Jerawat Meradang Itu Seperti Apa? Gejala dan Tips Cara Mengatasinya!
Skincare

Jerawat Meradang Itu Seperti Apa? Gejala dan Tips Cara Mengatasinya!

Jerawat yang meradang biasanya ditandai dengan kemerahan, nyeri, bengkak, dan gatal. Munculnya jerawat yang meradang dapat menurunkan kepercayaan diri. Apalagi kalau jerawat yang timbul banyak dan juga bergantian setelah jerawat yang lain tumbuh. Jerawat meradang yang tidak segera ditangani dapat menimbulkan jerawat yang semakin parah. Tapi, jerawat meradang itu seperti apa sih? Bagaimana gejalanya?

Jerawat Meradang Itu Seperti Apa? Gejala dan Tips Cara Mengatasinya!

Jerawat menjadi salah satu permasalah pada kulit wajah yang umum dialami semua orang. Jerawat ini dapat menyerang siapa saja, terutama pada remaja dan juga orang dewasa. Terlebih lagi jika jerawat sudah semakin parah dan meradang. Jerawat yang meradang dapat mengganggu penampilan dan juga menyakitkan. Jerawat meradang biasanya ada di area bawah sumbatan komedo.

Baca juga:  Skincare untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya untuk Remaja, Cek di Sini!

Penyebab Jerawat Meradang

Penyebab dari jerawat meradang belum diketahui dengan pasti. Ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab dari jerawat meradang, di antaranya:

  1. Genetik

  2. Penggunaan kosmetik yang tidak benar

  3. Stress

  4. Perubahan hormon

  5. Sering memencet jerawat

  6. Tidak menjaga kebersihan rambut

Penggunaan makeup dengan cara kasar dapat mengakibatkan luka. Dengan luka, bakteri mudah masuk ke dalam kulit. Ada juga penyebab lain seperti tubuh yang sedang mengalami perubahan hormon, seperti saat menstruasi, menggunakan pil KB, dan hamil.

Apa sih Jerawat Meradang Itu?

Jerawat meradang merupakan jenis jerawat parah yang biasanya menimbulkan beberapa gejala, seperti nyeri, gatal, kemerahan, dan pembengkakan. Hal ini karena jerawat yang meradang pada umumnya tumbuh di kulit yang lebih dalam daripada jerawat biasa. Dengan begitu, kamu akan merasakan sakit dan tidak nyaman sejak awal jerawat baru akan tumbuh.

Pembentukan jerawat meradang bisa di area kulit mana saja, khususnya yang mempunyai kelenjar minyak. Itu sebabnya jika diperhatikan lagi, jerawat ini kerap muncul di berbagai area, seperti wajah, leher, dada, dan punggung.

Gejala Umum yang Kerap Muncul

Kemunculan jerawat meradang ini tidak hanya pada orang dewasa. tetapi juga bisa pada anak-anak. Tidak hanya pada wanita, jerawat ini juga bisa dialami oleh pria. Gejala adanya jerawat meradang ini sebagai berikut:

  • Jerawat berwarna merah, bengkak, dan juga terasa nyeri.

  • Jerawat ini keras saat disentuh dan terasa sakit karena lokasinya yang berada di bawah kulit.

  • Jerawat ini memiliki "mata" di bagian tengah yang berwarna putih atau kuning dengan kemerahan di sekitarnya.

Apakah Jerawat Meradang Bisa Sembuh?

Mengatasi permasalahan jerawat memang tidak mudah, memerlukan banyak waktu dan juga membutuhkan kesabaran. Pada sebagian orang, jerawat bisa timbul dan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari. Jerawat meradang masih termasuk ke dalam jenis jerawat yang bisa disembuhkan. Tentunya memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyembuhkannya.

Terlebih lagi jika jerawat meradang yang terbilang parah. Jerawat meradang bisa disembuhkan dengan menggunakan bahan-bahan alami dan pengobatan medis.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Untuk mengatasi jerawat meradang yang masih ringan bisa dengan menggunakan obat jerawat yang bisa kamu beli bebas di pasaran atau over the counter. Obat jerawat yang over the counter ini biasanya mengandung berbagai bahan aktif. Seperti benzoil peroksida, asam salisilat, dan belerang atau sulfur. Bahan-bahan ini hanya untuk kategori jerawat ringan. Sedangkan untuk kategori sedang hingga parah bisa jadi tidak mempan dengan obat jerawat ini.

Untuk jenis jerawat meradang yang sudah parah, mungkin memerlukan perawatan dan obat medis dari dokter kulit. Biasanya dokter dapat meresepkan obat minum atau krim. Seperti, antibiotik oral, krim dengan kandungan retinoid, dan perawatan hormonal. Terapi laser dapat dilakukan dokter untuk kasus-kasus jerawat meradang tertentu. Khususnya bekas jerawat yang sulit untuk hilang.

Baca juga: Apa Itu Milia? Bagaimana Cara Menghilangkannya? Temukan Jawaban yang Tepat di Sini 

Jadi, jerawat meradang itu seperti apa sih? Jerawat meradang ini jenis jerawat yang parah dengan gejala yang sudah disebutkan di atas. Kamu bisa menghindarinya dengan lebih giat menerapkan pola hidup yang sehat. Semoga bermanfaat. 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.