Ternyata Ini Lho Girls Penyebab Garis Halus di Wajah Muncul Lebih Cepat
Skincare

Ternyata Ini Lho Girls Penyebab Garis Halus di Wajah Muncul Lebih Cepat

Setelah menginjak usia kepala 3, wanita mulai khawatir akan adanya tanda-tanda penuaan seperti garis halus, keriput, atau lainnya. Namun, tahuhkah kamu jika tanda penuaan bisa muncul lebih cepat bahkan di usia belia atau yang kerap disebut penuaan dini. Kira-kira apa penyebab garis halus di wajah muncul lebih cepat?

Seiring bertambahnya usia memang benar tanda penuaan akan muncul bertahap. Sayangnya beberapa wanita mendapati tanda penuaan di saat usianya masih muda. Tentunya Marshalova tidak menginginkan tanda-tanda itu muncul terlalu dini bukan? Berikut Marsha Beauty sudah merangkum sejumlah penyebab munculnya garis halus yang harus kamu waspadai.

Waspadai Penyebab Garis Halus di Wajah Muncul Lebih Cepat

Penuaan dini sebenarnya bisa dicegah dengan menjaga produksi kolagen kulit tetap stabil. Namun, beberapa kondisi dan kebiasaan tidak sehat ini menjadi penyebab munculnya garis halus. Berikut beberapa diantaranya.

Paparan Sinar UV

penyebab garis halus di wajah

Garis halus di wajah bisa muncul lebih cepat terlalu sering terpapar sinar UV matahari dalam waktu lama. Kulit yang tidak terlindungi jika terpapar sinar matahari yang terik dalam waktu lama berpotensi mengalami kerusakan kulit. Bertahap kandungan air kulit akan menguap, lalu merusak kolagen dan serat elastin yang sebenarnya berperan penting menjaga kekenyalan, kelenturan, dan elastisitas kulit.

Upaya pencegahan yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan sunscreen tiap hari. Terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

Pola Makan Tidak Sehat

penyebab garis halus di wajah

Penyebab lainnya garis halus bisa muncul lebih cepat lantaran pola makan yang tidak sehat. Misalnya kebiasaan mengkonsumsi tinggi karbohidrat olahan dan gula dalam waktu bersamaan sementara konsumsi buah dan sayur cukup minim. Kondisi ini berisiko membuat kulit kekurangan nutrisi yang sebenarnya diperlukan dalam perbaikan kerusakan di kulit.

Karenanya terapkan gaya hidup sehat dengan menerapkan pola makan sehat. Konsumsi gizi seimbang dan diimbangi olahraga.

Kebiasaan Merokok

penyebab garis halus di wajah

Tidak sedikit dijumpai wanita merokok. Padahal rokok sejatinya bukan hal yang baik bagi kesehatan, entah itu wanita ataupun pria. Selain merusak organ paru-paru, rokok ternyata juga mempengaruhi kondisi kulit. Asap rokok dapat menyebabkan penuaan dini karena stress oksidatif. Kandungan di dalam rokok juga dapat merusak kolagen dan penyempitan pembuluh darah. Sebagai akibatnya suplai nutrisi dan oksigen ke kulit akan berkurang.

Untuk itu, hindari merokok dan konsumsi alkohol. Dapatkan waktu istirahat cukup sebagai upaya pencegahan.

Mengalami Dehidrasi

penyebab garis halus di wajah

Dehidrasi atau kurangnya kandungan air di sel-sel kulit menyebabkan kulit berkurang kekenyalannya dan mengerut. Kondisi ini berisiko menyebabkan garis-garis halus terbentuk di wajah. Semakin sering, maka garis halus yang dihasilkan akan semakin dalam dan semakin terlihat. 

Cara menghilangkan garis halus di wajah karena sebab ini yaitu dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, misal dengan minum 8 gelas per hari. Imbangi pula dengan konsumsi buah dan sayur kaya air.

Jarang Melakukan Perawatan Kulit

penyebab garis halus di wajah

Perawatan apa yang kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kulitmu? Perlu digarisbawahi, penggunaan skincare atau produk perawatan kulit hanya akan memberi hasil optimal bila digunakan rutin dalam jangka waktu tertentu. Bila tidak rutin malah menyebabkan tanda penuaan dini.

Lakukan perawatan rutin sebagai pencegahan. Imbangi pula dengan aktivitas baik yang mampu melatih otot-otot wajah seperti senam wajah yang juga melancarkan peredaran darah.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab garis halus di wajah muncul lebih cepat. Dengan mengetahui faktor penyebabnya diharapkan kamu bisa meminimalisir risiko dengan menghindari penyebabnya hingga melakukan treatment yang tepat.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.