Tips Menghilangkan Bau Kaos Kaki Ngga Ribet Kok Terapkan 5 Hal Ini
Lifestyle

Tips Menghilangkan Bau Kaos Kaki Ngga Ribet Kok Terapkan 5 Hal Ini

Tips menghilangkan bau kaos kaki bisa kamu lakukan setelah mengetahui penyebabnya. Jika sudah mengetahui apa penyebabnya, otomatis kamu tahu apa yang harus dilakukan.

Bau kaki atau bromodosis, istilah keren dalam bahasa medis, terjadi saat kaki dalam kondisi lembap dan penuh keringat. Fase ini akan memicu pertumbuhan bakteri dalam jumlah berlebih di kaki sehingga memicu bau kaki yang sama sekali tidak sedap. Bau tersebut jelas mengganggu orang sekitar bahkan kamu sendiri. 

Meskipun ada obat penghilang bau kaki, namun tidak ada salahnya jika kamu mencoba beberapa cara mengatasi bau kaos kaki terlebih dahulu. Sebenarnya, bau kaki adalah suatu hal yang normal. Pasalnya, semua orang jelas menghasilkan keringat dan memiliki bakteri alami yang singgah di kaki. Namun, jika aroma baunya sudah tidak wajar, maka kamu perlu segera bertindak.

5 Tips Menghilangkan Bau Kaos Kaki yang Mudah Dilakukan di Rumah

Mengenakan sepatu seharian saat beraktivitas memang hal yang nyaman. Namun apa jadinya saat melepasnya, kakimu mengeluarkan bau tidak sedap bahkan menusuk hidung. Pasti malu dan risih. 

Jika dibiarkan berlarut-larut dikhawatirkan kamu akan mengalami krisis percaya diri nih, Girl. Coba lakukan beberapa cara jitu berikut ini.

Rajin Mencuci Kaki

Menjaga kebersihan kaki sebenarnya mudah. Namun masih saja orang enggan melakukannya. Padahal cara menghilangkan bau kaki setelah pakai sepatu yaitu kamu hanya cukup mencucinya.

Pada saat mencucinya, gosoklah kaki menggunakan sabun. Sela-sela jari kaki juga tidak boleh terlewatkan. Ini dapat kamu lakukan saat mandi pagi dan sore hari. Keringkan kaki dengan benar, terutama pada bagian jari-jarinya. 

Oleskan alkohol menggunakan kapas ke area kaki setiap malam sebagai perawatan harian. Alkohol akan membantu mengeringkan kaki. Hanya saja hindari mengoleskannya pada kulit kaki yang pecah-pecah atau lecet. 

Baca: Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari Bisa Kamu Rasakan, Apa Saja?

Gunakan Air Garam

Salah satu cara merawat kaki yaitu dengan merendam kaki menggunakan air garam. Kulit mati di kaki perlu dihilangkan. Selain mengelupas kulit mati, merendam kaki dengan air garam juga ampuh menghilangkan bakteri.

Jika bakteri hilang, maka bau kaki juga tidak akan terjadi. Rendam kaki ke dalam ember yang berisi air hangat selama 10-20 menit. Jangan lupa masukkan garam secukupnya.

Rutin Mencuci Kaos Kaki dan Sepatu

Kelembapan yang bertumpuk-tumpuk pada kaos kaki adalah penyebab munculnya bau kaki. Oleh karena itu, hindari menggunakan kaos kaki yang sama selama 2 hari berturut-turut.

Cuci kemudian keringkan kaos kaki dengan benar agar kering sempurna. Jika sepatu basah segera keringkan. Rawat dan simpan sepatu dengan baik dan jangan menyimpannya di lemari yang gelap. Biarkan saja keduanya berada di ruangan terbuka yang bersih dengan ventilasi baik.

Baca: Kebiasaan yang Membuat Jerawat Hilang Selamanya, Simak di Sini Yuk

Semprotkan Anti Bakteri atau Desinfektan Pada Sepatu

Bukan hanya keringat berlebih pada kaki. Sepatu yang kerap kamu pakai juga berpotensi menimbulkan aroma tidak sedap. 

Jemurlah sepatu setelah selesai digunakan. Atau kamu bisa meletakkannya di ruangan terbuka. Semprotkan cairan desinfektan atau anti bakteri ke sol bagian dalam sepatu. Gunakan cairan anti perspirant menjelang tidur sebagai langkah efektif mengurangi produksi keringat.

Gunakan Teh Hitam

Teh hitam mengandung asam tanat yang baik sehingga ampuh membunuh bakteri penyebab bau kaki dan mengurangi produksi keringat. Seduh 2 kantong teh hitam dan campur dengan 2 liter air. Rendam kaki ke dalam seduhan teh hitam tersebut selama 30 menit. Usahakan suhu rendaman teh hitam cukup ideal untuk merendam kaki.

Segera terapkan tips menghilangkan bau kaos kaki yang telah diulas tersebut. Nggak mau kan jika berlama-lama diteror bau kaki yang menusuk?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.