5 Langkah Lip Care Routin untuk Bibir Hitam dan Kering agar Lebih Sehat
Makeup

5 Langkah Lip Care Routin untuk Bibir Hitam dan Kering agar Lebih Sehat

Bibir yang sehat umumnya memiliki warna merah muda atau pink. Namun banyak yang mengalami masalah bibir hitam karena kering dan terpapar sinar matahari secara langsung. Untuk mengatasinya, diperlukan lip care routine untuk bibir hitam dan kering.

Lip care routine merupakan rangkaian perawatan bibir yang dilakukan untuk melembapkan dan menjaga kesehatannya. Perawatan bibir sebenarnya sama pentingnya dengan merawat kulit. Sayangnya, banyak orang yang menganggap remeh hal ini dan mengabaikannya.

Lip Care Routine untuk Bibir Hitam dan Kering

Girls, sebaiknya kamu mulai merawat bibir kamu mulai dari sekarang. Kalau masih bingung tentang bagaimana caranya, sebaiknya simak penjelasan tentang lip care routine yang akan disampaikan di bawah ini.

1. Cleansing

Urutan lip care untuk bibir hitam dan kering diawali dengan tahap cleansing, yaitu membersihkan sisa makeup yang menempel. Sehari-hari, pasti kamu menggunakan lip product seperti lip tint, lipstick, maupun lip cream.

Pastikan produk tersebut kamu bersihkan dari bibir agar tidak meninggalkan residu. Langkah ini wajib dilakukan agar produk lip care lebih mudah menyerap ke lapisan kulit bagian dalam. Untuk membersihkan bibir, kamu bisa memakai cleansing milk atau produk makeup remover lainnya.

Akan lebih baik jika kamu membersihkan sisa makeup di bibir menggunakan lip remover khusus. Hindari penggunaan micellar water karena akan membuat bibir menjadi lebih kering.

2. Eksfoliasi

Sama seperti kulit wajah, bibir juga membutuhkan eksfoliasi. Langkah ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di bibir. Terkadang, sel kulit mati tidak terangkat saat proses cleansing sehingga kamu harus melakukan langkah tambahan.

Salah satu cara paling mudah untuk eksfoliasi bibir adalah scrubbing. Ada banyak sekali produk scrub khusus bibir yang dijual di pasaran. Tidak sulit sama sekali untuk mendapatkannya.

Namun jangan melakukan scrubbing setiap hari, Girls. Lakukan 2-3 kali seminggu sudah cukup untuk menjaga bibir tetap sehat dan tidak ada sel kulit mati menumpuk. Eksfoliasi akan mempermudah produk lip care lainnya untuk meresap.

3. Lip Mask

Gunakan lip mask untuk memberikan nutrisi pada bibir dan menjaganya tetap lembap dalam waktu lama. Lip mask memiliki bahan aktif yang lebih “padat” kalau dibandingkan dengan lip balm.

Kamu bisa menggunakan lip mask saat malam hari sebelum tidur, Girls. Saat malam hari, bibir akan meregenerasi sel kulit sehingga memberikan nutrisi lebih banyak adalah langkah yang tepat.

4. Lip Balm

Menjaga kelembapan bibir adalah hal yang wajib dilakukan. Kamu dapat mengaplikasikan lip balm sebelum memakai lipstik. 

Untuk pagi dan siang hari, sebaiknya gunakan lip balm yang mengandung SPF untuk melindungi bibir dari paparan sinar UV secara langsung. Sinar UV merupakan salah satu penyebab utama bibir menjadi hitam akibat hiperpigmentasi. 

5. Pola Hidup Sehat dan Seimbang

Selain melakukan perawatan menggunakan lip care terbaik, kamu juga harus mengimbangi dengan gaya hidup seimbang. Pasalnya, bibir yang tidak sehat juga bisa disebabkan karena gaya hidup kurang sehat. Mulai dari sekarang, sebaiknya kamu lakukan beberapa langkah berikut ini.

  • Minum air putih dengan takaran yang cukup, minimal 2,5 liter per hari

  • Berhenti merokok dan hindari paparan asap rokok

  • Jangan gunakan ludah untuk membasahi bibir kering karena bisa membuatnya semakin kering

  • Jika ada kulit bibir yang mengelupas, jangan gigit dan kelupas menggunakan tangan karena akan membuatnya terluka

Setelah membaca penjelasannya, sebaiknya segera praktikkan lip care routine untuk bibir hitam dan kering di atas. Pastikan kamu merawat bibir dengan disiplin dan rutin untuk menjaganya tetap sehat dan memiliki warna yang cerah seperti seharusnya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.