Ini Dia, Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Berminyak yang Ampuh
Hair

Ini Dia, Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Berminyak yang Ampuh

Ladies, adakah di antara kalian yang memiliki jenis rambut berminyak? Masalah ini tentunya mengganggu ya? Kita perlu perhatian dan melakukan perawatan ekstra secara benar untuk mengatasi rambut berminyak tersebut. Dengan perawatan yang tepat tentunya akan mengurangi minyak yang membuat rambut lepek dan mudah kotor. Artikel ini akan membahas bagaimana cara mengatasi rambut berminyak secara ampuh dan tepat. 

Sebelumnya, yang harus kamu ketahui adalah penyebab rambut berminyak terlebih dahulu. Kondisi ini sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah faktor genetik, perubahan hormon (terutama saat pubertas), stress pada diri sendiri, memakai produk yang salah hingga faktor lingkungan. 

Nah, cara mengatasi rambut berminyak ini sebenarnya mudah kok. Penasaran? Simak tipsnya di bawah ini:

Cara Alami dengan Lemon

Air lemon merupakan bahan alami yang fungsinya bisa menutup pori-pori kulit kepala dan bisa mengurangi kadar minyak pada rambut. Selain itu, lemon juga bisa membantu mengatasi masalah ketombe dan gatal-gatal pada rambut sehingga menjadikan rambut lebih sehat dan berkilau.

Caranya menggunakan lemon untuk rambut berketombe pun gampang! Campurkan jus yang terbuat dari perasan 2 buah lemon dengan 1 liter air matang. Lalu, gosokkan langsung pada kulit kepala. Diamkan beberapa saat dan jangan lupa bilas kembali rambut dengan air untuk membersihkan sisa-sisa lemon.

Teh Hijau

Selain lemon, kamu juga bisa gunakan teh hijau yang mengandung antioksidan yang membantu mengatasi ketombe, ruam dan iritasi pada kulit kepala. Pada teh hijau juga mengandung tannic acid yang berfungsi sebagai astringents untuk mengurangi kadar minyak.

Cara menggunakan teh hijau untuk mengatasi rambut berminyak adalah: Seduh teh hijau seperti biasa. Saring dan biarkan hingga dingin. Cuci rambut dengan shampo, lalu bilas dengan teh hijau tersebut.

Conditioner

Conditioner yang tidak tepat kadang membuat rambut kamu justru terlihat lebih berminyak. Sebaiknya kamu meminimalisir dalam menggunakannya atau konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya. Jika kamu tetap ingin menggunakannya, pastikan hanya ujung rambut saja yang kena, jangan sesekali menggunakan Conditioner hingga akar rambut.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan matte finish paste yang bisa mengurangi minyak dan membuat rambutmu lebih sehat.

Shampo untuk Mengatasi Rambut Berminyak

Keramas lah pada pagi hari, cuci dengan air dingin (bukan air panas), tapi hal ini jangan terlalu sering dilakukan karena justru bisa menyebabkan kulit kepala memproduksi minyak secara berlebih. Pilih shampo yang sesuai dengan tipe rambut kamu. Gunakan produk shampoo yang bisa menutrisi kulit kepala secara mendalam, membuat rambut lebih kuat, lembut dan indah.

Ladies, itulah penyebab sekaligus tips bagaimana cara mengatasi rambut berminyak. Jika kamu punya pengalaman lain dengan masalah ini, boleh sharing di kolom komentar. Stay safe dan selalu jaga kesehatan, ya!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.