Apakah Oxybenzone dalam Sunscreen Itu Berbahaya? Ini Penjelasannya!
Skincare

Apakah Oxybenzone dalam Sunscreen Itu Berbahaya? Ini Penjelasannya!

Apakah oxybenzone dalam sunscreen itu berbahaya? Menjadi sebuah pertanyaan yang besar. Apalagi sunscreen merupakan salah satu produk skincare yang tidak boleh dilewatkan penggunaannya. Sehingga bisa dikatakan sunscreen merupakan produk yang dapat memberikan perlindungan terhadap paparan sinar matahari.

Oxybenzone merupakan salah satu kandungan yang terdapat dalam chemical sunscreen. Kandungan tersebut juga termasuk dalam turunan benzophenone. Senyawa yang mempunyai beberapa potensi bahaya untuk kesehatan. Salah satunya adalah mengganggu sistem endokrin. Sebenarnya oxybenzone itu senyawa organik. Tidak hanya terdapat dalam sunscreen saja. Tetapi kita bisa menemukan kandungan ini dalam mainan, tanaman dan plastik.

Sebenarnya senyawa tersebut merupakan salah satu penyaring sinar ultraviolet organik. Sehingga tidak heran apabila terdapat dalam kandungan sunscreen atau produk tabir surya selain homosalate serta octocrylene. Peranan senyawa ini nantinya akan menjadi tabir surya dengan cara menyerap radiasi sinar UV. Selama proses tersebut akan terjadi reaksi kimia yang dapat mengubah sinar UV matahari alkuna menjadi panas dan kemudian dilepaskan dari kulit.

Baca juga: Rekomendasi Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Sensitif dan Bebas Iritasi

Apakah Oxybenzone dalam Sunscreen Itu Berbahaya? Simak

Karena penggunaan sunscreen untuk melengkapi penggunaan skincare sehari-hari adalah hal yang tidak boleh dilewatkan, maka tidak heran apabila banyak orang yang bertanya mengenai kandungan oxybenzone yang terdapat dalam produk tersebut. 

Tidak sedikit dari kita menggunakan sunscreen setiap hari, bahkan mengaplikasikannya berkali-kali. Apakah Marshalova juga demikian? Menggunakan sunscreen bertujuan untuk melindungi kulit kita, namun sebelumnya kita juga harus mengetahui kandungan apa saja yang terdapat dalam sunscreen tersebut.

Mengenai aman atau tidaknya, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa senyawa Oxybenzone yang terdapat dalam sunscreen itu dapat berpotensi merusak kesehatan. Sebenarnya senyawa tersebut juga berpotensi dapat mengganggu fungsi hormon. Dianggap dapat mengganggu sistem endokrin yang mengatur proses biologis penting dalam tubuh. Seperti halnya pertumbuhan serta perkembangan organisme, fungsi serta reproduksi seksual, fungsi tiroid dan metabolisme.

Dampak

Ketahuilah bahwa penggunaan senyawa oxybenzone yang terdapat dalam sunscreen pada akhirnya akan menjadi penyebab reaksi alergi, membahayakan anak-anak, serta dapat mengganggu sistem endokrin. Dengan demikian itu Jawaban dari pertanyaan apakah oxybenzone dalam sunscreen itu berbahaya? Jawabannya adalah berbahaya. Pasalnya dapat menjadi penyebab munculnya reaksi alergi dalam tubuh.

Untuk itu kita harus benar-benar memperhatikan kandungan yang terdapat dalam produk sunscreen. Jangan sampai tujuan kita untuk memberikan perlindungan lebih tetapi karena tidak memperhatikan kandungannya apa saja. Justru malah merugikan diri sendiri. Dalam membeli produk skincare kita juga tidak boleh sembarangan. Baca terlebih dahulu komposisinya.

Penggunaan senyawa organik ini secara terus menerus akan menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif. Jika kamu mengalaminya Segera hentikan penggunaan produk sunscreen yang mengandung oxybenzone. Bilaslah kulit menggunakan air yang banyak. Apabila gejala tersebut tidak kunjung berkurang maka segera Pergilah ke dokter untuk mengkonsultasikannya. Biasanya kulit yang terkena dampak penggunaan senyawa oxybenzone yang terdapat dalam sunscreen dengan jangka waktu yang lama itu akan menyebabkan gatal ataupun bengkak, kamu juga akan merasa kesulitan bernafas serta merasa pusing.

Baca Juga: Suncreen Yang Mengandung Niacinamide Ampuh Untuk Mencerahkan Kulit

Kandungan Tabir Surya Berbahaya

Sebenarnya bukan hanya senyawa oxybenzone saja yang menjadi kandungan berbahaya. Terdapat kandungan lain selain Oxybenzone yakni Octinoxate. Kandungan ini berpotensi mempengaruhi hormon pada sistem metabolisme juga tiroid. Selain itu juga sinyalan androgen dan progesteron. Ketahuilah bahwa kandungan ini juga dianggap berbahaya untuk kehidupan dalam air.

Ada juga homosalate yang bisa menembus kulit serta berpotensi mengganggu hormon. Kandungan homosalate ini juga dapat menghasilkan produk sampingan beracun dari waktu ke waktu. Selain oksibenzon ada juga avobenzone yang juga berpotensi menyebabkan reaksi alergi. Senyawa ini juga dapat memblokir efek hormon testosteron. Dengan demikian itu pada intinya penggunaan produk skincare apapun termasuk sunscreen perhatikan terlebih dahulu kandungan komposisi yang terdapat di dalamnya. Hal ini juga bertujuan Anda dapat menjawab pertanyaan apakah oxybenzone dalam sunscreen itu berbahaya?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.