Kebiasaan Minum Kopi Ini Bisa Percepat Penuaan? Simak Cara Menghilangkan Kebiasannya
Lifestyle

Kebiasaan Minum Kopi Ini Bisa Percepat Penuaan? Simak Cara Menghilangkan Kebiasannya

Selain memberikan energi yang baik di pagi hari, diketahui kopi memiliki sejumlah manfaat diantaranya bisa menurunkan beberapa risiko penyakit. Mulai dari masalah diabetes tipe 2, jantung sampai dengan kanker hati. Tetapi kebiasaan minum kopi nyatanya bisa membuat kamu cepat tua lho. Sudah tahukah hal itu? Mengonsumsinya dengan cara tidak baik bisa memiliki dampak buruk untuk tubuh, khusus dalam hal percepatan penuaan. Nah, penasaran seperti apa kelanjutannya Marshalova bisa simak ulasan berikut ini.

Kebiasaan Minum Kopi Bisa Bikin Cepat Tua?

Kopi diketahui mempunyai banyak sekali manfaat. Contohnya seperti kopi bisa memberikan energi yang lebih banyak ketika pagi hari. Selain itu juga kopi diketahui bisa membantu menurunkan beberapa risiko. 

Harga dari kopi ini murah jadi banyak orang sering mengkonsumsinya. Tapi banyak orang kerap kali sulit untuk melepaskan diri dari adiksi kopi mulai dari bangun tidur, ketika bekerja, sampai dengan malam hari.

Memang sulit untuk melepaskan kebiasaan ini. Tidak dipungkiri kopi nyatanya membantu kamu untuk kembali serta berkonsentrasi pada pekerjaan yang dilakukan. Bukan hanya itu tapi kopi juga diyakini bisa membantu Marshalova jadi lebih semangat sebab ada kandungan kafein di dalamnya. Namun kebiasaan ini bisa membuat cepat tua. Apakah benar? Kalau begitu kamu patut untuk menghindarinya.

Baca Juga :Bukan Sekadar Tren, Gaya Hidup Minimalis Bakal Memberi Banyak Manfaat

1. Mengganti Sarapan Dengan Minum Kopi

Banyak orang yang mengatakan bahwa sarapan merupakan waktu makan yang paling penting dalam sehari. Tentu saja jika kamu menggantinya dengan minum kopi maka hal ini tidak baik untuk kesehatan secara menyeluruh. 

Para ahli nutrisi mengatakan bahwa melewatkan sarapan dapat menyebabkan diet kurang bergizi sebab bertentangan dengan kebutuhan penuaan yang lebih sehat. Melewatkan sarapan serta langsung minum kopi maka kamu bisa mencobanya dengan mengganti makan buah, serat, serta kacang-kacangan.

2. Tidak Minum Air Putih

Minum air putih merupakan kebiasaan yang kerap kali orang lupakan terutama setelah banyak minum kopi. Hal tersebut tentunya dapat menjadi penyebab dehidrasi serta bencana untuk kesehatan secara keseluruhan. 

Jika tidak minum air putih setelah konsumsi kafein maka hal itu bisa menyebabkan dehidrasi yang dampaknya pada pencernaan, persendian, kulit, penyerapan nutrisi, serta tingkat energi. Contoh seperti diatas merupakan efek minum kopi setiap hari. Jadi sebisa mungkin kamu minum air putih secukupnya supaya tubuh tidak kekurangan cairan.

3. Menambah Pemanis Buatan

Nah, inilah yang menjadi masalah ada hubungannya dengan kebiasaan minum kopi. Menambahkan pemanis buatan sebenarnya dapat mendatangkan dampak yang cukup serius bagi kesehatan dalam waktu jangka panjang. 

Pemanis buatan ini tidak memiliki kandungan nutrisi contohnya seperti aspartame serta sucralose. Hal tersebut tentunya akan membahayakan kadar insulin dan bisa membuat kesehatan usus terganggu sampai bisa mempengaruhi semua jalur vital tubuh. 

Dengan begitu maka pemanis buatan bisa membuat Marshalova menginginkan lebih banyak lagi makanan yang manis dalam tubuh sepanjang hari.

Baca Juga :Telat Datang Bulan? Ini 7 Cara Biar Cepat PMS Dengan Bahan Alami!

4. Minum Kopi Sepanjang Hari

Ketika kamu harus memilih kapan harus waktu minum kopi, maka lakukan yang terbaik untuk tetap bisa berpegang teguh pada waktu pagi hari. Walaupun kafein tidak akan membuat kamu terjaga sampai dengan larut malam tetapi hal tersebut tidak berarti kamu harus minum secangkir kopi sebelum tidur.

 Kafein merupakan stimulan yang jika dikonsumsi terlalu mendekati waktu kamu tidur maka hal itu akan mengganggu jam istirahat cukup. Tidur jadi buruk serta bisa mendatangkan malapetaka pada sistem kekebalan tubuh, energi, pemulihan, serta metabolis. 

Nah, cara menghilangkan kebiasaan minum kopi kamu bisa menguranginya secara bertahap dan menggantinya dengan air putih setiap hari. Selain itu kamu juga dapat mengganti dengan minuman yang mengandung susu seperti teh herbal, susu almond, maupun coklat panas.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.