Kulit Sekitar Kuku Gatal dan Mengelupas, Ini Penyebabnya!
Body

Kulit Sekitar Kuku Gatal dan Mengelupas, Ini Penyebabnya!

Kondisi kulit di sekitar kuku umumnya memang sangat lembut dan tipis. Kondisi yang seperti ini karena kulit langsung menyatu dengan bagian kutikula kuku. Oleh karena itu, apabila kulit sekitar kuku gatal dan mengelupas akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Namun biasanya tidak akan menimbulkan rasa sakit, kecuali ditarik hingga terluka. Meski sedang menjalankan puasa kamu juga perlu menjaga kebersihan. Penyebab kondisi kulit yang seperti ini mungkin berasal dari lingkungan atau menjadi gejala dari penyakit tertentu.

Penyebab Kulit Sekitar Kuku Gatal dan Mengelupas

kulit sekitar kuku gatal dan mengelupas

Mungkin kamu pernah mengalami kulit mengelupas di jari dekat kuku. Kondisi tersebut berasal dari lapisan kulit yang disebut kutikula. Kondisi ini biasanya tidak mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Namun, apabila gejala yang muncul ditandai dengan munculnya bengkak, kemerahan, dan nyeri, maka perlu waspada.

Kamu bisa segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat berdasarkan penyebabnya. Kondisi kulit tersebut dikarenakan faktor lingkungan juga gejala kondisi kesehatan tertentu. Untuk itu, ketahui beberapa penyebab masalah kulit sekitar kuku berikut ini.

Kulit Kering

Kulit kering bisa menjadi salah satu penyebab dari kulit ujung jari mengelupas. Biasanya kulit kering terjadi saat cuaca dingin. Namun kulit kering juga bisa terjadi akibat mandi menggunakan air hangat.

Baca Juga :5 Pembersih Kutek Selain Aseton Efektif dan Mudah Ditemukan

Selain itu, bahan keras dalam sabun maupun peralatan mandi yang lain juga bisa mengakibatkan kulit kering. Berbagai gejala yang timbulbersama kulit kering yakni gatal, kulit pecah-pecah, kulit memerah, serta kulit menjadi mati rasa atau kebas.

Terlalu Sering Mencuci Tangan

Mencuci tangan dengan sabun secara berlebihan juga bisa mengakibatkan kulit menjadi kering. Pada akhirnya kulit jari bisa mengelupas di bagian ujungnya. Meskipun mencuci tangan sangat penting untuk membantu mengurangi penyebaran bakteri. Namun, apabila sering menggunakan sabun akan menghilangkan minyak sebagai pelindung kulit.

Setelah minyak ini hilang, kulit tidak bisa lagi menjaga kelembabannya. Hal ini yang mengakibatkan kondisi kulit menjadi kering. Sabun juga akan menyerap ke lapisan kulit yang lebih sensitif, bahkan menyebabkan iritasi dan juga mengelupas.

Menggunakan Produk Bahan Kimia yang Keras

Bahan kimia tertentu biasanya ditambahkan pada pelembab, sabun, sampo, dan produk kecantikan lainnya. Hal ini bisa menjadi penyebab iritasi kulit sekitar kuku dan mengelupas. Sebaiknya kamu menghindari bahan kimia yang keras yakni dengan mencari produk yang dipasarkan untuk kulit sensitif. Biasanya produk-produk tersebut bebas dari wewangian dan bahan penyebab timbulnya iritasi.

Kulit Terbakar Sinar Matahari

Terkena sinar matahari dalam waktu yang lama juga bisa membuat kulit terbakar sinar matahari. Selain itu, membuat kulit terasa lebih sensitif saat menyentuhnya. Setelah terkena sinar matahari, kulit akan berubah menjadi merah dan tampak mengelupas. Kulit terbakar matahari ini bisa sangat mengganggu kamu, bahkan juga membutuhkan beberapa waktu agar bisa sembuh.

Baca Juga :Jangan Sembarangan! Begini Cara Menggunting Kuku yang Benar

Alergi

Kulit pada bagian ujung jari kamu bisa mengelupas apabila alergi terhadap sesuatu yang mengenai kulit jari. Misalnya, kulit kamu terkena nikel saat mengenakan perhiasan dengan kualitas rendah. Alergi ini akan mengakibatkan kulit merah dan gatal. Bahkan kemungkinan kulit akan melepuh hingga akhirnya mengelupas.

Psoriasis

Kulit jari mengelupas mungkin termasuk salah satu gejala psoriasis. Kondisi kulit kronis ini yang muncul sebagai plak keperakan pada kulit. Kini ada banyak perawatan yang tersedia untuk psoriasis di tangan. Mulai dari tar, asam salisilat, kortikosteroid, dan calcipotriene.

Penyebab kulit sekitar kuku gatal dan mengelupas ini beragam, Marshalova wajib tahu.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.