Tips Sehat dan Cara Menjaga Imunitas Tubuh di Saat Pandemi
Lifestyle

Tips Sehat dan Cara Menjaga Imunitas Tubuh di Saat Pandemi

Hampir setahun lebih sejak kasus pertama Covid-19 di Indonesia berlalu, tapi situasi masih belum membaik. Bahkan sempat terjadi gelombang kedua yang lebih parah di akhir Juni 2021 lalu. Di situasi yang serba tidak menentu ini, penting bagi kita untuk selalu menjaga imun tubuh di masa pandemi.

Sejak awal pandemi di bulan Maret 2020 silam, sudah banyak sumber yang mengedukasi tentang cara meningkatkan imun tubuh. Saat itu pastinya kita sangat ketat dalam menjaga imun agar tidak melemah, ketat dalam menjaga protokol kesehatan serta menjaga asupan makanan dan vitamin. Namun, seiring dengan waktu, tanpa disadari, kita kadang lengah dan mengabaikannya.

Padahal bisa saja saat kita lengah, tidak taat prokes, kita terpapar virus corona. Bahkan karena mudahnya menular dengan berbagai varian covid-19 yang sudah ada sampai sekarang, orang-orang di sekitar pun berisiko terpapar juga. Maka dari itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga imunitas tubuh kita agar tidak melemah.

Berikut ini adalah tips sehat dan bagaimana cara menjaga imunitas tubuh di masa pandemi:

Istirahat yang Cukup

Dilansir dari National Sleep Foundation orang dewasa setidaknya membutuhkan 7-9 jam waktu untuk beristirahat dalam sehari. Istirahat yang cukup itu sendiri merupakan cara paling gampang dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

Coba bayangkan jika kita tidak beristirahat dengan cukup, maka tubuh akan berhenti memproduksi sitokin dalam jumlah banyak. Sitokin sendiri merupakan protein yang mampu melawan infeksi dan peradangan, serta aktif dalam menciptakan respon imun tubuh.

Ladies, jadi kurang-kurangin dulu ya begadang marathon drakor!

Berolahraga dengan Rutin

Selain tubuh bisa menjadi lebih sehat, berolahraga secara rutin bisa merangsang kinerja antibodi serta sel darah putih. Sehingga aktivitas ini bisa dipraktikkan selama masa pandemi seperti sekarang.

Dengan berolahraga, seperti pendapat seorang ahli di National Institute of Health, maka tubuh bisa mengeluarkan bakteri melalui saluran pernafasan. Ini bisa membuat kita terhindar dari risiko terjangkitnya penyakit.

Mulai sekarang, lakukan olahraga secara rutin. Tidak perlu berolahraga berat, ya. Kamu bisa lakukan aerobik di rumah sendir atau lari di sekitar kompleks dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Mengurangi atau Mengelola Stress

Kurangi atau kelola stress dengan baik. Beban pekerjaan ataupun masalah kehidupan memang tidak bisa dihindari, tetapi dapat dikelola kadar stressnya melalui pikiran-pikiran kita yang selalu positif. Selesaikan permasalahan satu-persatu, pasti segera bisa diatasi.

Kamu pun bisa mencari cara pengelolaan stress dengan meditasi, olahraga ataupun yoga.

Mengkonsumsi Makanan Bergizi Seimbang dan Vitamin

Mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang juga merupakan cara untuk meningkatkan imunitas tubuh. Pastikan nutrisi pada makanan tercukupi, seperti dari sayur-sayuran, buah-buahan, dan air mineral. Jenis makanan ini bisa mencukupi kebutuhan antioksidan di dalam tubuh.

Jangan lupa konsumsi vitamin dan suplemen juga ya, Ladies!

Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Yang tidak kalah penting adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Terlebih jika kamu beraktivitas di luar seharian, setelah pulang dan sampai rumah, mandi adalah hal yang wajib hukumnya. Yang perlu kamu ketahui adalah kulit merupakan bagian terluar dari tubuh yang berisiko besar tertempel kuman, bakteri dan virus sebelum masuk ke tubuh. Jadi dengan mandi, maka akan membersihkannya secara tuntas.

Selain mandi, sering-seringlah mencuci tangan (sebagaimana yang sudah dianjurkan dalam protokol kesehatan), mengganti masker, dan memastikan lingkungan kita tetap terjaga kebersihannya.

Mengurangi Rokok dan Alkohol

Selama masa pandemi, ada baiknya mengurangi rokok. Karena dengan merokok maka bisa meningkatkan risiko timbulnya penyakit yang berkaitan dengan paru-paru, seperti pneumonia atau bronkitis. 

Seperti yang kita tahu, virus corona juga merupakan penyakit yang menyerang saluran pernafasan manusia. Sehingga tidak ada salahnya juga untuk mengurangi kebiasaan merokok yang sama-sama menimbulkan dampak negatif pada pernafasan.

Begitu juga dengan kebiasaan minum-minuman beralkohol, sebaiknya dikurangi juga ya, Ladies! Ketika kamu mengkonsumsi alkohol maka daya tahan tubuh bisa turun lho, sehingga tubuh akan rentan terkena penyakit. [Zahwa Aqilah]

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.