Ingredients yang Tidak Boleh Digabung Dengan Salicylic Acid Efeknya Ngeri
Skincare

Ingredients yang Tidak Boleh Digabung Dengan Salicylic Acid Efeknya Ngeri

Ingredients yang tidak boleh digabung dengan salicylic acid atau BHA harus Marshalova ketahui dengan pasti. Jika tidak, maka bukan kulit sehat, halus, dan kenyal yang akan kamu dapat. Justru sebaliknya, wajah kamu akan teriritasi.

Ingredients yang Tidak Boleh Digabung Dengan Salicylic Acid

Ingredients yang Tidak Boleh Digabung Dengan Salicylic Acid

Salicylic acid adalah turunan dari aspirin yang berperan mengurangi terjadinya peradangan. Zat asam ini bersifat anti inflamasi sehingga dapat diandalkan untuk mengatasi jerawat hingga wajah breakout. 

Namun, tahukah kamu ada beberapa zat aktif pada skincare yang tidak bisa kompromi saat bekerja. Apa saja zat aktif tersebut? Berikut adalah penjelasannya.

Benzoyl Peroxide

Kandungan bahan skincare ini membantu membuat jerawat yang meradang menjadi kalem. Sifat Benzoyl Peroxide memang keras. Terkadang setelah memakainya kulit kamu akan menjadi kering bahkan terkelupas. 

Salicylic acid bersifat asam, sehingga jika digunakan bersamaan dengan benzoyl peroxide akan membuat kulit wajah semakin kering dan menimbulkan sensasi wajah terasa tertarik kencang. Hal ini tentu akan membuat kamu tersiksa. 

Efek samping lain yang ditimbulkan adalah iritasi kulit yang terjadi semakin parah. Jika nekat digunakan, maka kondisi terparahnya akan muncul kerutan-kerutan halus menghiasi wajahmu.

Baca Juga: Review Sunscreen Skin Aqua untuk Kulit Kering, Simak!

Vitamin C

Penggunaan salicylic acid tidak boleh dicampur dengan vitamin C. Kedua bahan ini memang tidak pernah akur. Keduanya sama-sama memiliki kandungan asam aktif.

Bahkan sifat antioksidan yang dimiliki vitamin C tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Ini karena efek vitamin C otomatis mengalami penurunan. Keseimbangan pH kulit pun menjadi terganggu sehingga mempengaruhi kestabilan vitamin C. 

Namun, bila ingin menggunakan keduanya, ada trik untuk mengakalinya. Caranya adalah dengan mengatur jadwal pemakaiannya. Misal di pagi hari kamu menggunakan vitamin C, maka aplikasikan salicylic acid pada malam hari. Dengan pola pemakaian yang sedemikian, maka kulit cerah, mulus, dan tampak lebih fresh bisa segera kamu peroleh. 

Retinol

Sama halnya dengan vitamin C, pemakaian retinol dan salicylic acid yang terjadwal dengan baik seolah menjadi dewa penolong kulit muka yang beruntusan. Namun, jangan sekali-kali kamu mencobanya secara bersamaan jika tidak ingin wajah kamu teriritasi.

Ini karena sifat salicylic acid berperan membantu proses eksfoliasi kulit, sedangkan retinol berperan untuk mempercepat regenerasi kulit dengan kandungan peeling agent yang dimilikinya. Jadi, sudah jelas bukan jika keduanya digabungkan maka kulit wajah akan menjadi over-exfoliated. 

Vitamin B3 (Niacinamide)

Kandungan zat aktif dalam B3 berperan membantu memperbaiki struktur kulit. Pada pH netral, vitamin B3 akan bekerja lebih optimal. Lantas jika kamu masih ngeyel mencampurkannya dengan salicylic acid, maka tinggal menunggu waktu saja kulit wajah akan teriritasi. 

Senyawa Asam Lain

Mencampur asam salicylic acid dengan senyawa asam lain yang berbeda atau menggunakan beberapa produk dengan kandungan asam yang berbeda secara bersamaan, sungguh tidak disarankan. Alih-alih ingin memiliki kulit sehat dan segar justru akan teriritasi. 

Hanya saja, pemakaian produk skincare dengan kandungan salicylic acid dengan AHA diperbolehkan. Campuran kedua bahan tersebut terbukti aman. 

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Produk Sunscreen Emina untuk Kulit Sensitif

Hyaluronic Acid

Apakah hyaluronic acid boleh dicampur dengan salicylic acid? Jawabannya adalah boleh, bahkan dianjurkan.

Ini karena hyaluronic acid mampu memenuhi kebutuhan hidrasi kulit serta mencegah kulit menjadi kering. Sedangkan salicylic acid memiliki efek samping mengeringkan kulit. Jika pemakaian keduanya secara bersamaan, maka efek iritasi yang ditimbulkan kandungan salicylic acid dapat ditekan dan mencegah kulit menjadi kering.

Nah, sudah tahu bukan ingredients yang tidak boleh digabung dengan salicylic acid dalam skincare apa saja? Pastikan kamu mengetahuinya sebelum menggunakan produk skincare.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.