Seperti Apa Ciri Ciri Kulit Kombinasi? Kenali Untuk Mendapatkan Perawatan Tepat
Skincare

Seperti Apa Ciri Ciri Kulit Kombinasi? Kenali Untuk Mendapatkan Perawatan Tepat

Mengenali jenis kulit sendiri itu perlu. Pasalnya setiap jenis kulit memiliki kondisi berbeda, sehingga membutuhkan treatment atau perawatan yang berbeda pula. Seperti kulit kombinasi yang meski termasuk jenis kulit yang umum nyatanya masih belum banyak yang mampu mengenali ciri ciri kulit kombinasi. Tak heran jika masih banyak yang belum mendapatkan perawatan ataupun belum mampu memilih produk skincare yang tepat.

Marshalova, perlu kamu tahu jika sampai saat ini sebenarnya belum ada definisi universal dari para ahli dermatologi untuk kulit kombinasi. Jenis kulit ini hanya digambarkan sebagai kondisi kulit yang berada di antara kondisi berminyak dan kering tergantung kondisi cuaca. Kulit cenderung berminyak ketika panas, sebaliknya cenderung kering saat dingin. Marsha Beauty sudah merangkum ciri-cirinya agar kamu mudah mengenalinya.

Seperti Ini Ciri Ciri Kulit Kombinasi yang Wajib Kamu Tahu

Memang benar kondisi kulit kombinasi cenderung berubah sesuai cuaca. Meski demikian, tetap ada beberapa cirinya yang mudah dikenali. Di mana tidak jarang bebrapa area terasa berminyak, sementara area yang lebih cenderung kering. Untuk lebih detailnya berikut ciri dan sekaligus perawatan yang dianjurkan.

T-Zone Berminyak

ciri ciri kulit kombinasi

Ciri ciri wajah kombinasi yang pertama yaitu area T-Zone didapati cukup berminyak. Area ini mencakup kulit bagian dahi, hidung, dan juga dagu. Ketiga titik yang saling terhubung tersebut terasa berminyak dan terlihat bersinar.

Untuk perawatan yang dianjurkan tidak lain mencuci wajah menggunakan sabun pembersih. Hindari produk sabun dengan kandungan bahan kimia berbahaya. Penggunaan facial wash yang memiliki kandungan ringan sekiranya lebih ramah untuk jenis kulit kombinasi.

Ada Area Kulit yang Kering

ciri ciri kulit kombinasi

Meski area T-Zone cukup berminyak, kondisi lain bisa kamu dapati di beberapa area kulit seperti di bawah mata dan pipi. Kedua area ini malah cenderung kering. Malah pada beberapa kasus didapati kulit mengelupas.

Agar kulit tidak terlalu kering, kamu bisa mengaplikasikan hydrating serum yang cocok untuk semua jenis kulit. Skincare ini membantu mengunci kelembaban wajah sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih. Cuci wajah terlebih dulu dan saat kondisi kulit masih sedikit lembab aplikasikan produk secukupnya. 

Risiko Jerawat Saat Haid

ciri ciri kulit kombinasi

Ciri ciri kulit kombinasi berminyak lainnya ada risiko timbulnya jerawat. Kondisi ini biasanya lebih parah saat kamu sedang datang bulang atau haid girls. Saat haid kulit wajahmu cenderung berjerawat karena produksi sebum berlebih.

Seperlu mencegah munculnya jerawat lebih rajin mencuci wajah saat haid. Biasakan mengeringkan wajah menggunakan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk, hindari menggosokkan handuk ke kulit.

Pori-Pori Besar

ciri ciri kulit kombinasi

Pori-pori pada jenis kulit kombinasi cenderung berukuran besar atau terbuka. Hal inilah yang membuat kotoran seperti debu atau sisa riasan mudah sekali masuk dan menutup pori-pori untuk menjadi biang jerawat nantinya. 

Bila kamu mendapati ciri ciri jenis kulit wajah kombinasi ini sebaiknya dalam periode rutin melakukan perawatan eksfoliasi. Hal ini untuk membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat sekaligus menjaga kulit kamu tetap bersih dan halus. Direkomendasikan scrub yang memiliki kandungan asam hidroksi yang cocok untuk kulit wajah kombinasi. Eksfoliasi rutin 2-3 kali seminggu kiranya cukup efektif menyapu kotoran membandel dan mengurangi kadar sebum.

Seperti itulah beberapa ciri2 kulit kombinasi yang perlu kamu tahu. Dengan mengetahui ciri-cirinya diharapkan kamu bisa memilih produk skincare yang cocok dan melakukan perawatan yang tepat. Sekian semoga memberi informasi bermanfaat.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.