Penyebab Pori Besar dan Cara Mengatasinya Seperti Ini
Skincare

Penyebab Pori Besar dan Cara Mengatasinya Seperti Ini

Penyebab pori besar dan cara mengatasinya seperti ini, memang perlu kamu perhatikan. Karena penyebabnya juga beragam maka, terdapat berbagai cara yang juga bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Bagi para kaum wanita, bercermin kemudian melihat pori-pori yang terdapat di wajah itu besar dan terlihat sangat jelas, tentu saja akan membuat mereka itu merasa tidak percaya diri.

Perlu kamu ketahui, bahwa pori-pori wajah itu merupakan lubang yang terdapat pada kulit. Fungsinya adalah untuk mengeluarkan keringat serta sebum atau biasa disebut sebagai minyak alami. Tanpa kita sadari juga, selama pori-pori wajah tersebut tersumbat oleh kotoran atau minyak, maka akan membuatnya tampak terlihat lebih besar dari yang sebenarnya. Bukan hanya itu saja, tetapi pori-pori yang besar itu menyebabkan make up yang kamu gunakan tidak bisa menutup dengan sempurna.

Apakah pori-pori yang besar itu bisa menular? Tentu saja tidak. Seperti penjelasan sebelumnya munculnya pori-pori yang besar itu karena minyak yang terdapat di kulit itu berlebihan. Tahukah kamu bagaimana cara mengatasinya?

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Produk Sunscreen Emina untuk Kulit Sensitif

Penyebab Pori Besar dan Cara Mengatasinya Seperti Ini, Simak!

Masih sedikit dari kita yang bingung bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi pori-pori kulit yang besar. Di samping itu juga, banyak yang masih belum tahu sebenarnya apa saja yang dapat menyebabkan pori-pori itu menjadi besar. Apakah karena kita terlalu banyak melakukan aktivitas? Terlalu banyak menggunakan make up?

Karena tidak mengetahui Jadi wajar apabila kamu juga bertanya-tanya. Wajar pula apabila pertama kali mendapati pori-pori wajah yang besar kemudian Marshalova itu merasa khawatir dan bingung serta memikirkan bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya. Untuk memberikan informasi dan penjelasan mengenai apa saja penyebab pori besar dan bagaimana cara mengatasinya, berikut ini penjelasannya.

Faktor Genetik

Penyebab pori besar yang pertama adalah bisa karena faktor genetik atau keturunan. Jenis kulit yang berminyak serta mempunyai kulit tebal adalah kondisi yang turun-temurun. Itu berarti, orang tua atau saudara kandung kamu juga mempunyai kulit berminyak dan pori-pori yang besar juga. Orang yang mempunyai jenis kulit berminyak juga akan cenderung memiliki pori-pori besar.

Hal tersebut terjadi karena kelenjar sebum tidak aktif guna memproduksi minyak sehingga pori-pori bisa membesar serta mengeluarkan kelebihan minyaknya tersebut. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Sebenarnya mudah saja, kamu hanya butuh rutin melakukan perawatan wajah.

Pori-pori yang Tersumbat

Bukan hanya itu saja, penyebab pori besar karena pori-pori wajah yang tersumbat oleh debu, sisa make up, dan polusi juga dapat menjadi penyebabnya. Hal yang demikian itu akan terjadi apabila pori-pori yang penuh dengan kotoran, semula memang kecil tetapi menjadi terlihat lebih besar.

Perlu kamu garis bawahi juga bahwa hal tersebut memicu permasalahan kulit lainnya. Misalnya adalah komedo, jerawat, ataupun terjadinya perubahan tekstur pada kulit.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Kamu perlu sekali melakukan eksfoliasi kulit secara rutin. Tujuannya adalah untuk mengangkat sel kulit mati serta membersihkan pori-pori secara mendalam. Bukan hanya itu saja manfaat dari eksfoliasi. Melainkan juga membuat kulit kamu menjadi lebih cerah, meningkatkan elastisitas kulit serta mencegah terjadinya penyumbatan pori.

Paparan Sinar Matahari

Ternyata, paparan sinar matahari juga menjadi penyebab pori-pori menjadi besar. Terkena sinar matahari secara berlebihan, tidak menggunakan perlindungan, apalagi hal tersebut terjadi dalam waktu yang lama. Jangan heran apabila kulit kamu nanti menjadi berkurang produksi kolagennya. Sehingga kulit tersebut akan Kehilangan elastisitasnya.

Walaupun sulit, namun bukan tidak mungkin apabila kamu bisa kembali membangun kolagen serta elastin pada kulit yang sudah hilang karena paparan sinar matahari. Bagaimana caranya? Sekarang ini  bukankah sudah terdapat skincare yang disebut dengan sunscreen? Sebagai upaya perlindungan dan mengatasi pori yang besar karena paparan sinar matahari aplikasikan sunscreen minimal dengan SPF 30 Pa +++.

Baca Juga: Eiem Beauty Brightening Serum, Inilah Kandungan yang Ada di Dalamnya

Dehidrasi

Kerap kali, orang yang mempunyai jenis kulit berminyak juga cenderung tampilan pori-porinya itu besar. Tetapi ternyata, hal sebaliknya juga bisa saja terjadi. Kulit yang mengalami dehidrasi bisa menyebabkan tampilan pori-pori juga membesar. Oleh sebab itu, ketika kulit mengalami dehidrasi, kulit tersebut juga akan memproduksi jumlah minyak banyak daripada biasanya.

Maka jagalah kulit supaya tidak terjadi dehidrasi. Gunakan skincare yang mengandung asam hialuronat. Sebab kemampuannya dapat mengunci kelembaban kulit kamu. Karena penyebab pori besar itu beragam, maka cara mengatasinya juga banyak. Jadi, kamu tidak perlu khawatir.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.