Inilah Beberapa Cara Menghilangkan Minyak Di Wajah
Skincare

Inilah Beberapa Cara Menghilangkan Minyak Di Wajah

Cara menghilangkan minyak di wajah ada banyak dan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Jika Marshalova melakukannya dengan sembarangan maka bisa membuat kulit wajah jadi kering dan iritasi. Untuk kamu yang ingin mengatasi minyak di wajah, maka kamu perlu membaca artikel ini.

Minyak di wajah sebenarnya baik untuk menjaga kelembaban kulit, namun jika jumlahnya sudah berlebihan juga akan membawa masalah. Minyak yang berlebih bisa menyumbat pori-pori sehingga membuat timbulnya komedo dan jerawat.

Selain itu, menggunakan produk minyak dipermukaan kulit juga bisa menjadi faktor timbulnya gangguan kulit. Penyebab lainya mulai dari faktor keturunan, stress berlebihan, pertambahan usia, dan sering berkeringat.

Baca Juga :Facial Wash untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat, Pilih Rekomendasinya Disini!

Berbagai Cara Menghilangkan Minyak di Wajah

Kulit berminyak memang bisa memberi manfaat dan juga kerugian bagi pemiliknya. Pasalnya minyak berguna untuk menjaga kelembaban kulit. Sedangkan bila jumlahnya sudah berlebihan maka bisa membuat kulit berjerawat.

Ada dua jenis kulit yang sering mengalami keluhan pada minyak di wajah, yaitu kulit berminyak dan kulit kombinasi. Biasanya pemilik kulit kombinasi memiliki minyak berlebih pada area dahi, hidung, dan dagu. Sedangkan untuk area pipi tidak memiliki terlalu banyak.

Pori-pori juga akan terlihat lebih besar dan terdapat komedo hitam. Perawatan dari jenis kulit ini berbeda dengan masing-masing area, misal gunakan pelembab pada area pipi saja.

Sedangkan untuk kulit berminyak, memiliki pori-pori yang lebih besar, mengkilap, tampak kusam, dan bernoda, serta rentan dengan komedo hitam, bahkan jerawat. Si empunya kulit berminyak akan merasakan seluruh bagian mukanya terasa seperti berminyak serta licin. Untuk mengatasinya kamu bisa mengikuti cara menghilangkan minyak di wajah.

Baca Juga :Skincare Scarlett Wajah Sepaket, Temukan yang Cocok untuk Kulitmu!

Mencuci Muka Dua Kali Sehari

Cara Menghilangkan Minyak Di Wajah

Kamu disarankan untuk mencuci muka dengan rutin di pagi dan malam hari, atau ketika kulit wajah sudah berminyak banyak. Selain itu, biasakan juga untuk mencuci muka dari sisa make up ketika hendak tidur.

Untuk hasil optimal, ketika mencuci wajah gunakan pembersih wajah yang bahannya lembut dan hindari menggosok terlalu keras agar wajah tidak iritasi.

Menggunakan Pelembab Secara Rutin

Cara Menghilangkan Minyak Di Wajah

Pelembab penting untuk kulit berminyak walau untuk area yang berminyak tidak perlu menggunakan pelembab setiap hari. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pelembab yang bebas minyak agar pori-pori tidak tersumbat.

Menggunakan Produk Perawatan Wajah Yang Cermat

Cara Menghilangkan Minyak Di Wajah

Cara menghilangkan minyak di wajah secara alami dan permanen dengan memilih produk yang jelas. Ketika menggunakan produk perawatan wajah atau make up sebaiknya pilih yang berbahan dasar air tidak mengandung minyak dan alkohol. 

Umumnya, produk tersebut berlabel “oil free” atau “noncomedogenic”. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan berbagai produk perawatan kulit yang mengandung tretinoin dan salicylic acid.

Bahan-bahan tersebut bisa mengangkat bermanfaat untuk mengangkat minyak berlebihan, membantu mengatasi jerawat, dan mengecilkan pori-pori. Namun hati-hati dengan produk yang memiliki bahan treonin. Sebab berbahaya untuk ibu hamil.

Menggunakan Tabir Surya

Cara Menghilangkan Minyak Di Wajah

Ketika beraktivitas di luar ruangan jangan sampai lupa untuk menggunakan tabir surya yang memiliki spf minimal 30 dan diperkaya dengan zinc oxide dan juga titanium dioxide. Paparan sinar matahari yang membuat keriput bisa dicegah dengan menggunakan tabir surya.

Menempelkan Kertas Minyak

Cara Menghilangkan Minyak Di Wajah

Ketika wajah kamu terasa sangat berminyak, maka cobalah menggunakan kertas minyak. Kamu cukup menempelkan kertas tersebut pada area yang berminyak dan tunggu beberapa detik, lalu angkat. Sebaiknya jangan gosok kertas karena bisa menyebarkan minyak di area lain.

Kulit berminyak memang bisa mengganggu dan menimbulkan berbagai kerugian bagi wajah. Dengan cara menghilangkan minyak di wajah ini, kamu bisa lebih leluasa untuk mendapatkan wajah yang bersih alami.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.