Ini Dia Kebiasaan yang Membuat Wajah Kusam Perlu Disadari Mulai Sekarang
Lifestyle

Ini Dia Kebiasaan yang Membuat Wajah Kusam Perlu Disadari Mulai Sekarang

Masalah kulit wajah yang kusam sering membuat tampilan jadi kurang maksimal. Nah, untuk mendapatkan kulit wajah yang glowing penting untuk Marshalova coba kenali cara mengatasinya. Selain itu, juga ada beberapa kebiasaan yang membuat wajah kusam tanpa kamu sadari. 

Apakah berpengaruh kebiasaan tersebut? Tentunya iya, tanpa disadari kamu sudah melakukan kebiasaan buruk yang dampaknya pada wajah sehingga membuat kulit jadi kusam. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut ini.

Kebiasaan yang Membuat Wajah Kusam Perlu Marshalova Ketahui

Rajin cuci muka tapi kulit tetap kusam? Selain itu, kamu juga rajin menggunakan pelembab yang memiliki kandungan formula mencerahkan kulit, tetapi tetap saja tidak terjadi perubahan besar pada kulit. 

Menghilangkan wajah kusam bukan hanya dapat menggunakan produk kecantikan saja, tetapi kamu juga perlu mengubah kebiasaan sehari-hari yang dilakukan. Ada banyak orang yang tidak menyadari kebaikan itu dan justru akan membuat kulit jadi semakin tidak sehat.

Ciri-ciri kulit kusam yang paling gampang ditandai yakni warna kulit jadi lebih gelap. Selain itu, juga wajah terasa kering serta penampilan wajah jadi tersamarkan oleh warna gelapnya. Semua itu bisa berawal dari kebiasaan. Untuk itu, berikut ini kebiasaan yang tanpa kamu sadari membuat kulit kusam, antara lain:

Baca Juga : Inilah Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk yang Bisa Dilakukan

  1. Sering Begadang

Kebiasaan yang Membuat Wajah Kusam

Jika kamu merasa memiliki kulit kusam, maka cobalah lihat jadwal tidurmu belakangan ini. Bisa jadi penyebab dari kulit kusam yang sulit cerah yakni keseringan begadang. Ketika tubuh dalam kondisi tidur, maka sistem imun akan memproduksi kolagen serta keratin. 

Nah, kedua zat itu gunanya untuk mengencangkan serta menyehatkan kulit. Karena kamu sering begadang, maka tidak ada kesempatan zat tersebut untuk diproduksi di tubuh. 

Hasilnya kulit jadi kusam, kantung mata yang semakin besar serta warnanya berubah jadi hitam. Usahakan untuk tidur kurang lebih selama 7 hingga 8 jam setiap malamnya.

  1. Sering Alami Stres

Kebiasaan yang Membuat Wajah Kusam

Sudah melakukan berbagai perawatan wajah dengan produk harga mahal tetapi kulit kusam tidak kunjung membaik. Mungkin saja bukan dari luar maupun dalam tubuh, tetapi dari apa yang ada di pikiranmu. 

Stres yang sedang dialami dapat meningkatkan kortisol yang mempengaruhi aliran darah ke kulit serta bisa menghambat perbaikan kulit. Oleh karena itu, kelola stress kamu supaya kulit wajah jadi sehat.

  1. Aktif Merokok

Kebiasaan yang Membuat Wajah Kusam

Perokok aktif, maka jangan harap bisa mencerahkan kulit. Sebab, rokok merupakan salah satu pemicu rusaknya kulit. Perokok yang berat mempunyai risiko yang tinggi.

Selain itu, perokok berat juga dinilai rentan terhadap kanker kulit. Kebiasaan merokok apalagi saat bulan puasa tidak dianjurkan sebab hal itu akan membuat makruh dan dapat merusak lapisan pembuluh darah. 

Sehingga akan mengurangi aliran darah yang kaya akan nutrisi untuk kulit. Tentu hal itu juga dapat membuat kulitmu jadi rapuh, keriput, serta susah diperbaiki.

  1. Tidak Pernah Melakukan Eksfoliasi

Kebiasaan yang Membuat Wajah Kusam

Sel kulit mati yang terlalu menumpuk di wajah jadi penyebab wajah kusam serta terasa kasar. Eksfoliasi berfungsi untuk bantu menyingkirkan sel kulit mati. 

Jika tidak pernah melakukan eksfoliasi wajah, maka sel kulit mati akan semakin banyak dan menumpuk. Dengan demikian, wajah juga akan tampak kusam.

Baca Juga : Perhatikan Beberapa Kebiasaan Wanita Saat Jatuh Cinta yang Terlihat!

  1. Malas Minum Air

Kebiasaan yang Membuat Wajah Kusam

Sebagian besar organ dalam tubuh manusia terdiri dari air, termasuk juga dengan kulit yang merupakan organ terbesarnya. Dehidrasi akibat dari kekurangan air bisa membuat wajah kusam maupun kering. 

Tapi menurunnya volume aliran darah ke kulit juga akibat dari kekurangan minum air. Hal itu akan berakibat juga di kulit sehingga jadi gampang berkerut, berisik, tampak pucat, dan lainnya. 

Untuk itu, perlu mengatasi kulit kusam. Bagaimana caranya? Mudah saja, kamu perlu mengatur waktu tidur secara rutin dan jangan begadang sampai terlalu malam. Selain itu, juga penuhi nutrisi dalam tubuh. Apalagi menjelang puasa. Tubuh serta kulit memerlukan nutrisi yang sehat. 

Bagi perokok aktif, maka cobalah untuk mengurangi hal itu supaya kulit kusam dapat teratasi. Kebiasaan yang membuat wajah kusam dan tidak disadari ternyata bisa membuat kulit jadi lebih kusam. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah kurangi kebiasaan buruknya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.