Cara Menghilangkan Bekas Luka Tanpa Efek Samping Lakukan 5 Hal Ini!
Body

Cara Menghilangkan Bekas Luka Tanpa Efek Samping Lakukan 5 Hal Ini!

Ada beberapa cara menghilangkan bekas luka secara alami yang praktis dan mudah. Selain bisa dilakukan sendiri di rumah, cara juga lebih efisien.

Cara menghilangkan bekas luka tidak melulu harus berkunjung ke dokter spesialis kulit. Girl bisa kok memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar.

5 Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami

Bekas luka akan menciptakan view yang enggak banget untuk dilihat. Tak heran jika kamu risih dengan keberadaannya. Meskipun bisa menghilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, namun ada juga bekas luka yang tak kunjung hilang.

Bekas luka yang terdapat di bagian tubuh yang mudah terlihat tentu akan sangat mengganggu. Tak jarang kamu mencari seribu satu cara demi menutupinya. Daripada menutupinya, lebih baik kamu mencoba menghilangkannya dengan cara alami. Berikut adalah beberapa cara alami yang akan membantu menyamarkan bekas luka tersebut.

Buah Mentimun

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Bekas luka menghitam pasti nggak oke banget dan buat kamu malu. Kamu bisa mengandalkan mentimun sebagai cara menghilangkan bekas luka yang menghitam.

Vitamin dan mineral penting yang dikandungnya efektif menghilangkan bekas luka pada jenis kulit sensitif. Ini karena sifat bahannya tanpa menimbulkan efek iritasi kulit.

Jika ingin kulit wajah lebih kenyal dan cerah, tempelkan timun yang telah diiris-iris tipis langsung ke wajah. Tempel ke seluruh area wajah dan diamkan selama 30 menit. Bilas wajah dengan air bersih.

Baca juga:Cara Menghilangkan Leher Hitam dengan Mudah

Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi. Selain mengurangi iritasi kulit, lidah buaya juga berperan mengangkat sel-sel kulit mati pada bekas luka. 

Zat aktifnya juga dapat membantu mengurangi efek peradangan, memperbaiki struktur kulit yang rusak, sekaligus regenerasinya. Caranya simpel dan mudah. Cukup mengoleskan gel lidah buaya ke bekas luka secara menyeluruh. Diamkan luka selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air bersih. Supaya hasil yang diperoleh lebih optimal, lakukan cara ini 2 kali sehari pada pagi dan malam hari. 

Kentang

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Masih saja bingung cara cepat apa yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan  bekas luka melepuh? Tanpa salep luka bakar, kamu bisa menggunakan kentang untuk mengatasinya. 

Zat aktifnya ampuh mengeluarkan panas yang berasal dari tubuh. Inilah mengapa kentang tepat dipilih untuk mengatasi luka bakar yang kamu alami. 

Cara mudahnya adalah rebus 1 buah kentang yang telah dicuci bersih. Kupas kentang, kemudian bagilah menjadi 2 bagian. Selanjutnya, gosok kentang ke area bekas luka bakar. Pijat lembut kulit selama 5-10 menit sebelum membersihkannya.

Baca juga:Cara Merawat Kulit Kaki Mengelupas, Selalu Tampil Mulus Bersih

Tomat

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Buah berwarna merah dan kaya akan vitamin ini berkhasiat menyejukkan kulit. Kombinasi vitamin A, C, E, dan K akan membantu proses penyembuhan luka sekaligus mencerahkan kulit pada area bekas luka. 

Panduan menggunakannya adalah campur 1 sdm tomat, 1 sdm yogurt, dan 1 sdm putih telur. Pastikan Anda mencampurnya dengan rata hingga tekstur berubah menjadi pasta halus. Selanjutnya, sapukan ke area luka dan diamkan selama 15 menit sebelum membilasnya. Lakukan perawatan ini 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Manfaatkan Minyak Esensial

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Bahan alami seperti minyak esensial lavender dan zaitun juga bisa diandalkan untuk menghilangkan bekas luka. Penggunaannya juga simpel. Cukup mencampur 1 sdm minyak lavender dan zaitun kemudian oleskan ke area bekas luka. Pijat kulit dengan lembut selama 5 menit.

Bilas dengan air panas setelah mendiamkannya selama 30 menit. Rutin gunakan cara ini setidaknya 3 kali sehari.

Cara menghilangkan bekas luka menggunakan bahan alami memang tidak langsung terlihat hasilnya. Kamu harus sedikit lebih bersabar. Hal penting untuk diingat bahwa bahan alami yang kamu gunakan tersebut tanpa efek samping.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.