Sebab Bekas Luka Menghitam dan Cara Mengatasinya Simak Baik-baik
Body

Sebab Bekas Luka Menghitam dan Cara Mengatasinya Simak Baik-baik

Sebab bekas luka menghitam dan cara mengatasinya perlu diketahui secara pasti. Dengan mengetahui akar permasalahannya, maka akan mudah memilih solusi penanganan yang tepat. 

Meski segelintir orang beranggapan bekas luka adalah suatu kebanggaan, namun fakta lain membuktikan bahwa bekas luka adalah hal yang memalukan. Hal ini membuat mereka risih bahkan tidak percaya diri lagi. Apakah kamu adalah salah satu dari orang-orang tersebut? Jika iya, maka perlu menyimak artikel berikut hingga tuntas.

Mengenal Apa Sebab Bekas Luka Menghitam dan Cara Mengatasinya

Sama halnya dengan bekas menggaruk, bekas luka kering yang menghitam akan berpengaruh pada penampilan karena kulit sekitar luka menghitam. Oleh karena itu, wajar jika orang ingin segera menyamarkan hingga menghilangkannya.

Hanya saja, beberapa orang berharap jika proses menghilangkan bekas luka bisa diperoleh secara instan. Berbagai cara pun mulai ditempuh demi mendapatkan kulit mulus kembali. Padahal, tidak semua cara yang ditempuh akan memberikan hasil yang optimal.

Berikut adalah cara tepat menangani bekas luka menghitam.

Baca Juga: Pilihan Produk Body Scrub untuk Menghilangkan Bekas Luka

Lidah Buaya

Sebab Bekas Luka Menghitam dan Cara Mengatasinya

Sudah mencoba berbagai cara namun bekas luka malah terlihat semakin menghitam? Coba saja memakai bahan alami yang satu ini. Khasiat lidah buaya sebagai penyembuh sekaligus penghilang bekas luka sudah tidak diragukan lagi. 

Ini karena lidah buaya mengandung senyawa aloin dan asam salisilat. Kedua zat inilah yang akan membantu menyamarkan bekas luka di tubuhmu. Lidah buaya juga dikenal sebagai antibakteri dan anti inflamasi yang cukup baik.

Adapun cara menghilangkan bekas luka yang menghitam cukup mudah, yakni ambilah sisi dalam kulit lidah buaya yang bertekstur seperti gel. Lalu, usapkan ke bekas luka yang akan dihilangkan. Bersihkan gel dengan air dingin segar setelah membiarkannya selama 10-15 menit. Lakukan hal ini secara rutin, yaitu sehari dua kali.

Lemon

Sebab Bekas Luka Menghitam dan Cara Mengatasinya

Kandungan lemon sebagai agen pemutih kulit yang alami sudah tidak diragukan lagi. Fungsi lemon adalah untuk mencerahkan, membuat kulit lebih bercahaya, dan menyamarkan bekas luka menghitam. Namun, kandungan lemon cenderung membuat kulit menjadi lebih sensitif jika terpapar cahaya. Kandungan yang dimaksud adalah asam sitrat dan psoralen. 

Cara menggunakan lemon untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam adalah membuat campuran air dan lemon terlebih dahulu dengan perbandingan yang sama. Setelah itu, gunakan kapas sebagai aplikatornya.

Celupkan kapas pada perasan air lemon kemudian oleskan ke bagian yang teriritasi. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian basuh dengan air dingin yang bersih.

Air Dingin

Sebab Bekas Luka Menghitam dan Cara Mengatasinya

Segera siramkan air dingin ke tubuh jika kamu mengalami luka bakar yang masih dalam taraf ringan hingga sedang. Ini akan membantu mendinginkan kulit, mencegah terjadinya cedera yang lebih parah, serta meredakan luka bakar.

Hanya dengan bermodalkan air dingin dan kain bersih yang lembut, kamu bisa melakukan pertolongan pertama saat mengalami luka bakar. Caranya adalah dengan mengompres area luka menggunakan kain yang telah dicelupkan ke dalam air dingin.

Tekan di area luka selama 10-15 menit. Hindari menggunakan es batu untuk mengompres luka karena akan memperparah keadaan. 

Baca Juga: Kulit Terawat dengan Macam Macam Body Lotion Nivea dan Manfaatnya

Cuka Apel

Sebab Bekas Luka Menghitam dan Cara Mengatasinya

Bekas luka menghitam dan menebal akibat jerawat dapat disamarkan dengan memanfaatkan cuka apel. Bahan alami ini juga dipercaya efektif meringankan gejala pigmentasi.

Cara menghilangkan bekas luka dengan cuka apel adalah buatlah campuran dari 4 sdm air dan 2 sdm cuka apel. Gunakan kapas bersih untuk mengoleskan campuran tersebut ke bekas luka. Biarkan mengering dengan sendirinya. Rutin lakukan hal ini sebelum tidur dan mencuci area tersebut pada pagi harinya.

Kini sebab bekas luka menghitam dan cara mengatasinya sudah kamu ketahui bahkan mudah diterapkan. Jika dalam prakteknya ditemui kasus kulit menjadi iritasi maka segera hentikan pemakaian.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.