Tips Memakai Bedak Tabur untuk Kulit Berminyak agar Bebas Kilap Seharian
Makeup

Tips Memakai Bedak Tabur untuk Kulit Berminyak agar Bebas Kilap Seharian

Bedak tabur alias loose powder bisa dibilang “senjata” wajib bagi siapapun yang punya kulit berminyak. Dibandingkan bedak padat (pressed powder), bedak tabur untuk kulit berminyak bisa bantu set makeup agar stay on dan memberikan hasil matte finish. Dengan begitu, makeup-mu bisa awet seharian dan wajahmu bebas dari kesan mengkilap.

Tips Memakai Bedak Tabur untuk Kulit Berminyak

bedak tabur untuk kulit berminyak

Meski demikian, tahukah kamu kalau hanya memakai bedak tabur saja tidak cukup? Soalnya, cara kamu mengaplikasikan bedak dan shade bedak yang kamu pilih ternyata juga bisa mempengaruhi hasil akhirnya, lho! Yuk, simak tips memakai loose powder berikut ini!

Baca juga : Anti-Cakey, Ini 7 Bedak Tabur yang Bagus untuk Remaja Bikin Makeup Bebas Kilap

Pilih Shade yang Lebih Terang

Sama seperti ketika kamu mencari pedak badat, bedak tabur juga tersedia dalam berbagai pilihan shade. Idealnya, kamu perlu pilih bedak yang shade-nya sesuai dengan warna kulitmu. Akan tetapi, justru kamu sebaiknya pilih shade yang lebih terang dibandingkan shade alami kulitmu ketika membeli bedak untuk kulit berminyak.

Karena setiap butiran bedak tabur yang menempel di wajah jelas akan kontak langsung dengan minyak yang diproduksi kulit. Akibatnya, terjadi proses oksidasi sehingga bedak malah jadi terlihat lebih gelap. Jadi, kalau kamu tak ingin wajahmu terlihat kusam meskipun sudah bebas kilap minyak, sebaiknya kamu pilih bedak tabur dengan shade yang lebih terang daripada tone kulit aslimu.

Menariknya, tekstur bedak tabur jauh lebih lembut dan kecil dibandingkan tekstur bedak padat. Dengan begitu, kamu juga tak perlu khawatir kalau wajahmu malah jadi terlihat dempul setelah mengaplikasikan bedak.

Baca juga : Natural Banget, Ini 6 Bedak Tabur untuk Kulit Sensitif dengan Formula Ringan dan Tidak Menimbulkan Breakout

Gunakan Powder Puff untuk Hasil Matte

Kamu mungkin bingung dan sering bertanya, “bukannya lebih baik pakai kuas atau sponge saat mengaplikasikan bedak pada kulit berminyak?” Akan tetapi, ternyata menggunakan powder puff k yang biasanya sudah ada di dalam kemasan bedak tabur jauh lebih direkomendasikan, lho!

Dibandingkan kuas atau sponge, menggunakan powder puff malah bisa berikan hasil akhir matte yang bisa buat wajahmu tak lagi terlihat mengkilap karena minyak. Hanya saja, aplikasikan bedak dengan cara menepuk-nepuk lembut pada wajahmu, apalagi kalau kamu punya kulit sensitif. Gunakan cara yang sama saat kamu me-retouch bedakmu di siang hari agar makeup-mu tidak belepotan.

Pusatkan Bedak Pada Bagian Tengah Wajah

Ketika kamu mulai mengaplikasikan bedak, mulailah dari bagian tengah wajah alias T-zone. Soalnya, T-zone lebih berminyak dibandingkan U-zone atau area lain wajah. Baru setelah itu aplikasikan bedak ke arah luar menuju area pipi dan sudut-sudut wajahmu.

Saat mengaplikasikan bedak, kamu juga perlu memberikan sedikit tekanan dengan lembut. Tujuannya adalah agar partikel bedak tabur bisa benar-benar menempel pada kulit, termasuk untuk menutupi garis-garis halus pada wajah sekalipun. Karena ini juga, kamu sebaiknya menggunakan powder puff saat mengaplikasikan bedak.

Dibandingkan bedak padat, bedak tabur lebih baik dalam menyerap minyak berlebih yang diproduksi oleh kulit wajahmu. Oleh karena itu, wajahmu akan jauh terlihat lebih matte dan bebas kilap kalau kamu menggunakan bedak tabur untuk kulit berminyak dibandingkan bedak padat. Tak hanya itu saja, bedak tabur juga lebih efektif untuk memberikan kesan tekstur kulit yang lebih mulus dan menyamarkan bekas jerawat dengan lebih baik kalau kamu juga punya masalah kulit berjerawat. 

Bedak tabur favoritmu apa nih, Girls? Share di kolom komentar ya!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.