Ini Cara Mengobati Kuku yang Hampir Lepas atau Onikolisis dan Perawatan yang Harus Dilakukan
Nails

Ini Cara Mengobati Kuku yang Hampir Lepas atau Onikolisis dan Perawatan yang Harus Dilakukan

Onikolisisi bisa terjadi pada siapa saja. Namun, diketahui kasus ini lebih sering terjadi pada wanita dewasa. Faktor penyebabnya cukup beragam mulai dari cedera berulang karena penggunaan sepatu ketat, proses merendam kuku yang terlalu lama, kebiasaan mengetukkan kuku berulang, atau karena cedera ketika perawatan manicure pedicure. Kondisi ini membutuhkan penanganan cara mengobati kuku yang hampir lepas atau onikolisis seperti menggunakan obat penyakit kuku onikolisis berkualitas agar kondisi tidak semakin parah.

Mengenal tentang penyakit onikolisis

Onikolisisi merupakan kondisi kuku yang terlepas dari kulit di bagian bawahnya. Pada umumnya kondisi ini berlangsung bertahap selama beberapa bulan tanpa menimbulkan rasa sakit. Bisa terjadi pada kuku kaki maupun kuku tangan, yang mana kuku tidak bisa lagi menempel ke dasar kuku dan akhirnya terlepas.

Tentu dibutuhkan waktu cukup lama agar kuku yang terlepas kembali tumbuh secara utuh. Selama waktu itu pula penderita akan mengalami rasa kurang nyaman. Hal ini mengingat kuku memiliki peran crucial. 

Karenanya kali ini Marsha Beauty mengajak kamu mengulik perawatan yang tepat untuk onikolisis, khususnya obat yang bisa membantu menumbuhkan kuku setelah terlepas.

Baca juga : Beberapa Tips Mengatasi Penyakit Kuku Psoriasis Agar Tidak Bertambah Parah

Referensi Obat Penyakit Kuku Onikolisis dan Dukungan Perawatan Sendiri 

Berikut ini beberapa produk obat penyakit kuku onikolisis yang berkhasiat menumbuhkan kuku lebih cepat setelah terlepas, diantaranya:

Antiseptik Betadine

cara mengobati kuku yang hampir lepas

Untuk mengobati kuku yang terlepas agar cepat kering dan tumbuh kuku baru pengobatan pertama bisa menggunakan antiseptik Betadine. Namun, pastikan sebelumnya kamu sudah membersihkan kuku yang mengalami luka dan merendamnya dalam air hangat.

Aplikasikan antiseptik secukupnya lalu balut kuku yang terlepas dengan kassa steril. Pastikan ingat untuk mengganti kassa steril setiap hari. Tetap berkonsultasi dengan dokter karena biasanya penderita onikolisis juga dianjurkan minum antibiotik yang diresepkan.

ProPolis SM 

cara mengobati kuku yang hampir lepas

Untuk obat pendamping, ProPolis SM merupakan varian baru dari Propolis Brazil. Produk lokal ini bebas campuran alkohol diracik dari komposisi pilihan menggunakan teknologi nano. Membantu mengobati bermacam masalah kuku, termasuk kuku yang terlepas.

Produk obat yang sudah mengantongi sertifikat halal MUI ini diklaim aman digunakan tanpa efek samping. Untuk pengobatan kuku lepas bisa diteteskan 4-5 tetes secara merata di area kuku yang terluka. 

Baca juga : 5 Rekomendasi Alternatif Obat Penyakit Kuku yang Praktis dan Mudah Didapat

QnC Jelly Gamat 

cara mengobati kuku yang hampir lepas

Produk berikutnya hadir multikhasiat mengatasi masalah pada kesehatan kuku. Mulai dari mencegah infeksi cantengan, mengatasi nyeri cantengan, obat kuku berjamur, hingga obat kuku terlepas.

Membantu mengeringkan luka lebih cepat. Khasiat obat ini didapat dari komposisi utama berupa teripang emas yang kaya akan kandungan baik. Untuk pengobatan kuku yang terluka bisa digunakan sebagai obat luar. Obat bisa dioles untuk membantu penyembuhan luka dan mengkondisikan dasar kulit agar mendukung pertumbuhan kulit baru.

Perawatan Sendiri Onikolisis

cara mengobati kuku yang hampir lepas

Selain menggunakan obat-obatan yang diberikan di atas, kamu juga perlu mengupayakan beberapa cara perawatan sendiri. Hal ini agar proses penyembuhan bisa lebih cepat. Pasalnya onikolisis juga berisiko pada komplikasi seperti cacat kuku permanen bila tidak dirawat.

Perawatan sendiri yang bisa dilakukan misalnya menggunting bagian kuku yang menunjukkan gejala onikolisis seperlu mencegah kuku tertarik ke atas. Selain itu, jaga kondisi kuku tetap kering selama masa penyembuhan agar tidak terjadi onikolisis berulang. Bila onikolisis dirawat secara tepat dibutuhkan waktu sekitar 3 hingga 6 bulan  dan sebaiknya tetap di bawah pengawasan dokter sebagai tenaga ahli.

Itulah beberapa obat penyakit kuku onikolisis yang bisa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan kuku. Baiknya Marshalova juga melakukan perawatan pendukung agar onikolisis cepat sembuh.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.