6 Cara Mencegah Jerawat Muncul di Wajah Secara Alami
Skincare

6 Cara Mencegah Jerawat Muncul di Wajah Secara Alami

Beberapa cara mencegah jerawat muncul berikut ini harus kamu terapkan agar wajah terhindar dari jerawat yang sangat mengganggu. Jerawat adalah salah satu masalah yang sering muncul di wajah, leher, bagian atas dada, maupun punggung, baik pada laki-laki maupun perempuan.

Jerawat bisa muncul di wajah bagian dahi, pipi, maupun dagu. Keberadaannya kadang mengganggu karena bisa menurunkan kepercayaan diri bagi sebagian orang. Terlebih jika jumlahnya banyak dan tersebar di wajah. Belum lagi jerawat yang terasa sakit saat tak sengaja tersentuh. Hal tersebut tentu sangat mengganggu dan ingin segera menghilangkannya.

Cara Mencegah Jerawat Muncul Secara Alami

Umumnya jerawat disebabkan dengan produksi minyak atau sebum yang berlebihan sehingga bisa menyumbat pori-pori kulit. Pada setiap pori-pori terdapat folikel atau tempat tumbuhnya rambut, jika folikel tersebut tersumbat oleh minyak yang berlebih dan sel kulit mati maka muncullah jerawat.

Umumnya jerawat muncul dengan benjolan berwarna kemerahan atau kuning karena mengandung nanah. Kemudian akan muncul sensasi panas atau terbakar saat adanya peradangan. Selain produksi sebum berlebih dan folikel yang tersumbat masih ada banyak hal yang bisa menyebabkan jerawat.

Misalnya yaitu stres, penggunaan kosmetik yang tidak cocok, faktor genetik, hormon, dan lain sebagainya. Jerawat biasanya muncul tiba-tiba tanpa kita sadari penyebabnya. Karena itu sebaiknya kamu harus melakukan berbagai pencegahan jerawat agar ia tidak muncul.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara mencegah munculnya jerawat yang bisa lakukan:

1. Rutin Cuci Muka Dua Kali Sehari

Cara agar tidak jerawatan pria maupun wanita yang paling pertama yaitu harus rajin mencuci muka dua kali sehari menggunakan pembersih wajah ringan. Mencuci muka akan menghilangkan kotoran dan minyak berlebih di wajah yang bisa memicu munculnya jerawat. Namun ingat, jangan terlalu sering mencuci wajah karena bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan memperburuk jerawat.

Baca Juga: Apakah Serum Bisa Menghilangkan Jerawat? Intip Penjelasannya di Sini!

2. Kurangi Makanan yang Bisa Memicu Jerawat

Menurut beberapa riset terdapat beberapa makanan yang bisa memicu jerawat bagi seseorang. Makanan tersebut merupakan makanan manis dan tinggi karbohidrat seperti roti, cake, pai, dan susu skim. Kamu bisa mengurangi mengkonsumsi makanan tersebut.

3. Jaga Kebersihan Rambut

Rambut juga bisa menyebabkan jerawat karena kotoran serta minyaknya yang mengalir ke kulit wajah maupun dahi. Karena itu kamu juga harus menjaga kebersihan rambut dengan mencucinya secara rutin. Selain itu, jangan biarkan rambut jatuh di wajah apalagi saat berkeringat.

4. Kelola Stress

Stres juga bisa menjadi penyebab jerawat di pipi serta bisa memperburuk kondisinya. Jadi sebaiknya kamu harus mengurangi stres untuk mencegah munculnya jerawat. Banyak cara yang bisa kamu coba misalnya yaitu bermeditasi, olahraga, yoga, bersantai sebelum tidur, mendengarkan lagu yang disuka, dan lain sebagainya.

5. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor atau tanpa mencuci tangan terlebih dahulu bisa memindahkan kotoran dan bakteri di tangan berpindah ke wajah. Akhirnya bakteri dan kotoran tersebut pun menyebabkan jerawat, karena itu sebisa mungkin hindari menyentuh wajah.

Baca Juga: Apakah Madu dapat Menyembuhkan Jerawat Lebih Cepat? Ini jawabannya!

6. Gunakan Skincare yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Salah menggunakan skincare juga bisa menyebabkan munculnya jerawat. Karena itu kamu harus memilih skincare yang benar-benar cocok dan sesuai dengan kebutuhan kulit. Selain itu sebaiknya kamu juga memilih skincare yang tidak menyumbat pori dan tidak berbahan dasar minyak.

Itulah beberapa cara mencegah timbulnya jerawat secara alami. Cara tersebut tentunya cukup mudah untuk dilakukan sehari-hari, karena itu jangan sampai kamu melewatkannya demi melindungi wajah dari jerawat.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.