Ketahui 4 Tanda dan Tips Cara Menghindari Penuaan Dini, Dijamin Kulit Lebih Awet Muda!
Skincare

Ketahui 4 Tanda dan Tips Cara Menghindari Penuaan Dini, Dijamin Kulit Lebih Awet Muda!

Semakin bertambah usia, proses regenerasi kulit akan semakin lambat. Hal tersebut membuat kulit kurang elastis, akhirnya kulit menjadi kendur dan muncul kerutan. Namun, yang perlu kamu waspadai adalah ketika mengalami tanda penuaan dini pada wajah. Mengalami tanda-tanda penuaan dini akan membuatmu tampak lebih tua dari umurmu yang sesungguhnya. Nah, agar kamu terhindar dari penuaan dini, kamu harus ketahui tanda-tandanya dan cara menghindari penuaan dini tersebut. Marsha Beauty juga sudah siapkan rekomendasi skincare anti aging yang ampuh untuk membuat kulitmu tampak awet muda. Yuk, simak ulasannya lebih lanjut!

Apa Itu Anti-Aging?

Istilah ‘aging’ atau penuaan bukan hanya sesuatu yang harus diketahui orang yang sudah berusia lanjut, tapi juga perlu diketahui oleh semua orang, bahkan mulai dari usia remaja. Aging atau penuaan tidak hanya berlaku saat seseorang mencapai usia lanjut, tapi proses penuaan itu terjadi setiap hari. Namun, proses aging di usia remaja atau awal 20-an memang belum terlalu ketara.

Anti-Aging yang biasa kamu dengar dalam suatu produk skincare bukanlah sebuah cara untuk mengobati kulit yang sudah menua, seperti kulit kendur atau keriput. Namun, anti-aging merupakan langkah pencegahan supaya tidak terlihat tua sebelum waktunya. Kulit yang mengalami penuaan dini biasanya tidak sehat dan akan mengalami berbagai permasalahan kulit.

Tanda-tanda Penuaan Dini

cara menghindari penuaan dini

Jangan sangka kamu yang masih berusia belasan atau awal usia 20-an tidak mengalami penuaan, Girls. Banyak tanda penuaan dini yang mungkin tidak kamu sadari. Tanda-tanda penuaan biasanya terjadi di beberapa area penting pada wajah. Ini dia tanda-tanda penuaan yang wajib kamu tahu.

Kulit Kering

Tanda awal penuaan yang terjadi pada kulit adalah kulit yang kering. Kulit kering diakibatkan karena rusaknya skin barrier. Rusaknya skin barrier mengakibatkan mudah keluarnya air yang ada di dalam kulit yang berfungsi untuk menjaga hidrasi kulit, dan mudah masuknya kotoran, kuman, serta sinar UV yang berdampak buruk ke kulit. Karena itulah, kulit menjadi kering dan kurang elastis karena kehilangan banyak air. 

Bahan kimia yang dapat menjaga kelembapan kulit adalah hyaluronic acid, kolagen, dan elastin. Tiga bahan ini sebenarnya sudah di produksi oleh kulit secara alami. Namun, semakin bertambahnya usia, tiga kandungan tersebut semakin lama semakin berkurang. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan produk tambahan berupa skincare yang mengandung tiga bahan tersebut untuk mengembalikan kemampuan kulit dalam memproduksi hyaluronic acid, kolagen, dan elastin secara alami.

Muncul Kerutan Halus

Jika kulit tetap dehidrasi, maka kulit akan menunjukkan tanda-tanda penuaan, seperti munculnya garis halus di sekitar mulut, mata, dan dahi. Biasanya, kerutan halus di sekitar mulut disebut dengan smile lines. Kondisi ini akan semakin jelas terlihat saat kamu tersenyum. Bukan hanya saat tersenyum, saat wajahmu sedang beristirahat, kamu akan terlihat seperti termanyun atau seperti sedang bersedih karena adanya kerutan disekitar mulut.

Selain itu, kerutan halus di sekitar mata adalah kerutan yang paling sering muncul pada orang yang tidak merawat kulitnya dengan baik. Normalnya, kerutan di ujung mata baru muncul saat berusia lanjut seperti 40-50 tahun ke atas. Namun, banyak yang masih berusia akhir 20-an atau awal 30-an yang sudah muncul kerutan di ujung mata. 

Kerutan halus juga sering muncul di dahi. Kerutan bisa terlihat saat wajah sedang dalam keadaan istirahat. Apalagi saat kamu sedang membuat ekspresi wajah, maka kerutan tersebut akan sangat jelas terlihat. 

Berjerawat

Seperti yang sudah Marsha Beauty sebutkan di awal, kalau tanda penuaan dini bisa terjadi bila rusaknya skin barrier. Bila skin barrier rusak, maka tidak ada lagi penghalang bagi kotoran, bakteri, mikroorganisme, dan sinar UV untuk masuk ke dalam kulit dan menimbulkan berbagai masalah, salah satunya jerawat yang meradang.

Muncul Hiperpigmentasi

Munculnya hiperpigmentasi seperti bintik-bintik hitam di wajah menjadi tanda penuaan dini yang paling dikenali banyak orang. Hiperpigmentasi terjadi karena produksi melanin yang meningkat, sedangkan regenerasi kulit melambat. Jika melanin atau pigmen kulit semakin menumpuk, maka akan menimbulkan noda hitam atau flek di permukaan kulit. 

Nah, itulah 4 tanda penuaan dini yang patut kamu waspadai. Mungkin tandanya tak kasat mata, tapi jika dibiarkan dan tidak dirawat, maka tanda penuaan tersebut akan semakin jelas terlihat dan semakin parah. 

Baca juga : Rekomendasi Essence Merk Lokal untuk Kulit Kering, Kusam, dan Penuaan Dini, Bikin Penampilan Makin Percaya Diri!

Tips Mencegah dan Cara Menghindari Penuaan Dini

Biasanya, orang-orang baru akan mencari cara untuk mengobati penuaan jika tanda-tanda penuaan tersebut sudah sangat terlihat atau sudah sangat parah. Kalau sudah seperti itu, sih, kamu sudah terlambat untuk merawatnya. Makanya, kamu harus mencegah tanda-tanda penuaan sedini mungkin dengan cara-cara berikut ini.

Metode Triangle of Youth

cara menghindari penuaan dini

Kalau kamu mau tahu kondisi wajah secara visual sudah mengalami tanda-tanda penuaan atau belum, kamu bisa gunakan metode Triangle of Youth, yaitu membuat bentuk segitiga dengan jari kemudian arahkan ke wajah. Biasanya, kalau kulit wajahmu masih muda, maka kulit terlihat kencang ke arah atas (lift up) mengikuti bentuk segitiga terbalik. Sebaliknya, jika kamu sudah mengalami tanda penuaan, maka kulit terlihat turun dan kendur mengikuti bentuk segitiga normal.

Menggunakan Skincare Anti-Aging

cara menghindari penuaan dini

Nah, untuk mengatasi masalah penuaan dini, kamu butuh produk skincare yang dapat meremajakan kulit dengan kandungan anti-aging di dalamnya. Kamu juga bisa gunakan skincare tools, seperti face roll atau face lifting yang berfungsi untuk membuat kulit lebih kencang dan tidak kendur.

Ada tiga bahan yang ampuh untuk meremajakan kulit, yaitu hyaluronic acid yang sangat efektif untuk melembapkan kulit dan membuat kulit lebih kenyal. Kemudian, ada retinol yang dapat mempercepat skin turnover atau regenerasi kulit, dan niacinamide yang bisa membantu proses regenerasi kulit dan berpengaruh terhadap kinerja kelenjar minyak dalam memproduksi sebum.

Baca juga : 3 Tips Ampuh dan Efektif Mencegah Tanda – tanda Penuaan Dini di Wajah

Rekomendasi Skincare Lokal Anti Aging

Daripada kamu bingung harus mencegah penuaan dini pakai produk apa, Marsha Beauty sudah list 3 rekomendasi skincare lokal yang mengandung tiga bahan yang ampuh untuk mencegah penuaan dini.

Avoskin Your Skin Bae Ultimate Hyaluron Hyalucross 3% + Green Tea

cara menghindari penuaan dini

Serum ini mengandung hyaluronic acid  3% yang dapat meningkatkan kelembapan kulit secara optimal dan dan green tea yang berperan sebagai antioksidan sehingga bisa mencegah paparan radikal bebas yang juga dapat menyebabkan penuaan dini. Serum ini ampuh untuk mengatasi masalah kulit kering. Jika kulit lembap, maka akan jarang terkena berbagai masalah kulit termasuk aging. Harga serum ini pun affordable banget, hanya Rp139.000 untuk ukuran 30 ml.

Glowlabs Retinol Cica Night Serum

cara menghindari penuaan dini

Buat kamu yang belum pernah mencoba retinol, kamu wajib coba serum dari Glowlabs ini karena kandungannya retinolnya tidak terlalu tinggi sehingga aman untuk pemula. Serum ini mengandung dua bahan aktif berupa granactive retinoid 5% dan centella asiatica yang sangat ampuh untuk meningkatkan regenerasi kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan serta menjaga kelembapan kulit. Harganya masih sangat ramah di kantong, yaitu Rp130.000.

Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum

cara menghindari penuaan dini

Serum ini diperkaya dengan kandungan niacinamide 10% dan beet extract 100%. Serum ini ampuh untuk meningkatkan fungsi skin barrier dan meningkatkan  produksi ceramide yang dapat menjaga kelembapan kulit, mencegah terjadinya penuaan dini, dan efektif dalam melawan jerawat. Selain itu, kandungan beet extract-nya berperan sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan menghidrasi kulit. Nggak perlu khawatir soal harga, serum ini sangat terjangkau dengan harga Rp115.500 saja.

Jadi, itu dia 4 tanda penuaan dini yang wajib kamu waspadai. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Sekarang kamu sudah tahu, deh, cara mencegah penuaan dini menggunakan skincare yang ampuh bikin kulit kamu awet muda.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.