Jenis-Jenis Komedo dan Cara Mengatasinya, Jangan Sampai Salah Menangani ya!
Skincare

Jenis-Jenis Komedo dan Cara Mengatasinya, Jangan Sampai Salah Menangani ya!

Marshalova, sudahkah Anda mengetahui jenis-jenis komedo dan cara mengatasinya? Komedo ini tentunya menjadi masalah tersendiri bagi perempuan. Bahkan munculnya komedo ini pasti akan mengurangi rasa percaya diri Anda meskipun komedo ini tidak berbahaya dan menimbulkan rasa sakit seperti jerawat.

Namun jika komedo ini mengalami infeksi biasanya akan bengkak dan timbul kemerahan, hal inilah masalahnya untuk itu komedo harus segera diatasi. Namun karena ada berbagai jenis komedo, maka cara menghilangkannya pun juga berbeda-beda.

Jenis-Jenis Komedo dan Cara Mengatasinya, Sudahkah Anda Mencobanya?

jenis-jenis komedo dan cara mengatasinya

Mungkin banyak orang yang memahami bahwa komedo tidak ada jenisnya dan hanya satu, namun ternyata anggapan ini sangat salah. Karena nyatanya komedo ini memiliki beberapa jenis yang tentunya berbeda-beda, munculnya komedo ini juga disebabkan oleh beberapa hal.

Komedo ini biasanya akan muncul ketika pori-pori tersumbat. Nah biasanya komedo ini jika dibiarkan bisa memunculkan jerawat.  Makanya komedo ini harus segera diatasi, untuk itu sebaiknya Anda memperhatikan cara menghilangkan permasalahan komedo seperti berikut ini.

Baca juga :Adakah Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Cepat? Begini Penjelasannya!

Komedo Terbuka

Jenis yang pertama adalah komedo terbuka atau juga sering disebut sebagai komedo hitam. Masalah ini umumnya timbul akibat minyak tersumbat dalam pori. Biasanya jenis komedo ini akan muncul di area hidung, dagu, punggung dan bahu.

Komedo Tertutup

Jenis komedo berikutnya ini biasanya berwarna putih. Komedo ini muncul akibat sel minyak yang tersumbat dan tidak terpapar udara. Biasanya jenis komedo ini akan muncul pada area wajah bagian pipi, dagu dan dahi.

Microcomedones

Jenis komedo ini sesuai dengan namanya. Komedo ini merupakan salah satu jenis terkecil dari semua jenis komedo. Sehingga jenis komedo ini tidak akan terlihat dengan keadaan mata telanjang, biasanya jerawat yang meradang bisa bermula dari jenis komedo ini.

Macrocomedones

Jenis komedo selanjutnya ini merupakan jenis komedo yang biasanya muncul dengan komedo tertutup maupun terbuka dengan ukuran lebih besar. Sehingga berbanding terbalik dengan jenis komedo sebelumnya komedo ini bisa terlihat dengan mata terbuka.

Komedo Besar

Jenis-jenis komedo dan cara mengatasinya berikutnya ini seperti namanya maka jenis ini juga berukuran besar. Jenis komedo besar ini biasanya akan muncul pada wajah orang tua atau orang dewasa dengan ukuran hingga 2 sentimeter.

Komedo Surya

Jenis komedo berikutnya ini timbul akibat wajah terpapar sinar matahari secara terus-menerus. Komedo ini bisa berukuran kecil maupun besar. Komedo ini biasanya juga bisa tertutup maupun terbuka dan biasanya akan timbul pada wajah orang dewasa sekitar umur 40 an.

Baca juga :Cara Membuat Masker Alami untuk Memutihkan Wajah dan Menghilangkan Komedo

Cara Mengatasinya

Dalam beberapa kasus, komedo bisa saja dicegah atau menguranginya. Tentunya hal ini sangat penting untuk dilakukan. Agar komedo pada wajah tidak terlalu banyak dan menimbulkan masalah seperti jerawat sangat penting untuk mengatasinya dengan cepat.

Untuk mencegah dan mengatasi komedo, ada baiknya Anda rajin mencuci muka 2 kali dalam sehari, agar wajah terbebas dari kotoran dan minyak berlebih. Anda juga bisa menggunakan produk perawatan yang mengandung non comedogenic untuk mencuci wajah, melembabkan atau ketika Anda menggunakan make up.

Jenis-jenis komedo dan cara mengatasinya selanjutnya ketika Anda menggunakan kuas wajah pastikan kuas tersebut dalam keadaan yang bersih. Anda juga harus menghapus wajah dan membersihkan muka sebelum tidur dan jangan lupa gunakan masker minimal dua kali dalam seminggu.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.