Simak Penyebab Kenapa Pori Pori Membesar, Ternyata Ini Jawabannya!
Skincare

Simak Penyebab Kenapa Pori Pori Membesar, Ternyata Ini Jawabannya!

Apakah kamu tahu kenapa pori pori membesar? Pori-pori yakni pembukaan menuju folikel rambut yang di dalamnya berisi kelenjar yang memproduksi minyak. Tugas pori-pori yaitu menjaga kulit sehat dan lembap. Ukurannya pun bervariasi, umumnya tergantung usia dan jenis kelamin.

Baca juga: Berapa Lama Rambut Tumbuh? Ternyata Ini Faktor yang Menyebabkan Rambut Sulit Tumbuh! 

Inilah Sebabnya Kenapa Pori Pori Membesar

Seperti yang kita ketahui, pori-pori membesar karena produksi sebum meningkat. Lubang besar menyebabkan pori-pori tersumbat akibat penumpukan kotoran. Cara mengecilkan pori-pori besar adalah dengan mengubah kebiasaan hidup menjadi sehat.

Hal yang sering kamu lakukan namun ternyata membawa efek buruk untuk kesehatan wajahmu. Selalu terapkan kebersihan agar wajahmu terhindar dari jerawat dan pori-pori besar.

1. Tidak Membersihkan Wajah Setelah Aktivitas

Kesalahan besar jika setelah beraktivitas tidak membersihkan wajah. Sedangkan debu dan sisa makeup menempel di wajahmu tanpa dibersihkan, kamu langsung tidur maka keesokan harinya dipastikan pori-pori akan membesar. Pada dasarnya makeup pun ada kandungan yang tidak baik untuk wajah, apalagi hingga mengendap hingga 10 jam lebih.

2. Memencet Jerawat

Hal ini justru akan menyebabkan peradangan serta kulit iritasi. Ketika jerawat muncul, bukan hal yang tidak mungkin jika kamu memegang lantas gemas dan langsung memencet. Pori-pori besar di wajah mu akan membuka hingga membuat kamu tidak percaya diri. Ketika jerawat muncul lebih baik diamkan saja tunggu hingga mengering dengan sendirinya. Bisa dipastikan bekasnya pun akan memudar.

3. Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Saat akan menyentuh wajah, biasakan mencuci tangan terlebih dahulu. Jangan langsung memegang, karena dapat menyebabkan pori-pori membesar. Beberapa studi mengatakan, manusia dapat menyentuh wajah hingga 23 kali dalam sehari. Bisa membayangkan jika 20 kali nya tangan kita tidak higienis. Kotoran dari tangan berpindah ke wajah dapat memicu timbulnya pori-pori tersumbat.

4. Konsumsi Makanan Tidak Sehat

4 sehat 5 sempurna selalu terapkan di menu hidangan makan pagi, siang dan malammu. Sebab jika kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung susu, alkohol tinggi, gorengan, gula tinggi dan terlalu pedas dapat memicu produksi minyak berlebih dan peradangan di kulit yang menyebabkan jerawat dan berujung pori-pori membesar.

5. Olahraga Pakai Makeup

Menggunakan makeup saat olahraga akan membuat pori-pori (berisi kelenjar keringat) tertutup, sehingga kotoran terjebak di dalam dan membentuk sumbatan yang berujung pori-pori membesar. Cara mengecilkan pori pori wajah agar terlihat mulus yaitu setelah berolahraga sebaiknya dibersihkan lalu cuci muka saat mandi dalam keadaan sudah tidak berkeringat.

Penyebab Pori-Pori Membesar

Ukuran pori-pori wajah manusia berbeda-beda, ada yang besar, normal dan ada pula yang ukurannya kecil. Kamu perlu cek penyebab pori-pori membesar:

1. Genetik

Faktor genetik atau keturunan menjadi penyebab no 1. Jeni dan ketebalan kulit dapat diturunkan dari orangtua ke kita. Selain itu juga saudara kandung, apabila memiliki kulit berminyak serta pori wajah besar, maka 70% cenderung sama. Tipe kulit wajah berminyak cenderung mengalami-pori-pori besar.

2. Paparan Sinar Matahari

Sering beraktivitas di luar ruangan yang langsung terkena paparan sinar matahari, itulah penyebab pori-pori wajah besar. Sering terpapar matahari maka wajah akan mengalami penebalan kemudian pori-pori membesar. Sinar UV melemahkan produksi kolagen dalam tubuh. Kendati demikian, kolagen memiliki manfaat menjaga kulit senantiasa kencang serta pori-pori tertutup rapat. Saat kolagen rusak, maka elastisitas kulit berkurang dan lubang pori melebar.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam dengan Bahan Alami, Mudah Dilakukan di Rumah!

3. Keseringan Cuci Muka

Kebiasaan yang bagus apabila rutin membersihkan wajah dengan mencuci muka. Namun perlu kamu ketahui, jika dilakukan secara rutin justru akan buat pori-pori tersumbat dan membesar. 1 hari 2x saja ketika mandi, agar kulit tidak menebal dan berakibat pori-pori besar.

Jadi kenapa pori pori membesar? Karena produksi sebum meningkat. Cegah dengan selalu menjaga kebersihan wajahmu!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.