau dikenal sebagai over-exfoliate. 

Untuk pemakaian awal, dianjurkan memakai toner 1-2 kali saja dalam seminggu. Jika selama itu kulit wajah tidak menunjukkan gejala iritasi seperti merah, maka pemakaian boleh dilanjutkan bahkan ditingkatkan. Namun, dilarang memakai produk secara berlebihan. Jadi, secukupnya saja. Awal pemakaian toner yang aman untuk anak remaja adalah pemberian jeda selama 5-7 hari sebelum menggunakan untuk sesi berikutnya.

Hindari Menggunakan Toner Lebih dari Satu

Pernahkah kamu beranggapan bahwa memakai dua produk toner sekaligus akan mempercepat proses eksfoliasi? Faktanya tidak begini.

Penggunaan yang sedemikian akan membuat kamu mengalami over exfoliating. Sebaiknya, gunakan produk skincare tanpa kandungan AHA dan BHA yang sama dengan toner eksfoliasi yang digunakan. 

Tes di Area Wajah Terkecil

Pemilik kulit sensitif harus ekstra hati-hati memilih toner eksfoliasi. Pasalnya, bila tidak tepat akan memicu kerusakan kulit.

Kondisi terparahnya adalah sejumlah orang merasakan reaksi tingling usai memakai exfoliating toner. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena rasa tersebut termasuk wajar apabila kamu menggunakannya. Namun, apabila kulitmu memerah dan terasa panas, maka segera bawa kepada ahlinya. 

Baca juga:Rekomendasi Skincare untuk Usia 30an, yang Cocok untuk Semua Kulit

Stop Pemakaian Apabila Ada Gejala Tak Wajar

Kulit terasa seperti sensasi terbakar, gatal, atau tertarik kencang? Bisa jadi kamu mengalami iritasi serius. 

Segera hentikan pemakaian toner dan beralihlah ke produk skincare yang aman, misalnya soothing. Saat kulit terkelupas, kamu juga wajib menghentikan pemakaian toner eksfoliasi. Cara memakai toner eksfoliasi untuk pemula yang benar adalah segera hentikan pemakaian tatkala kulit sudah mulai terkelupas.

Jadi, sudahkah kamu tahu cara memilih exfoliating toner terutama untuk pemula dan remaja? Pastikan kamu memberi waktu agar kulit bisa beradaptasi secara baik dengan produk skincare, terutama toner.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.