4 Panduan Cara Menyimpan Skincare yang Benar Agar Awet dan Tidak Kehilangan Manfaat
Skincare

4 Panduan Cara Menyimpan Skincare yang Benar Agar Awet dan Tidak Kehilangan Manfaat

Skincare bisa memberi banyak manfaat bagi kesehatan kulit milik Marshalova. Namun manfaat dari produk skincare bisa berkurang dan bahkan hilang hanya karena kesalahan dalam cara penyimpanannya. Mengetahui cara menyimpan skincare yang benar bisa sangat berguna bagi kamu yang memiliki koleksi skincare untuk melakukan perawatan kulit.

Mengenal Kebutuhan Penyimpanan Produk Skincare

Produk skincare dibuat dengan menggunakan bahan dan memiliki kandungan yang berbeda–beda. Sifat bahan dan kandungan zat aktif ini akan mempengaruhi kebutuhan cara penyimpanan setiap produk skincare. 

Penyimpanan yang benar akan memastikan skincare memberi manfaat optimal karena tidak mengalami kerusakan yang tidak kamu sadari. Karena alasan inilah cara menyimpan skincare dengan benar merupakan hal penting agar skincare milikmu benar–benar memberi manfaat dan tahan lama.

Baca Juga: Pilihan Produk Skincare untuk Memutihkan Badan secara Cepat dan Alami

Beberapa Metode dan Cara Penyimpanan Skincare yang Benar

Berikut ini beberapa cara menyimpan skincare yang benar yang bisa langsung kamu praktekkan pada koleksi produk–produk skincare milikmu. Simak ulasan lengkap Marsha Beauty di bawah ini:

Disimpan di Dalam Kulkas

cara menyimpan skincare yang benar

Beberapa produk skincare harus atau lebih baik disimpan di dalam kulkas. Lemari pendingin atau kulkas bisa menjadi kebutuhan bagi produk skincare berbahan organik yang tidak memakai bahan pengawet. Tipe skincare ini umumnya memiliki masa kadaluarsa yang cepat jika tidak disimpan di dalam kulkas. 

Beberapa bahan aktif dalam skincare seperti vitamin C dan retinoid juga membutuhkan suhu dingin agar tidak rusak. Karena alasan inilah perhatikan spesifikasi bahan dan anjuran penyimpanan pada setiap produk skincare yang kamu beli dan miliki.

Disimpan pada Suhu Ruangan tanpa Paparan Sinar Matahari

cara menyimpan skincare yang benar

Kebanyakan produk skincare didesain agar dapat disimpan di suhu ruangan. Hal ini akan sangat memudahkan penggunaan karena kamu tidak perlu menyiapkan penyimpanan khusus. Poin penting dari metode  menyimpan skincare yang benar dari kebanyakan produk skincare adalah tidak terpapar sinar matahari secara langsung. 

Paparan sinar matahari yang mengandung sinar UVA dan UVB serta suhu tinggi yang terpancar melalui radiasi bisa sangat merusak produk–produk skincare. Skincare yang terpapar sinar matahari bisa kehilangan manfaatnya karena kandungan zat aktifnya rusak

Baca Juga: 5 Rekomendasi Produk Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah

Hindari Menyimpan di Kamar Mandi

cara menyimpan skincare yang benar

Beberapa produk skincare lebih mudah dan nyaman dipakai di kamar mandi karena langsung diaplikasikan setelah mandi. Akan tetapi kondisi kamar mandi yang cenderung lembab justru bisa membuat produk skincare milikmu cepat rusak. 

Beberapa bahan aktif dalam skincare bisa lebih cepat rusak dan kehilangan manfaat jika terpapar kelembaban berlebih atau terkontaminasi jamur dan bakteri yang hidup ditempat lembab. Skincare berbahan organik dan memiliki kandungan gula, garam serta jenis kosmetik cair sebaiknya tidak disimpan di dalam kamar mandi meski ditempatkan dalam kontainer atau kotak tersendiri.

Jangan Menyimpan Terlalu Lama

cara menyimpan skincare yang benar

Produk skincare tertentu memiliki usia pakai atau jangka waktu efektif yang pendek begitu kemasannya dibuka. Kamu sebaiknya memperhatikan hal kecil ini karena bisa sangat berpengaruh pada efektivitas dan keamanan produk skincare yang kamu pakai. 

Ada anjuran dan tips menyimpan skincare yang benar untuk tidak menyimpan produk skincare yang sudah dibuka melebihi jangka waktu 3 atau 6 bulan. Hal ini berkaitan dengan resiko kontaminasi bakteri, jamur atau mikroorganisme lain yang terjaid ketika produk skincare dibuka dari segel kemasannya.

Itulah 4 cara menyimpan skincare yang benar agar Marshalova perhatikan untuk menghindari kerusakan produk skincare karena salah penyimpanan. Punya kulit sehat dan cantik alami berkat memakai skincare? Pasti bisa asal tahu cara pakai dan cara simpannya Girls!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.