Wow! Ini Cara Mengatasi Jerawat Meradang Secara Alami Minim Efek Samping
Skincare

Wow! Ini Cara Mengatasi Jerawat Meradang Secara Alami Minim Efek Samping

Jerawat terjadi karena ada kotoran dan sebum yang tersumbat pada pori-pori kemudian bertemu dengan bakteri penyebab jerawat. Keberadaan jerawat sering menimbulkan rasa tidak nyaman. Terlebih jerawat yang meradang. Adapun cara mengatasi jerawat meradang secara alami lebih direkomendasikan karena lebih minim efek samping dibanding pengobatan modern.

Apakah Marshalova sedang bermasalah dengan jerawat meradang? Sebagai pertolongan pertama kamu bisa menggunakan beberapa bahan yang ada di rumah untuk meredakan peradangan. Apa saja bahan di rumah untuk pertolongan pertama membuat jerawat meradang mereda minim efek samping? Berikut Marsha Beauty rangkumkan untuk kamu.

Cara Mengatasi Jerawat Meradang Secara Alami Minim Efek Samping dengan Bahan Rumahan

Berikut ini adalah cara mengatasi jerawat yang meradang dengan bahan-bahan alami. Sebelum kamu mempraktekannya, pastikan kulitmu bukan termasuk sensitif, atau sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli terkait penggunaan bahan alami berikut ini untuk kulit wajahmu

Mengompres Es Batu

cara mengatasi jerawat meradang secara alami

Jerawat gatal dan meradang dapat kamu redakan pertama-tama dengan mengompres es batu. Es batu mampu memberi sensasi dingin agar gejala kemerahan mereda lalu jerawat kempis.

Ambil es batu secukupnya, bungkus menggunakan kain bersih. Gunakan untuk mengompres jerawat yang sedang meradang, kompres secara lembut tidak perlu menekan kencang agar tidak menimbulkan luka. Diamkan beberapa saat lalu ulangi mengompres hingga didapati gejala kemerahan mereda.

Baca Juga: Awas! Ini Daftar Makanan yang Menyebabkan Jerawat Gatal

Mengoleskan Pasta Gigi

cara mengatasi jerawat meradang secara alami

Bila kamu tidak menemukan es batu, coba cek ke kamar mandi. Kamu bisa meredakan jerawat yang meradang dengan mengoleskan pasta gigi. Manfaat ini didapat dari kandungan silica dalam pasta gigi yang merupakan zat aktif dengan peran mengeringkan jerawat.

Cukup oleskan pasta gigi tipis saja pada jerawat yang meradang. Hindari pasta gigi dengan kandungan mentol karena dapat menyebabkan iritasi atau malah mengundang munculnya jerawat baru. Bahan ini bisa kamu gunakan selama jenis kulitmu bukan kulit sensitif.

Mengaplikasikan Masker Mentimun

cara mengatasi jerawat meradang secara alami

Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi. Kandungan di dalamnya tidak hanya mampu menghindari kulit, tapi juga menutrisi kulit sekaligus. Sayuran dengan bentuk lonjong memanjang ini juga menunjukkan sifat antioksidan yang efektif menangkis kuman penyebab jerawat.

Kamu dapat memanfaatkan mentimun untuk meredakan jerawat merah meradang dan gatal dengan mengaplikasikan langsung atau membuatnya menjadi masker. Iris tipis mentimun lalu tempel pada jerawat yang meradang. Untuk mendapat sensasi dingin simpan mentimun terlebih dulu di dalam lemari pendingin.

Alternatif lainnya kamu juga bisa mengiris tipis mentimun lalu memasukkannya ke dalam cetakan es batu. Tambahkan air lalu biarkan membeku di dalam freezer. Setelah membeku kamu bisa menggunakan es batu dengan irisan mentimun di dalamnya untuk meredakan jerawat yang meradang secara lebih efektif.

Baca Juga: Cara Menggunakan Masker Lidah Buaya Untuk Jerawat, Nyata Manfaatnya

Mengaplikasikan Minyak Kelapa

cara mengatasi jerawat meradang secara alami

Minyak kelapa memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang bagus untuk mengobati jerawat secara alami. Minyak alami ini juga memiliki tekstur yang memungkinkannya mudah meresap masuk ke dalam lapisan kulit. Kandungannya akan bekerja membunuh bakteri penyebab jerawat, meredakan peradangan, hingga merawat jerawat agar mengempis lalu hilang.

Manfaat ini bisa kamu dapatkan cukup dengan membuat masker minyak kelapa. Campur sedikit minyak kelapa dengan jojoba. Aplikasikan masker secara merata di area jerawat yang meradang. Diamkan beberapa menit lalu bilas bersih. Pastikan tidak ada sisa masker menempel di kulit.

Jerawat yang meradang perlu segera diredakan agar lekas mengempis dan hilang. Beberapa bahan yang digunakan sebagai cara meredakan jerawat yang meradang di atas mudah ditemukan di rumah. Coba cara alami terlebih dulu. Adapun jika setelah beberapa hari jerawat meradang tidak kunjung reda segera periksakan ke dokter ahli.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.