Hal-hal yang Perlu Dipahami Seputar Kulit Kepala Berkerak dan Mengelupas
Hair

Hal-hal yang Perlu Dipahami Seputar Kulit Kepala Berkerak dan Mengelupas

Menjaga kesehatan kulit utamanya pada wajah dan tubuh saat ini sangat mudah dilakukan, banyak produk-produk skincare dan bodycare bermunculan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Namun, kebanyakan orang masih belum menyadari bahwa menjaga kulit kepala juga sama pentingnya, karena jika tidak dijaga dengan baik akan menimbulkan permasalahan salah satunya adalah kulit kepala berkerak dan terkelupas.

Mengapa Kulit Kepala Bisa Berkerak dan Terkelupas? 

Kulit kepala yang tidak dirawat dengan baik pastinya akan timbul permasalahan contohnya masalah kulit kepala berkerak dan mengelupas. Kondisi ini bisa disebabkan oleh terlalu sering keramas. Keramas memang sangat baik untuk menjaga rambut tetap sehat dan bersih, tapi jika terlalu sering akan membuat kulit kepala kering yang menyebabkan timbulnya permasalahan kulit kepala ini.

Selain itu, masalah kulit kepala berkerak dan mengelupas juga dapat disebabkan oleh kurang bersih saat membilas rambut setelah keramas dan juga bisa terjadi karena salah menggunakan produk perawatan rambut yang menimbulkan iritasi dan efek lainnya dapat membuat kulit kepala menjadi kering sehingga muncul kerak atau kulit kepala yang terkelupas. Jadi, penting untuk memperhatikan jenis produk perawatan rambut yang sesuai dengan kondisi kulit kepala.

Baca Juga: Kulit Kepala Berkerak, Kenapa dan Harus Apa?

Cara Mengatasi Kulit Kepala Berkerak dan Mengelupas yang Paling Worth It!

Kulit kepala yang berkerak dan mengelupas tentunya akan membuatmu menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang sangat mudah untuk dilakukan dan pastinya akan membuat kulit kepala menjadi lebih bersih dan sehat. Berikut ini Marsha Beauty akan memberikan tips dan cara mengatasi kulit kepala mengelupas dan berkerak.

Menggunakan Conditioner yang Melembabkan Kulit Kepala

Kulit kepala berkerak dan mengelupas

Cara mengatasi kulit kepala mengelupas dan berkerak adalah dengan menggunakan conditioner yang aman dan mampu melembabkan kulit kepala. Hal ini sangat penting, mengingat salah satu penyebab kulit kepala yang berkerak dan mengelupas karena kulit kering, sehingga penggunaan conditioner jenis ini mampu mengatasi hal tersebut. Namun, perhatikan apakah bahan-bahan dari conditioner tersebut apakah mengandung bahan-bahan yang bisa menimbulkan alergi atau tidak.

Menggunakan Minyak Rambut

Kulit kepala berkerak dan mengelupas

Selain menggunakan conditioner, kamu juga bisa menggunakan minyak rambut untuk mengatasi kulit kepala kering. Produk minyak rambut sangat mudah ditemui di pasaran dengan harga bervariasi, tapi kamu juga bisa membuat minyak rambut sendiri, caranya dengan mencampurkan kelapa, almond, dan zaitun ke dalam campuran minyak esensial dari lavender ataupun pohon teh. Kamu juga bisa menggunakan gel lidah buaya untuk menjaga kelembaban kulit kepala.

Rutin Mengonsumsi Air Mineral

Kulit kepala berkerak dan mengelupas

Tak hanya baik untuk tubuh maupun kulit wajah saja, mengonsumsi air mineral secara rutin juga akan membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan menghindarkan dari permasalahan kulit kepala kering yang menjadi penyebab utama munculnya masalah kulit kepala berkerak dan mengelupas. Pastikan untuk mengkonsumsi minimal 6-8 gelas air mineral setiap harinya. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Ketombe Berkerak di Kepala. Beneran Ampuh!

Memijat Kulit Kepala Saat Keramas

Kulit kepala berkerak dan mengelupas

Cara mengatasi kulit kepala berkerak dan mengelupas yang dinilai cukup mudah dan tetap worth it adalah dengan memijat kulit kepala saat keramas. Hal ini karena dengan melakukan pemijatan pada kulit kepala dianggap mampu meningkatkan jumlah kadar minyak alami dan juga membantu merangsang foliker rambut. Cara memijatnya juga cukup mudah, yaitu dengan menggunakan ujung jari dengan gerakan melingkar.

Itu dia hal-hal yang perlu dipahami mengenai kulit kepala berkerak dan mengelupas mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya yang cukup mudah. Jika cara-cara tersebut masih belum berhasil, pastikan untuk berkonsultasi ke dokter agar segera mendapat penanganan lebih baik.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.