Inilah Bahan Tabir Surya Alami Sebagai Pengganti Sunblock
Skincare

Inilah Bahan Tabir Surya Alami Sebagai Pengganti Sunblock

Sunblock sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap sehat dan menghindari kerusakan karena sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat menghambat pertumbuhan sel kulit, tentu saja hal tersebut sangat membahayakan apalagi di waktu siang hari. Maka dari itu, sempatkan untuk menggunakan tabir surya alami sebelum keluar rumah. 

Sunblock alami ini dapat kamu buat sendiri di rumah. Selain lebih natural, kamu tidak perlu takut akan kandungan kimia di dalamnya. 

Tabir Surya Alami dari Bahan di Sekitarmu

Penggunaan sunblock menjadi agenda rutin yang wajib kamu lakukan untuk melembabkan dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Untuk mendapatkannya kamu bisa membeli di toko kosmetik terdekat, namun untuk sunblock berbahan alami, kamu bisa membuatnya dari bahan yang ada di sekitarmu. Apa saja bahan alami tersebut? Check this out!

Baca Juga : Agar Hasilnya Maksimal, Ini Waktu Penggunaan Eye Cream yang Tepat!

Minyak Zaitun

tabir surya alami

Minyak zaitun sangat direkomendasikan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Bahkan minyak zaitun kaya akan antioksidan yang dapat menangkal kulit dari kerusakan karena radikal bebas. Kandungan vitamin E di dalamnya sangat banyak, sehingga dapat menutrisi kulit dan memberikan kelembaban alami. 

Gandum

tabir surya alami

Perlu kamu ketahui, ternyata gandum mempunyai kandungan minyak yang bermanfaat sebagai tabir surya. Bahkan minyak gandum diklaim mempunyai vitamin dan nutrisi bergizi yang mampu melembabkan, mencerahkan, hingga menutrisi kulit dengan lebih baik. 

Aloe Vera

tabir surya alami

Gel lidah buaya mempunyai banyak manfaat, diantaranya adalah melindungi dan mencegah kulit dari paparan sinar ultraviolet. Cara membuat sunblock dari lidah buaya ini sangat mudah. Campurkan gel lidah buaya, minyak cengkeh, dan minyak peppermint secara merata.

Alpukat dan Minyak Kelapa

tabir surya alami

Minyak kelapa dan buah alpukat dapat kamu kombinasikan untuk membuat sunblock. Kedua bahan ini mempunyai kemampuan untuk memberikan perlindungan terhadap kulit.

Masukkan empat sendok minyak kelapa dan tiga sendok minyak alpukat ke dalam sebuah wadah. Kemudian aduk hingga menyatu dengan sempurna dan simpan ke dalam kulkas. Dengan cara seperti ini, kamu bisa menggunakan kapan saja. 

Shea Butter

tabir surya alami

Shea butter menjadi salah satu bahan alami pengganti sunblock. Kamu bisa  menggunakannya dengan cara mengusapkan  ke permukaan kulit secara menyeluruh. Jadi, penggunaan shea butter ini tidak perlu mencampurkannya dengan bahan lain. 

Minyak Jojoba

tabir surya alami

Contoh tabir surya yang natural selanjutnya adalah minyak jojoba. Jenis minyak yang satu ini dapat melembabkan kulit tubuh sekaligus bisa kamu manfaatkan sebagai pengganti sunblock. Jojoba oil kaya akan Vitamin E, sehingga mampu menutrisi kulit dengan lebih baik. 

Baca Juga : 5 Cara Membuat Kulit Wajah Halus Mudah dan Anti Ribet, Tanpa Mahal!

Daun Teh

tabir surya alami

Selain digunakan sebagai minuman, pasti belum banyak yang tahu jika daun teh bermanfaat sebagai tabir surya untuk kulit. Sisa rendaman teh semalaman dapat kamu manfaatkan keesokan harinya dengan memisahkan antara daun teh dengan airnya. Kemudian usapkan secara merata ke seluruh permukaan kulit tubuh sebagai perlindungan alami untuk mencegah paparan sinar ultraviolet.  

Wortel

tabir surya alami

Wortel terkenal sebagai sayuran yang kaya akan kandungan vitamin A. Namun, ternyata jenis sayuran ini dapat kamu gunakan sebagai bahan alami sunblock untuk kulit. Cara membuat tabir surya dari wortel ini terbilang mudah. 

Pertama haluskan satu buah wortel, lalu campurkan dengan tiga sendok teh madu, lima sendok teh minyak zaitun, serta dua sendok teh air lemon. Aduk perlahan semua bahan, kemudian simpanlah dalam wadah tertutup, kamu bisa menggunakan kapan saja. 

Nah, dari keseluruhan bahan tersebut, manakah tabir surya alami yang ingin Marshalova coba buat?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.