Cara Mengusir Rasa Ngantuk Paling Efektif Saat Sedang Kerja, Yuk Cek Solusinya Ini
Lifestyle

Cara Mengusir Rasa Ngantuk Paling Efektif Saat Sedang Kerja, Yuk Cek Solusinya Ini

Tidur adalah obat yang sangat baik untuk tubuh, dan berbagai penelitian menunjukkan bahwa tidur yang cukup memiliki banyak manfaat yang signifikan, termasuk dalam mengembangkan gaya hidup sehat. Tapi kalau tidur saat jam kerja, pasti tidak mungkin bukan? Bagaimana cara mengusir rasa ngantuk saat kerja?

Kantuk di tempat kerja, bagaimanapun solusinya bukanlah dengan tidur karena produktivitas bisa menurun. Jadi sangat penting untuk bekerja dengan baik dan mengusir rasa ngantuk yang ada supaya tidak menghilangkan produktivitas di tempat kerjamu.

Cara Mengusir Rasa Ngantuk Paling Efektif

Sebagai orang dewasa, wajar untuk tidur setidaknya delapan jam setiap malam. Sayangnya, tidak semua orang bisa tidur dengan waktu yang cukup 8 jam sehari. Nah, hal itu bisa berefek pada siang harinya yang mungkin membuatmu jadi sering mengantuk.

Inilah hal-hal yang bisa kamu lakukan ketika sedang ngantuk berat:

1. Mengunyah Makanan Ringan

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengunyah sesuatu dapat membantu kamu tetap terjaga dan tidak mengantuk lagi. Mengunyah membuat darah mengalir dan mengirimkan lebih banyak oksigen ke otak, membuatmu lebih fokus.

Mengunyah makanan juga membantu meningkatkan fokus dan tingkat kewaspadaanmu untuk tetap mengerjakan tugas lebih lama dan menjadi produktif sepanjang hari.

2. Lakukan Sedikit Peregangan

Cara menghilangkan rasa ngantuk berat selanjutnya adalah dengan melakukan peregangan dan gerakan saat berada di tempat kerja. Berjalan kaki misalnya, dapat memberikan manfaat fisik seperti peningkatan detak jantung dan pernapasan dalam serta membantu mengalirkan kreativitas.

Jika memungkinkan, cobalah berjalan kaki setiap hari di jam kerja agar dapat memperoleh manfaat pada kesehatan fisik dan mental. Kalau jalan kaki 30 menit terlalu lama, maka kamu bisa membaginya menjadi sesi-sesi seperti sebelum dan sesudah makan siang.

3. Menghirup Udara Segar

Menghirup udara segar dapat meningkatkan suasana hati dan energi. Udara segar, sinar matahari, dan perubahan pemandangan di luar kantor dapat memberikan stimulus yang bagus dalam meningkatkan energi dan menghilangkan kantuk.

Setidaknya, kamu bisa pergi ke luar kantor dan menghirup udara segar meskipun hanya beberapa menit setiap kali. Jika memungkinkan, berjalanlah selama 10 menit selama jam makan siang karena itu adalah waktu yang cukup untuk refresh pikiran.

4. Minum Air yang Cukup

Cara menghilangkan rasa ngantuk saat bekerja selanjutnya adalah dengan minum air yang cukup. Air adalah salah satu bagian dari menjaga gaya hidup sehat dan jangan sampai diabaikan. Minum air putih juga salah satu hal paling sederhana untuk meningkatkan energi di tempat kerja.

Pastikan kamu minum air secara berkala sepanjang hari karena hal itu akan membantu kamu tetap terhidrasi. Coba bawa botol air isi ulang di kantor yang bisa diisi sesuai kebutuhan. Kebanyakan dokter menyarankan minum setidaknya delapan gelas per hari dan lebih banyak lagi jika memungkinkan!

5. Cuci Muka

Cuci muka atau memercikkan air adalah metode klasik namun terbilang efektif untuk menghilangkan kantuk dengan cepat saat jam kerja. Percikan air akan dengan mudah membuat kamu segar kembali daripada mengonsumsi minuman berkafein apa pun, dan cara ini lebih aman digunakan di tempat kerja.

Cobalah pergi ke kamar mandi lalu percikkan ke wajah. Jangan malu untuk memercikkan banyak air di dalam dan di sekitar mata untuk berikan efek maksimal.

Dengan menerapkan cara mengusir rasa ngantuk di tempat kerja ini, maka kamu bisa jadi lebih produktif dalam bekerja. Sangat penting untuk mencoba trik-trik di atas setiap kali kantung menyerangmu.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.