Jenis-jenis Maskara yang Wajib Cewek Tahu!
Makeup

Jenis-jenis Maskara yang Wajib Cewek Tahu!

Setiap orang memiliki bentuk bulu mata yang berbeda. Inilah mengapa penggunaan maskara tidak bisa disama ratakan. Pemilihan maskara yang tidak tepat malah akan memberi rasa tidak nyaman atau riasan mata yang kurang sesuai harapan. Karena itu, cewek-cewek wajib tahu jenis-jenis maskara yang  beredar di pasaran. Penasaran ada berapa jenis? Simak ulasannya berikut ini!

Ragam Jenis Maskara dan Fungsinya

Jenis maskara ada begitu banyak dengan fungsi yang berbeda-beda. Ada maskara dengan fungsi menebalkan, memanjangkan, melentikkan, dan menghitamkan. Pilihan warna maskara juga beraneka macam, lho. Bukan hanya warna hitam saja, tapi ada juga maskara yang berwarna cokelat hingga colorful, seperti putih, biru, merah, kuning, dan warna lain. Biasanya warna maskara yang colorful ini digunakan untuk membuat makeup art atau kebutuhan photoshoot para model.

Sebelum mengaplikasikan maskara, lebih baik jika kamu mengenali bentuk bulu mata dan jenis maskara yang akan digunakan. Semuanya demi mendapat hasil riasan yang optimal dan memuaskan. Lantas, apa saja jenis maskara yang bisa dipilih? Nah, kali ini Marsha Beauty akan mengulas berbagai jenis maskara yang cocok untuk kamu.

Baca juga : 6 Rekomendasi Maskara yang Bagus untuk Remaja, Hasilnya Lentik dan Natural

Maskara Curling

jenis-jenis maskara
img : pinterest

Maskara curling menjadi pilihan terbaik untuk mendapat bulu mata yang panjang, melengkung, dan lentik. Jenis maskara yang satu ini biasanya dilengkapi dengan sisir aplikator yang melengkung atau curved. Ada juga kandungan formula khusus yang berfungsi mengangkat bulu mata secara alami.

Maskara Fiber

jenis-jenis maskara
img : pinterest

Jenis maskara fiber identik dengan 2 produk dalam satu kemasan. Maskara ini biasanya terdiri dari primer berwarna warna putih dan juga fiber yang terlihat seperti benang-benang halus. Jenis maskara yang satu ini direkomendasikan untuk kamu pemilik bulu mata pendek, berjarak jarang, dan cenderung tipis karena bisa membuat bulu matamu terlihat lebih lebat dan bervolume. Pembersihan bisa dilakukan secara perlahan dengan mata dalam kondisi terpejam agar tidak ada sisa fiber yang masuk dan bisa berisiko membahayakan mata.

Maskara Tubing

jenis-jenis maskara
img : pinterest

Kalau kamu masih awam dengan maskara tubing, maskara jenis ini biasanya dikemas dalam bentuk tube atau tabung. Berbeda dari maskara biasanya yang melapisi bulu mata dengan pigmen yang tebal, maskara tubing melapisi bulu mata dengan tube-like polymers yang water resistant, sehingga maskara tubing akan lebih smudge proof, tahan lama, dan memberikan tampilan bulu mata yang panjang dan bervolume, serta mudah untuk dibersihkan. 

Maskara Volumizing 

jenis-jenis maskara
img : pinterest

Jenis maskara berikutnya menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang mendambakan bulu mata yang terlihat lebih lebat dan bervolume. Untuk hasil bulu mata yang tebal, kamu bisa memilih produk dengan formula wax dan lebih kental. Biasanya volumizing mascara memiliki tipe aplikator yang tebal atau “fat” alias gendut sehingga bisa mengaplikasikan banyak produk ke bulu mata dan membuat bulu mata terlihat lebih pekat.

Baca juga : 6 Maskara Waterproof dengan Kualitas Terbaik yang Super Affordable, Wajib Punya!

Maskara Waterproof 

jenis-jenis maskara
img : pinterest

Maskara waterproof menjadi rekomendasi terbaik untuk kamu yang memiliki aktivitas padat. Meskipun banyak berkeringat dan memiliki kulit berminyak, dijamin maskara jenis ini tetap tahan dan anti luntur. Agar penggunaan maskara waterproof ini lebih awet, kamu bisa melapisi bulu mata menggunakan maskara non-waterproof terlebih dulu. Setelah itu, lanjutkan dengan mengaplikasikan waterproof mascara secara merata. Teknik ini bertujuan formula waterproof tidak menyentuh bulu mata secara langsung agar bisa kamu bersihkan secara mudah.

Maskara Bottom Lash

jenis-jenis maskara
img : pinterest

Jenis maskara ini hadir untuk memoles bulu mata bagian bawah. Karena menyasar area yang cukup kecil, maka maskara ini hadir dengan sikat yang lebih kecil dan tipis. Menggunakan maskara bawah mata sangat penting untuk menyeimbangkan riasan mata dan supaya mata terlihat lebih besar.

Maskara Clump Free

jenis-jenis maskara
img : pinterest

Untuk kamu pemilik bulu mata lebat dan berjarak dekat, tentu tidak ingin menggunakan maskara yang malah membuat bulu mata terlihat lebih menyatu. Dalam hal ini, clump free mascara adalah solusinya. Biasanya, maskara clump free mengandung formula gliserin yang membuat teksturnya lebih halus serta mudah dibaurkan, sehingga bulu mata tidak akan lengket dan menempel satu sama lain. Sementara itu, biasanya aplikator maskara ini terbuat dari bahan silikon sehingga tidak ada sisa maskara yang menempel pada aplikator yang membuat pengaplikasian produk maskara terlalu banyak.

Maskara Primer

jenis-jenis maskara
img : pinterest

Maskara jenis ini berperan sebagai base agar didapat tampilan bulu mata yang cantik optimal. Sama seperti makeup primer yang digunakan sebagai fondasi makeup supaya lebih sempurna dan tahan lama, maskara primer juga berfungsi untuk mempersiapkan bulu mata sebelum diaplikasikan maskara dan membuat hasil maskara lebih tahan lama. Semua fungsi tersebut demi memperoleh tampilan bulu mata yang lebih tebal dan panjang dibandingkan jika hanya memakai maskara biasa.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.