Mudah! Begini Cara Menghilangkan Bekas Cacar yang Berlubang
Body

Mudah! Begini Cara Menghilangkan Bekas Cacar yang Berlubang

Cara menghilangkan bekas cacar yang berlubang tampaknya menjadi hal yang penting diketahui. Cacar merupakan penyakit infeksi virus yang sangat menular. Seseorang umumnya bisa terkena cacar sekali dalam seumur hidup. Bukan hanya sulit untuk dihindari, penyakit cacar sering meninggalkan bopeng bekas luka yang bertahan lama dan susah hilang. 

Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Cacar yang Berlubang?

Bekas cacar akan muncul saat penderita menggaruk pada bagian tubuh yang terasa sakit karena saat kulit yang melepuh itu digaruk, bagian kulit tersebut akan rusak. Saat rusak kulit secara alami akan menghasilkan jaringan yang lebih tebal untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Proses penebalan jaringan kulit ini dikenal dengan bopeng atau jaringan parut pada bekas cacar air. 

Bopeng ini akan tampak mengganggu penampilan khususnya saat ada pada wajah. Untuk menghilangkan bekas luka membandel ini butuh kesabaran serta waktu yang lama. Berikut merupakan cara menghilangkan bopeng bekas cacar:

1. Menggunakan Krim Retinol

Cara menghilangkan bekas cacar yang berlubang pertama yaitu dengan menggunakan krim retinol. Ini merupakan salep penghilang bekas cacar yang berlubang. Retinol merupakan turunan vitamin A yang dapat meningkatkan produksi kolagen untuk merangsang regenerasi kulit. Marshalova bisa mengoleskan krim retinol pada bopeng sebelum tidur guna mengurangi permasalahan kulit ini. 

Baca juga:Cara Menghilangkan Hitam di Selangkangan Ternyata Bisa Pakai Bahan Ini!                  

2.  Menggunakan Oatmeal

Oatmeal direkomendasikan untuk kulit alergi, sensitif, dan kulit yang rentan karena dapat dipercaya mengembalikan kelembaban kulit secara alami. Bekas cacar berlubang bisa dihilangkan dengan menggunakan oatmeal secara rutin. Di dalam oatmeal terdapat kandungan anti peradangan dan antioksidan yang dapat membantu menyembuhkan masalah kulit ini. Caranya sebagai berikut:

- Siapkan oatmeal mentah dan air hangat. 

- Kemudian campurkan oatmeal dan air hangat tersebut lalu aduk hingga merata.  

- Diamkan terlebih dahulu campuran tersebut hingga dingin, jika sudah dingin gunakan pada kulit yang memiliki bekas cacar air. 

- Biarkan selama 10 menit sampai 20 menit, setelah itu bilas menggunakan air hangat. 

3. Menggunakan Air Kelapa

Tidak hanya menyegarkan, air kelapa juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas cacar. Hal itu dikarenakan air kelapa memiliki kandungan vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya dapat membuat kulit menjadi lebih sehat. Tidak hanya itu, air kelapa juga bisa membantu detoksifikasi tubuh. 

Berikut caranya:

- Siapkan air kelapa terlebih dahulu. 

- Masukkan air kelapa tersebut pada kulit yang memiliki bekas cacar.

- Kamu juga dapat mencampurkan air kelapa dengan air biasa untuk mandi. 

4. Menggunakan Minyak Rosehip

Minyak rosehip bisa kamu pakai untuk menghilangkan bopeng bekas cacar. Hal ini dikarenakan adanya komposisi fitokimia dalam minyak rosehip. Selain fitokimia juga terdapat sifat antioksidan yang baik untuk pemulihan peradangan pada minyak ini. Berikut caranya:

- Siapkan minyak rosehip terlebih dahulu dan tuangkan pada wadah secukupnya.

- Oleskan minyak pada bopeng bekas cacar yang ada. 

- Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. 

Baca juga:Body Lotion Dipakai Kapan Saja? Yuk Ketahui Waktunya!

5. Menggunakan Madu

Cara menghilangkan bekas cacar kelima yaitu menggunakan madu. Madu merupakan antioksidan dan antibakteri yang baik untuk kesehatan kulit. Madu juga dapat menyembuhkan bekas luka pada kulit, dapat memperbaiki kondisi kulit yang meradang dan dapat membantu membentuk sel yang sehat. Maka, tidak heran jika bopeng bekas cacar bisa dihilangkan menggunakan madu. 

Berikut caranya:

- Siapkan oatmeal dan madu lalu campurkan hingga menjadi pasta. 

- Gunakan campuran tersebut pada kulit yang memiliki bopeng bekas cacar. 

- Biarkan terlebih dahulu selama 30 menit hingga 1 jam. 

- Setelah 30 menit hingga 1 jam bersihkan menggunakan air bersih sampai tidak ada sisa. 

Nah, itu dia ulasan tentang cara menghilangkan bekas cacar yang berlubang. Pastikan mengikuti langkah-langkahnya dengan benar dan rutin agar mendapat hasil yang maksimal. 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.