Yuk, Kenali Ciri-ciri Kuku yang Sehat Agar Terbebas Dari Penyakit!
Nails

Yuk, Kenali Ciri-ciri Kuku yang Sehat Agar Terbebas Dari Penyakit!

Kuku salah satu bagian tubuh yang lebih cepat kotor karena selalu digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Ukurannya yang cukup kecil, ternyata bisa menjadi indikator kesehatan seseorang. Biasanya ciri-ciri kuku yang sehat dapat ditunjukkan dari warnanya. Marsha Beauty, kira-kira bagaimana tanda kuku yang sehat? Yuk, langsung lihat ulasannya berikut ini.

Mengenali Ciri-Ciri Kuku yang Sehat Agar Terbebas Penyakit Berbahaya

ciri-ciri kuku yang sehat

Kuku menjadi bagian tubuh yang sering kali kurang diperhatikan. Tanpa disadar, ternyata kuku mempunyai ciri-ciri tersendiri yang menandakan kesehatan seseorang. Kuku yang sehat bisa dilihat dari warna, tekstur, dan bentuknya. Biar kamu nggak salah paham, yuk lihat ciri-ciri kuku sehat berikut ini. 

Tekstur Kuku Kuat dan Tidak Mudah Rapuh

Hal pertama yang bisa kamu perhatikan ialah mengenai kekuatan pada kuku tangan maupun kaki. Kuku yang kuat dan tidak mudah patah menandakan kondisinya sehat dan terbebas dari penyakit. Sementara kuku yang rapuh dan pecah bisa disebabkan oleh adanya efek samping obat, kekurangan vitamin (A, B, dan C), prioriasis, hingga penyakit tiroid. 

Warna Kuku Tampak Merah Muda atau Ungu Muda

Ciri kuku sehat juga dapat dilihat melalui warna kukumu. Kamu bisa mencobanya dengan menekan salah satu jari kuku, lalu melihat warna yang tampak pada kukumu. Warna ini dapat menghilang saat kamu melepaskan tekanan pada jarimu. Kamu bisa memperhatikannya dengan melihat warna merah muda atau ungu tua pada jarimu sendiri.

Kuku yang Sehat Ditandai Dengan Permukaan Mulus

Selanjutnya, ciri-ciri kuku bisa kamu perhatikan dengan melihat permukaannya. Adanya garis vertikal pada kuku sebenarnya termasuk hal yang wajar, tetapi jika garis horizontal yang tidak biasa. Artinya, kamu perlu mewaspadainya bisa saja ini menjadi kondisi kukumu kurang sehat. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kurangnya nutrisi, infeksi, hingga reaksi alergi pada obat.

Tidak Mempunyai Warna Biru Pada Kuku

Kuku berwarna kebiruan bisa menjadi pertanda bila tubuh kurang mendapatkan oksigen yang cukup. Penyakit yang bisa dideteksi melalui warna biru pada kuku, yakni penyakit paru-paru, gangguan jantung, infeksi bakteri, hingga efek samping dari obat-obatan yang diminum. Namun, jika kamu nggak mempunyai warna seperti ini pada kukumu. Artinya, kamu sehat dan terbebas dari gejala penyakit. 

Tidak Ada Bekas Gigitan Pada Kuku

Siapa yang masih suka kebiasaan menggigit kuku tangan? Hati-hati, kebiasaan ini bisa berdampak buruk untuk kuku. Selain itu, bentuk kuku bisa menjadi rusak dan berubah menjadi lebih pendek secara permanen. Kebiasaan seperti ini juga dapat membawa kotoran di jari masuk ke dalam tubuh, sehingga menyebabkan cacingan. Maka dari itu, hentikan kebiasaan yang berdampak buruk seperti ini. 

Kuku Tidak Berwarna Hitam

Ciri kuku tidak sehat ditandai dengan warnanya yang hitam. Kondisi ini harus kamu waspadai karena dapat bisa menandakan adanya penyakit kanker kulit. Selain itu, kuku yang menghitam bisa disebabkan oleh gumpalan darah di bawah kulit akibat luka atau cedera. Jika warna hitam muncul pada permukaan dan mengikuti pertumbuhan kuku, bisa jadi ini menjadi pertanda penyakit melanoma atau kanker kulit yang berbahaya.

Tidak Ada Pembengkakan Pada Lipatan Kuku

Kuku yang sehat tidak mengalami gejala pembengkakan ataupun peradangan pada lipatan kuku. Apabila terjadi pembengkakan, bisa saja ini termasuk salah satu tanda kuku tidak sehat. Kuku yang bengkak dan merah dapat terjadi akibat adanya infeksi penyakit lupus. Itulah 7 ciri-ciri kuku yang sehat. Apakah kamu mempunyai kuku yang sehat?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.