Waspada Tanda-Tanda Kuku Tidak Sehat?! Bisa Jadi Deteksi Awal Gangguan Kesehatan yang Serius
Nails

Waspada Tanda-Tanda Kuku Tidak Sehat?! Bisa Jadi Deteksi Awal Gangguan Kesehatan yang Serius

Tanda-tanda kuku tidak sehat ada baiknya diketahui sejak dini. Kuku tidak sehat adalah sinyal adanya gangguan yang mungkin saja kamu alami.

Tubuh merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan. Jika satu bagian sakit, maka bagian tubuh yang lain ikut merasakannya. Biasanya tubuh akan memberi kode yang dapat kamu lihat saat terserang penyakit.

Tanda-Tanda Kuku Tidak Sehat yang Wajib Diwaspadai

Selain rambut, kuku adalah salah satu bagian tubuh yang tidak dialiri darah. Kuku berfungsi sebagai pelindung  jari-jari tangan dan kaki.

Laju pertumbuhan kuku bisa kamu gunakan sebagai patokan akan kondisi kesehatan. Kuku jari sehat umumnya tumbuh sekitar 3,5 mm setiap bulan. Namun, laju pertumbuhannya dapat terganggu karena faktor asupan nutrisi, obat-obatan yang dikonsumsi, dan penyakit.

Kuku sering menunjukkan gejala perubahan warna, bentuk, dan ketebalan. Bahkan pada beberapa kasus, area sekitar kuku sering bengkak. Meski gejala tersebut dapat hilang dengan sendirinya, namun ada baiknya jika kamu  lebih waspada. Bisa jadi hal tersebut merujuk pada kondisi kesehatan tertentu.

Kuku Jari Lepas (Onikolisis)

Kasus kuku lepas tanpa disertai rasa sakit bisa menjadi tanda bahwa kamu sedang mengalami penyakit infeksi jamur, reaksi alergi, psoriasis, dan cedera akibat perawatan kuku. Perubahan warna kulit di sekitar area kuku adalah gejala awal kuku lepas.

Kabar baiknya, kasus ini dapat segera diobati. Dokter akan memberikan resep vitamin dan saran untuk membantu mendapatkan pertumbuhan kuku baru yang normal.

Lipatan Kuku Bengkak

Kasus ini dikenal sebagai radang lipatan kuku. Biasanya area sekitar kuku tampak memerah dan bengkak. Jika mengalami hal ini, kemungkinan kamu mengalami kelainan jaringan ikat atau lupus. Peradangan dan warna merah pada lipatan kuku bisa jadi menunjukkan terjadinya infeksi.

Baca:Kenali Alat Manicure Pedicure dan Fungsinya, Cari Tahu Di Sini

Kuku Bergelombang

Bagaimana jika permukaan kuku bergelombang? Kemungkinan kondisi tersebut sebagai awal radang sendi atau psoriasis. Tanda lainnya adalah disertai perubahan warna coklat kemerahan yang terjadi pada kulit di bawah kuku.

Kuku Sendok

Koilonikia atau kuku sendok terjadi karena lempeng permukaan kuku menjorok ke arah dalam, sedangkan ujung-ujung kuku tumbuh ke luar. Deteksi penyakit dengan kondisi kuku melengkung ini adalah kelebihan zat besi, anemia defisiensi zat besi, jantung, lupus autoimun, hipertiroidisme, penyakit raynaud, dan tersumbatnya pembuluh darah.

Kuku Berwarna Biru

Kondisi kuku yang sedemikian bisa jadi karena kurangnya asupan oksigen ke dalam tubuh. Deteksi penyakit dengan kondisi kuku tampak kebiruan adalah penyakit paru-paru, kanker, infeksi, dan pneumonia.

Baca:Cara Memakai Kuku Palsu yang Benar Ternyata Mudah, Ini Penjelasannya

Clubbing atau Kuku Menebal

Ketika jaringan di bawah kuku menebal, akan berakibat ujung jari bengkak, sehingga laju pertumbuhan kuku ke arah dalam mengikuti bentuk jari. Deteksi dini penyakit dengan kondisi kuku semacam ini adalah penyakit liver, gangguan jantung dan ginjal, masalah pencernaan, kadar O2 tubuh minim, dan AIDS.

Cara Merawat Kuku yang Baik

Lebaran tinggal menghitung hari. Persiapkan diri sebaik mungkin untuk menyambutnya. Mulai dari fashion, style rambut, termasuk kesehatan kuku.

Pasti nggak mau dong saat Lebaran tampil dengan kuku rusak. Biayanya aman kok. Kamu bisa melakukan cara merawat kuku agar tidak mudah patah dengan bahan alami di rumah.

  • Olive oil. Tampil menawan dengan kuku terlihat lebih bersinar di Lebaran mendatang dengan perawatan olive oil. Kamu tinggal mengoleskan olive oil secara merata ke seluruh kuku kemudian membilasnya setelah didiamkan selama 15-20 menit. Lakukan hal ini secara rutin setiap 2 hari sekali.

  • Air beras. Manfaatkan air cucian beras untuk memperoleh kuku lebih panjang dan sehat. Nutrisi air beras diyakini membuat kuku lebih kuat. Caranya juga simpel. Cukup rendam kuku jari tangan dan kaki ke dalam air bekas cucian beras tadi selama 10 menit.

Nah, jika kamu mengalami tanda-tanda kuku tidak sehat sebaiknya lebih berhati-hati. Amannya tetap perhatikan kesehatan kuku tangan dan kakimu. 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.