Terlalu Sering Eksfoliasi, Akan Menyebabkan Masalah Serius Pada Kulit
Body

Terlalu Sering Eksfoliasi, Akan Menyebabkan Masalah Serius Pada Kulit

Terlalu sering eksfoliasi akan memicu masalah baru di kulit wajah. Eksfoliasi sendiri memang penting untuk membersihkan pori dan mengangkat sel kulit mati di wajah. Namun jika terlalu sering bukan untuk membuat kecantikan, justru akan menyebabkan banyak permasalahan kulit.

Jadi Marshalova harus benar-benar mempunyai jadwal dalam menentukan masker atau eksfoliasi.

Terlalu Sering Eksfoliasi Ternyata Bisa Menyebabkan Efek-Efek Ini

Kerap melakukan eksfoliasi ternyata bukan untuk membuat kulit wajah makin cantik dan tanpa jerawat. Namun kenyataannya, jika terlalu keseringan akan mengakibatkan masalah kulit wajah mulai dari iritasi dan infeksi.

Perawatan dan melakukan eksfoliasi ini tergantung pada jenis kulit wajah. Untuk jenis kulit yang berminyak lebih dan tebal bisa melakukan eksfoliasi sekali sehari. Namun, untuk kulit kering eksfoliasi hanya boleh dilakukan sekurang-kurangnya 1 sampai 2 kali seminggu.

Kulit Wajah Terkelupas

Perawatan wajah eksfoliasi ini jika berlebihan akan memicu malah kulit wajah antara lain yakni kulit pada wajah akan terkelupas. Ketika terjadi seperti ini, kulit akan kehilangan kemampuan untuk menahan air atau cairan. Pasalnya tekstur scrub yang kasar bisa mengelupas kulit dari waktu ke waktu.

Kulit Terbakar

Exfoliasi berlebihan juga akan membuat kulit mudah terbakar. Hal ini karena kulit wajah sudah kehilangan pelindungnya, lho. Jadi sebenarnya melakukan eksfoliasi terlalu berlebihan baik untuk membuat wajah berseri, justru akan membuat kulit wajah mudah terkena paparan sinar matahari. Sehingga akan membuat mudah teriritasi.

Baca juga:terlalu-giat-bekerja-nggak-selalu-bagus-bisa-jadi-kamu-terkena-hustle-culture

Kulit Wajah Menjadi Lebih Kering

Terlalu sering eksfoliasi pada wajah juga akan mengakibatkan wajah menjadi lebih kering. Hal ini karena aktivitas eksfoliasi akan menyerap dan melebihkan minyak pada wajah. Sehingga jika dilakukan secara keseringan, maka minyak wajah akan berkurang banyak.

Kelangkaan atau kekurangan minyak pada wajah akan menjadikan wajah kering bahkan mengelupas.

Muncul Jerawat Membandel

Seringnya melakukan eksfoliasi wajah jauh akan membuat wajah memunculkan jerawat, lho. Nah, karena kulit wajah akan lebih tipis, rentan, dan sensitive. Jadi hal inilah yang memicu timbulnya jerawat, karena mengalami kontak debu, bakteri, kotoran, ataupun bahan kimia lainnya.

Produksi Minyak Meningkat

Lain pada pemilik wajah kering, pemilik wajah berminyak juga akan mengalami peningkatan produksi minyak pada wajah. Ketika scrubs exfoliator menarik minyak berlebih dipakai dengan secara maksimal, kulit wajah akan menjadi lebih kering.

Nah, agar tetap menjaga kelembaban kulit wajah, kuali akan memproduksi minyak berlebih. Alhasil akan semakin banyak minyak.

Baca juga:hati-hati-inilah-akibat-keseringan-begadang-yang-tidak-baik-untuk-tubuh

Wajah Menjadi Lebih Tipis

Kulit akan menjadi lebih tipis, karena scrub exfoliate akan mengangkat kotoran, minyak, serta sel kulit mati di kulit. Jika dilakukan secara berlebihan, maka scrubs ini akan mengangkat dan mengikis sel kulit wajah pada lapisan kulit. Jadi dengan begitu, kulit wajah akan semakin tipis setiap harinya.

Ketika kulit wajah menjadi tipis, kulit akan lebih teriritasi dan infeksi. Bahkan kulit wajah bisa cepat mengalami luka berdarah jika tidak sengaja terkena kuku atau terkena goresan lainnya.

Wajah Terlihat Bengkak

Melakukan scrubbing terlalu berlebihan juga akan membuat wajah terlihat bengkak, lho. Meskipun produk masker membantu kulit untuk melepaskan sel kulit mati. Namun penghalang lipid alami kulit tetap akan tetap rusak apabila eksfoliasi dilakukan secara berlebihan.

Jadi Marshalova sudah tahu bukan apa saja efek jika terlalu sering eksfoliasi. Boleh melakukannya, tapi sewajarnya saja, ya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.