Inilah Cara Membersihkan Sikat Maskara, Mudah Bisa Marshalova Coba
Tools

Inilah Cara Membersihkan Sikat Maskara, Mudah Bisa Marshalova Coba

Apakah sikat maskara kamu penuh dengan maskara kering berupa gumpalan sehingga kamu tidak dapat menggunakannya ke bulu mata? Sikat maskara yang menggumpal dapat menyebabkan pengaplikasian maskara turut terhambat serta juga dapat membuat bulu mata jadi tampak aneh. Maka dari itu kamu perlu mengetahui cara membersihkan sikat maskara yang benar dan tepat sehingga saat dipakai sikat tersebut dapat membuat bulu mata jadi terlihat cantik dan lentik. Yuk simak ulasan disini.

Cara Membersihkan Sikat Maskara Dengan Mudah

Cara Membersihkan Sikat Maskara

Salah satu penyebab kulit breakout atau dapat menimbulkan jerawat tiba-tiba yakni peralatan make up yang kotor. Residu make up, kotoran, debu, serta sebum yang membeku dalam alat rias bisa menjadi sumber bakteri dan dapat berpindah pada kulit kalau Marshalova tidak rajin untuk membersihkanya. 

Nah, apalagi untuk sikat maskara. Sikat maskara yang dibiarkan mengering setelah dipakai akan menjadi sebuah gumpalan yang saat akan dipakai kembali jadi membuat riasan tampak tidak indah. Lalu bagaimana cara membersihkannya?

Seka Gumpalan Maskara Dengan Tisu

Membersihkan sikat maskara kamu tidak perlu susah payah untuk melakukannya dengan rutin. Kamu cukup periksa sikat maskara dalam waktu seminggu sekali untuk mencari tahu apakah terdapat gumpalan maskara yang mengering atau tidak. 

Jepit sikat maskara tersebut di antara lipatan tisu. Setelah itu digerakkan kedepan dan kebelakang. Hal ini akan membantu melonggarkan gumpalan sekaligus membuat bulu-bulu sikat tidak menempel lagi satu sama lain.

Baca Juga :Bosan Sama Rambut Lurus? Catok Curly yang Bagus dan Tahan Lama Ini Bisa Bikin Penampilanmu Lebih Fresh

Rendam Sikat Maskara di Air Panas

Cara berikutnya yakni masukkan air yang sangat panas tapi bukan yang mendidih sebab hal itu akan melelehkan plastik. Masukkan dalam wadah serta rendam sikat maskara selama kurang lebih lima menitan. Seharusnya gumpalan maskara yang mengering tersebut akan terlepas dari sikat dan airnya akan berubah warna jadi hitam ataupun abu-abu. 

Buang air yang sudah kotor tersebut serta gunakan wadahnya lagi untuk membersihkan maskara. Kalau kamu menggunakan maskara yang waterproof atau tahan air maka bisa menggunakan semangkuk kecil pembersih riasan sebagai pengganti airnya.

Rendam Sikat Dalam Gelas Berisi Isopropil Alkohol

Tuangkan isopropil alkohol dalam gelas setelah itu rendam sikat maskara. Kamu akan melihat sisa-sisa dari maskara yang terlepas dari sikat. Rendam selama kurang lebih satu menit. Kalau sikat  tidak bersih juga maka rendam selama satu menit lagi. Kemudian lihat apakah masih terdapat produk yang terlepas dari kita atau tidak.

Menggunakan Korek Kuping Untuk Membersihkan Area yang Menempel di Kontainer Maskara

Cara membersihkan sikat maskara yang berikutnya adalah menggunakan korek kuping. Pada bagian plastik di pangkal sikat maskara mungkin terdapat kotoran hasil dari tumpukan maskara. 

Marshalova bisa membersihkan bagian ini dengan menggunakan korek kuping. Caranya sangat gampang yakni melembabkan korek kuping dengan air sedikit saja untuk mencegah serabut menempel di wadah maskara. 

Membersihkan pada bagian ini dari tumpukan maskara akan membantu kamu menutup maskara dengan baik serta dapat mencegah maskara dalam kontainer menjadi kering sehingga dapat dipakai lebih lama lagi.

Baca Juga :4 Rekomendasi Produk Penjepit Bulu Mata Terbaik yang Mudah Kamu Temui

Keringkan Sikat Maskara

Kalau sikat maskara masih basah dengan alkohol maupun air, maka maskara di dalam kontainer dapat kering. Pastikan sikat benar-benar kering terlebih dahulu. Bisa gunakan tisu kertas untuk mengeringkannya. 

Biarkan dahulu kuas maskara kering dengan sendirinya selama kurang lebih 10 menit setelah kamu menepukkan dengan tisu. Supaya maskara tidak kering selama waktu ini, maka tutuplah wadah dengan plastik maupun alumunium foil. Nah, jika tangan kamu bersih, maka sentuh sikat maskara untuk memastikan apakah sudah kering atau belum.  Kamu dapat melihat air percikan dari sikat kalau belum betul-betul kering. Keringkan dengan tisu sampai kering dengan sempurna. 

Penggunaan sikat maskara akan membuat bulu mata jadi tampak indah dan akan membuat riasan jadi lengkap. Jika sikat maskara yang kamu gunakan terdapat gumpalan maka perlu dibersihkan. Cara membersihkan sikat maskara bisa Marshalova lihat seperti di atas, mudah sekali.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.