Penyebab Kuku Terangkat dari Kulit dan Cara Mengobatinya
Nails

Penyebab Kuku Terangkat dari Kulit dan Cara Mengobatinya

Kuku terangkat dari kulit atau kuku terlepas yang dalam dunia medis memiliki nama onikolisis sebenarnya kondisi yang jarang terjadi. Jika terjadi maka tentunya terdapat banyak penyebabnya. Jika kuku lepas, maka jarimu tidak akan memiliki kuku selama beberapa bulan hingga kuku tumbuh kembali.

Hal ini karena jika kuku sudah lepas, maka kuku tidak bisa menempel kembali dengan kulit. Kuku tangan akan kembali tumbuh setelah 4 hingga 6 bulan sesuai dengan masa tumbuh kuku. Sedangkan untuk jari kaki waktu yang dibutuhkan untuk tumbuh kembali yaitu sekitar 8 hingga 12 bulan.

Penyebab Kuku Terangkat dari Kulit

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kuku hampir terlepas atau terangkat dari kulit. Umumnya penyebabnya karena terjadinya cedera apalagi pada jari kaki. Selain itu masih ada banyak lagi penyebabnya, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Traumatis

kuku terangkat dari kulit

Traumatis atau kerusakan pada kuku juga dapat menyebabkan pengelupasan. Contohnya yaitu karena perendaman tangan dalam air panas saat mencuci piring atau terendam air dalam waktu yang lama akan mengeringkan dan merusak kuku.

Hal ini nantinya dapat menyebabkan pengelupasan. Selain itu, traumatis lain yang dapat menyebabkan kuku hampir lepas seperti terlalu sering menggunakan dan melepas kuku palsu atau akrilik, menggunakan kuku untuk menekan sesuatu, mengelupas cat kuku, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Yuk Intip Cara Menghilangkan Kutek di Kuku yang Mudah dan Simple

2. Infeksi Jamur

kuku terangkat dari kulit

Penyebab selanjutnya yaitu kuku lepas akibat jamur. Jamur memang dapat tumbuh di area tubuh termasuk di dasar kuku dan di antara kuku. Jika hal ini terjadi maka dapat berisiko mengalami kuku hampir lepas. Ada beberapa tanda infeksi jamur yang dapat diwaspadai seperti kuku menjadi putih atau kekuningan, bau busuk, kuku menjadi lebih tebal, rapuh, dan mudah patah.

3. Psoriasis

kuku terangkat dari kulit

Psoriasis yaitu kondisi autoimun yang menyebabkan sel-sel kulit menumpuk. Jika penumpukan sel-sel kulit ini di dasar kuku maka dapat menyebabkan kuku hampir terlepas dari kulit. Gejalanya yaitu seperti penebalan, bentuk kuku tidak biasa, warna kuku menjadi kuning atau cokelat, dan adanya penumpukan kapur di bawah kuku.

Cara Mengobati

Jika kamu mengalami kuku hampir lepas terdapat beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar tidak memperparah kondisi. Berikut di antaranya:

1. Jangan Cabut Sisa Kuku

kuku terangkat dari kulit

Jika kuku lepas sebagian maka jangan coba-coba untuk mencabut sisanya. Pada bagian kuku yang masih menempel di kulit maka gunakan gunting kuku agar dapat memotongnya secara hati-hati. Kamu juga bisa meminta bantuan pada orang lain atau dokter jika tidak berani melakukannya sendiri.

2. Tutupi dengan Perban

kuku terangkat dari kulit

Pada bagian kuku yang terlepas hilangkanlah kotoran yang menempel serta oleskan salep antibiotik. Kemudian pada kuku yang tersisa jika tepinya kasar maka kamu bisa menghaluskannya dengan menggunakan kikir secara perlahan. Setelah itu segera tutupi area kuku dengan perban serta carilah perawatan jika kuku terlepas sepenuhnya atau area sekitar kuku kemungkinan tidak berhenti berdarah.

3. Cegah Jamur Kuku

kuku terangkat dari kulit

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa infeksi jamur dapat menyebabkan kuku terlepas, karena itu kamu harus mencegahnya. Beberapa cara yang dapat kamu lakukan seperti menjaga kaki tetap kering dan rapi, sering mengganti kaus kaki, desinfektan gunting kuku jika selesai digunakan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 8 Cara Agar Kutek Cepat Kering, Cocok untuk Kamu yang Buru-Buru

4. Pergi ke Dokter

kuku terangkat dari kulit

Cara mengobati kuku lepas lainnya yaitu dapat dengan merendam area kuku ke dalam air dingin, diperban, membersihkan area kuku yang lepas dengan salep antibiotik, dan segera ke dokter jika kondisi semakin parah dan tak kunjung membaik.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.