Mengenal Perbadaan Gen Z dan Milenial, Apa Saja?
Lifestyle

Mengenal Perbadaan Gen Z dan Milenial, Apa Saja?

Kamu pasti bingung apa itu gen z dan milenial? Mungkin terdapat berbagai pertanyaan mengenai dua generasi ini. Dari generasi tahun berapa dan beberapa perbedaanya. Beberapa waktu yang lalu banyak perbincangan tentang dua generasi ini. Perbedaan yang cukup signifikan pada dua generasi ini yaitu cara berbelanja, memilih produk, dan menghabiskan uang. Yuk cari tahu perbedaan lainnya!

Apa itu Gen Z dan Milenial

Gen z adalah generasi yang terlahir pada kisaran tahun 1995-2010. Sedangkan generasi milenial terlahir dalam tahun 1980-1995. Dengan perhitungan tersebut bahwa generasi Z memiliki umur sekitar 5 sampai 24 tahun. sedangkan untuk generasi milenial berada pada umur 25 sampai 40 tahun. 

Lantas masa sekarang ini generasi apa? Banyak orang menyebut generasi setelah gen z ini dengan generasi Alpha. Yaitu generasi yang tidak pernah merasakan hidup tanpa ponsel pintar dan tanpa mengikuti perkembangan teknologi. Berikut beberapa perbedaan yang dapat kamu ketahui.

1. Customer Experience (Pengalaman Pelanggan)

gen z dan milenial

Jika dalam konteks ini generasi milenial lebih mementingkan pengalaman pelanggan dari pada generasi z. Pada generasi milenial lebih mengedepankan kepuasan pelanggan atas layanan atau produk yang diberikan. Biasanya pengusaha dan pelaku bisnis akan lebih teliti dalam memberikan pelayanan generasi milenial. Karena standar pengalaman generasi milenial lebih tinggi dibandingkan dengan generasi z. Akan tetapi pengusaha dan pelaku bisnis juga harus melakukan penelitian tentang prioritas generasi z.

Baca Juga: Baju Pink Cocok dengan Jilbab Warna Apa? Temukan Inspirasimu Disini!

2. Inovasi Tinggi

gen z dan milenial

Fakta perbedaan yang begitu mengejutkan antara gen z dan milenial. Karena generasi z memiliki harapan tinggi terhadap inovasi yang diciptakan perusahaan. Generasi z lebih memiliki inovasi tinggi karena lahir dan tumbuh di era modern dan inovasi yang semakin berkembang saat ini. Sedang generasi milenial beranggapan bahwa dengan perkembangan industri tentu akan membawa inovasi baru. Artinya generasi z masih ini ingin memunculkan inovasi-inovasi baru yang membanggakan.

3. Menabung

gen z dan milenial

Untuk aktivitas sekarang ini generasi z lebih sering menabung daripada generasi milenial. Generasi z yang tumbuh pada masa ini akan lebih bijak dan hemat dalam proses pengeluaran uang. Generasi z memilih menabung untuk investasi jangka panjang. Sedangkan generasi milenial mengedepankan pengalaman yang pernah dirasakan saat membeli dan menggunakan produk. Jadi meskipun produk yang akan dibeli tergolong mahal, generasi milenial akan tetap membelinya.

4. Berbelanja

gen z dan milenial

Dalam perkembangan zaman saat ini, generasi z justru akan memilih berbelanja langsung ke toko yang menjual barang keperluannya. Hal ini dilakukan untuk memastikan produk tersebut nyata dan memiliki kualitas tinggi. Sedangkan generasi milenial akan memanfaatkan ponsel pintarnya dan berbelanja melalui media sosial.

5. Sifat

gen z dan milenial

Berdasarkan dengan periode tahun lahir dua generasi ini memiliki sifat yang berbeda. Gen Z bersifat pragmatis karena terlahir saat resesi terjadi. Sedang untuk milenial bersifat idealis karena besar pada masa ekonomi booming. Untuk menarik perhatian generasi z pengusaha dan pelaku bisnis harus berfokus pada investasi jangka panjang. Selain itu, generasi z tidak ingin mengalami resesi seperti yang terjadi pada orang tua mereka.

Baca Juga: Rekomendasi Warna Jilbab yang Cocok untuk Baju Hijau Army

6. Gen Z lebih Mandiri

gen z dan milenial

Pada umumnya generasi ini lebih suka bekerja sendiri. Biasanya akan memilih ruangan tersendiri daripada berada di ruangan terbuka. Marshalova, tahukah kamu jika generasi z tidak mau tergantung orang lain dan memilih untuk menyelesaikan pekerjaan sendiri. Begitu pula saat memilih sebuah produk. Generasi z akan mengutamakan kenyamanan dan tidak perlu membeli produk merk mahal.

Sedangkan untuk generasi milenial akan lebih mengedepankan merk. Generasi ini biasanya akan lebih memilih menggunakan produk yang terkenal serta terjamin kualitasnya. Kebiasaan tersebut ternyata masih berlaku untuk masa sekarang ini.

Dengan ini kamu akan mengetahui gen milenial tahun berapa. Itulah beberapa perbedaan antara gen z dan milenial yang dapat kamu ketahui.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.