Rahasia Tubuh Cepat Langsing Secara Alami Setelah Melahirkan
Body

Rahasia Tubuh Cepat Langsing Secara Alami Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, akan ada banyak perubahan pada tubuh. Mulai dari kulit di bagian perut yang mengendur, muncul stretch mark, hingga kenaikan berat badan. Sebagai seorang wanita, sangat wajar jika ingin memiliki kondisi tubuh yang sama seperti sebelum hamil. Orang jaman dulu memiliki resep perawatan tradisional setelah melahirkan yang masih dilestarikan hingga sekarang. Apa saja perawatannya?

Perawatan Tradisional Setelah Melahirkan dan Manfaatnya

Perawatan tradisional pasca melahirkan dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Perawatan tradisional ini bisa segera dimulai di fase nifas 40 hari. Sehingga, diharapkan selesai nifas kamu bisa memiliki bentuk tubuh dan kondisi kesehatan seperti sebelum melahirkan.

Sayangnya, ternyata tidak sedikit ibu modern yang belum mengetahui teknik perawatan tradisional pasca melahirkan. Padahal, dengan perawatan yang dilakukan secara teratur akan sangat efektif untuk mengembalikan bentuk badan seperti sebelum memiliki anak. Lalu, seperti apa perawatan tradisional pasca melahirkan? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Ramuan Jamu Rempah Herbal

perawatan tradisional setelah melahirkan

Jamu-jamuan diketahui berkhasiat bagi kesehatan tubuh, termasuk untuk ibu pasca melahirkan. Adapun jamu rempah herbal yang baik dikonsumsi setelah melahirkan adalah jamu daun pepaya, beras kencur, kunyit asam, dan ramuan jahe dengan kayu manis. 

Bila kamu ingin rasa yang lebih manis, kamu bisa menambahkan sedikit madu ke dalam ramuan jamu tersebut. Bila tidak bisa meraciknya sendiri, jamu rempah herbal ini biasanya banyak dijual di pasar tradisional atau toko jamu.

Jamu Paket Bersalin

perawatan tradisional setelah melahirkan

Jamu paket bersalin diracik khusus untuk para wanita seusai melahirkan si buah hati. Jamu paket inilah yang sebaiknya dikonsumsi rutin di fase nifas selama 40 hari bila ingin mendapat hasil perawatan tradisional secara maksimal. Jamu paket ini terdiri dari pil jamu, pilis, tapel, dan parem. 

Dalam paket jamu ini biasanya terdapat dua jenis jamu, yaitu pil dan bubuk yang berkhasiat untuk membersihkan darah kotor di rahim usai melahirkan, mempercepat penyembuhan luka, dan mempercepat kembalinya ukuran rahim seperti semula. Jamu ini tidak dianjurkan bagi kamu yang melahirkan secara caesar atau memiliki gangguan hati, ya!

Selain itu, ada pilis berbentuk bubuk padat dengan kandungan kencur, ganthi, mint, kenanga, dan kunyit. Pilis ini berfungsi untuk mengurangi pusing, melancarkan peredaran darah di kepala, hingga menjaga kesehatan mata. Tapel juga berbentuk padat kering yang terdiri dari kencur, adas, tepung beras, bangle, kayu manis, pulosari, dan klabet jahe yang berfungsi untuk mengencangkan perut. Sementara itu, parem membantu melancarkan ASI, menghilangkan pegal, da melancarkan peredaran darah.

Pijat Tradisional Pasca Melahirkan

perawatan tradisional setelah melahirkan

Perawatan berikutnya adalah dengan melakukan pijat tradisional setelah melahirkan. Pijatan ini berfungsi untuk membuat tubuh lebih rileks, mengurangi pegal-pegal, dan melancarkan peredaran darah. Dengan melakukan pijat tradisional, tubuh akan cepat kembali sehat dan bugar. Pijat tradisional ini hanya boleh dilakukan oleh tenaga ahli yang memang berpengalaman, seperti di klinik atau tempat perawatan tubuh dengan layanan jasa pijat seusai melahirkan. Jadi, pastikan kamu tidak pijat ini sembarangan atau melakukannya sendiri, ya!

Perawatan Tradisional Menggunakan Stagen

perawatan tradisional setelah melahirkan

Stagen tradisional berupa kain berukuran panjang yang penggunaannya dililitkan di area sekitar perut. Perawatan menggunakan stagen ini bertujuan untuk menjaga agar bagian perut terasa nyaman, tidak kendur, dan membantu mengecilkan perut secara cepat.

Penggunaan stagen juga membantu membuang angin di rongga perut agar kamu tidak merasa kembung. Namun, untuk kamu yang melahirkan secara caesar, kamu perlu hati-hati agar penggunaannya tidak melukai jahitan. Selama menggunakan stagen mungkin kamu akan merasa repot dan susah bergerak, tetapi dijamin hasilnya tidak akan mengecewakan.

Itulah beberapa tips agar tubuh tetap langsing pasca melahirkan. Ada baiknya untuk tetap konsultasikan ke dokter kandungan sebelum kamu melakukan perawatan tradisional tersebut.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.