Mau Kulit Terawat Maksimal? Ikuti Cara Memakai Serum yang Benar!
Skincare

Mau Kulit Terawat Maksimal? Ikuti Cara Memakai Serum yang Benar!

Banyaknya serum yang dijual di pasaran tak dipungkiri bikin perawatan wajah semakin mudah, ya, Marshalova. Produk skincare ini memang punya manfaat dan fungsi lebih efektif yang bakal membuat wajahmu glowing dan sehat dalam waktu lama. Namun, kamu juga harus mengimbanginya dengan cara memakai serum yang benar demi memperoleh benefit yang diharapkan, Marshalova.

Serum menggunakan bahan-bahan aktif dengan molekul kecil yang bakal membuat penyerapan nutrisi lebih efektif. Hal ini juga yang membuat sifat serum lebih kuat dan bisa memicu reaksi untuk kamu yang punya kulit lebih sensitif.

Bagaimana cara memakai serum yang benar?

Langkah-langkah mengaplikasikan serum sebenarnya mudah diikuti. Namun, untuk memastikan semuanya tepat, simak pemakaian serum yang benar berikut ini!

Bersihkan dulu wajahmu

cara memakai serum yang benar

Memastikan wajahmu bersih jadi kunci yang bakal menentukan hasil pemakaian serum. Untuk itu, bersihkan kulit wajahmu dengan face wash atau sabun muka yang sesuai. Buat kamu yang sehari-hari menggunakan makeup disarankan untuk mengangkat kotoran atau sisa riasan dengan makeup removal. Kemudian, keringkan wajah dengan handuk bersih.

Aplikasikan face toner

cara memakai serum yang benar

Sebelum mengoleskan serum wajah, kamu harus mengoleskan face toner pada wajah. Tuangkan beberapa tetes toner pada kapas, lalu bersihkan secara merata dengan memberikan tekanan. Setelah selesai, tunggu selama 1-2 menit untuk memastikan bahan-bahan aktif dalam toner menyerap sempurna ke dalam kulit dan menyiapkannya sebelum kamu teruskan ke serum wajah.

Teteskan serum ke wajahmu

cara memakai serum yang benar

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan dalam penggunaan serum yang benar adalah meneteskan beberapa tetes serum pada bagian wajah yang membutuhkan atau ujung jari. Kemudian, oleskan serum secara merata pada dahi dan kedua pipi. Berbeda dari aplikasi face toner, pemakaian serum sebaiknya tak dilakukan dengan aplikator seperti kapas atau cotton bud.

Berikan tepukan atau pijatan wajah

cara memakai serum yang benar

Kemudian, supaya serum meresap secara menyeluruh, berikan tepukan atau pijatan dengan jari tanganmu. Selain itu, langkah ini juga bakal melancarkan sirkulasi darah di area wajah. Hasilnya, kulit wajahmu bakal terlihat lebih fresh dan merona. Serum pun akan bekerja secara optimal ke lapisan kulit yang memerlukan. 

Diamkan kulit wajah selama beberapa menit

cara memakai serum yang benar

Sebelum meneruskan ke produk skincare berikutnya, diamkan wajahmu selama beberapa menit. Tahap ini juga bakal membantumu mengetahui apakah serum yang digunakan mempunyai kualitas bagus. Jika serum tak meninggalkan kesan lengket atau berminyak, berarti kamu sudah membeli produk yang tepat. Selain itu, kamu juga bakal merasakan efek kenyal pada kulit wajah.

Teruskan dengan memakai produk lain

cara memakai serum yang benar

Untuk menyempurnakan cara memakai serum yang benar, lanjutkan ritual perawatan wajahmu dengan mengaplikasikan produk skincare seperti moisturizer, sunscreen, atau night cream. Urutannya pun bisa berbeda, tergantung waktu pemakaian serum. Untuk pagi hari, misalnya, kamu perlu melanjutkannya dengan moisturizer dan sunscreen sebagai proteksi tambahan.

Kapan sebaiknya pemakaian serum wajah dilakukan?

Seperti yang disinggung, kamu bisa gunakan serum wajah di pagi dan malam hari. Meski begitu, kamu perlu mengecek kondisi dan jenis kulit wajah. Buat kamu yang punya kulit kering, gunakan serum selagi masih lembap untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi dalam serum. Sementara untuk kulit sensitif sebaiknya diberikan jarak antara pemakaian toner dengan serum untuk mencegah iritasi. 

Demikian cara menggunakan serum yang benar untuk merawat kulit wajahmu, Marshalova. Semoga hasilnya memuaskan dan sesuai dengan ekspektasimu, ya!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.