Inilah Penyebab Kulit Kepala Gatal, Sekaligus Cara Cepat dan Mudah Mengatasinya!
Hair

Inilah Penyebab Kulit Kepala Gatal, Sekaligus Cara Cepat dan Mudah Mengatasinya!

Kulit kepala gatal rasanya memang enggak enak, biasanya disertai rambut yang lepek, bau yang enggak enak, hingga kepercayaan diri yang menurun. Kulit kepala sendiri menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri penyebab gatal berkembang biak di sana. Penyebab kulit kepala gatal pun bermacam-macam dan ironisnya enggak memandang usia dan gender, siapa saja bisa merasakan enggak nyaman pada kulit kepala ini. 

Beberapa jenis dan faktor kulit kepala gatal sebenarnya bisa disembuhkan sendiri dengan produk dan perawatan di rumah. Namun, kalau sudah mencapai tanda-tanda tertentu, mungkin saja kamu memerlukan pengobatan di dokter spesialis kulit. 

Yuk, coba deh kita cek apa saja jenis gatal pada kulit kepala, apa saja penyebabnya, bagaimana cara mengatasi gatal di kulit kepala, hingga perawatan dan produk apa saja yang bisa digunakan.

Jenis-jenis Gatal pada Kulit Kepala 

Sebelum membahas penyebab kulit kepala gatal, cari tau dulu yuk jenis-jenis gatal yang sering timbul pada kulit kepala berikut ini:

Genetik bawaan gatal pada kulit kepala

Mendapatkan sifat turunan yang baik dan menguntungkan rasanya bahagia banget ya? Tapi, mungkin saja kamu terwarisi genetik yang kurang mengenakan pada dirimu, salah satunya di bagian kulit kepala. Beberapa orang memiliki gen bawaan kulit berminyak sehingga kondisi kepalanya mudah gatal, mengeluarkan bau enggak sedap, hingga ketombe yang berkerak. 

Memiliki penyakit yang membuat gatal pada kulit kepala

Beberapa orang memiliki penyakit kulit kepala gatal dan luka disertai rasa panas yang enggak wajar. Pada penyakit yang menyebabkan gatal ini, ada baiknya kamu konsultasikan pada dokter ya, selain agar gatalmu dapat diatasi juga supaya area gatalnya enggak melebar ke seluruh permukaan kulit kepala. 

Psoriasis pada Kulit Kepala

Psoriasis merupakan penyakit radang kulit kepala. Meskipun psoriasis juga bisa terjadi di bagian lutut, siku, dan punggung, tapi tentu daerah kepala lah yang paling terasa gatal mengganggu. Psoriasis pada kulit kepala akan semakin terasa panas dan nyeri karena bagian kulit kepala yang terjangkit penyakit ini akan bertumpukan dengan akar rambut, tercampur minyak alami kulit, hingga menciptakan ruam merah, kulit yang kering, menebal, bersisik, serta terkelupas. 

Penyebab dan Gejala Psoriasis 

Penyakit ini enggak menular, sehingga saat merawat, membersihkan, atau menyentuh area ruam ini enggak menyebabkan orang lain ikut tertular. Psoriasis datang tanpa memandang usia, tapi biasanya terjadi pada orang dengan usia produktif yaitu 15-35 tahun. 

Dokter biasanya sudah mengetahui bentuk dan tekstur kulit yang memiliki psoriasis. Apabila ternyata ada penyakit lain, biasanya mereka akan mengambil sampel kulitnya untuk menentukan diagnosanya. Jika betul ruam tersebut adalah psoriasis, maka nantinya dokter akan memberikan obat oles, krim urea untuk melembabkan kulit, obat tablet, obat suntik, hingga perawatan sinar ultraviolet. 

Kalau kamu bertanya-tanya apa penyebab penyakit gatal yang mengganggu ini, sebenarnya belum ada jawaban pasti. Namun, para dokter menduga psoriasis ini terjadi akibat imun yang terganggu, cuaca yang ekstrim berubah jadi dingin, stres, infeksi tenggorokan, hingga bawaan faktor genetik.

Psoriasis biasanya memiliki gejala ruam gatalnya timbul-hilang-timbul kembali dalam beberapa minggu. Kamu harus memastikannya sendiri dan melakukan tindakan apalagi ruam gatal ini sudah berubah menjadi nyeri dan mengganggu aktivitas sehari-harimu, ya Girls. 

Dermatitis Seboroik atau Cradle Cap pada Kulit Kepala 

Dermatitis Seboroik merupakan ketombe yang disebabkan jamur Malassezia yang tumbuh akibat minyak yang berlebihan di permukaan kulit kepala. Biasanya, dermatitis seboroik terjadi pada bayi yang baru lahir karena sistem kekebalan tubuh yang masih dalam tahap penyesuaian. Umumnya, kulit kepala bayi akan berwarna kuning dan sangat berminyak.

Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Cara Mengatasinya 

Penyebab terjadinya penyakit ini karena bentuk respon abnormal dari imunitas tubuh yang terganggu. Itulah kenapa, pada penderita autoimun atau HIV, mungkin saja rentan pada penyakit ini. Namun, biasanya penyakit ini enggak menyebabkan masalah atau penyakit yang lebih dalam lagi karena akan hilang dengan seiring menguatnya imun pada tubuh penderita. Dalam perawatan mandirinya, kamu bisa menggunakan shampoo dan krim khusus dermatitis.

Berikut ini adalah berbagai macam kesalahan dalam merawat kulit kepala yang mungkin secara tidak sadar sering kamu lakukan, padahal kebiasaan tersebut bisa menyebabkan gatal. Apa saja itu?

  1. Nggak perhatiin shampoo yang dipakai

Hayo, siapa yang masih bangga dengan mengatakan “aku sih nggak ribet kalau pakai shampoo bisa asal pakai apapun produknya, dan bebas ganti-ganti tiap habis produknya” Wah, kayaknya kalau kamu golongan orang yang begini harus cepat-cepat tobat deh, Girls. 

Menggunakan shampoo yang nggak sesuai dengan jenis rambut dan masalahnya justru akan menyebabkan masalah baru pada kulit kepala, salah satunya ketombe. Selain itu, kerontokan dan rambut kering juga bisa menghampirimu kalau kamu enggak serius memilih shampoo sesuai dengan jenis rambutmu. 

  1. Kurang bersih dalam membilas 

Kalau kamu tim mandi koboy alias mandi dengan cepat, duh hati-hati deh. Membilas busa dan sisa shampoo dengan asal-asalan, produk shampoo yang kamu gunakan akan bertahan di kepala dan menjadi sumber ketombe lagi. Mereka akan membentuk build up atau tumpukan sisa produk keramas hingga mengering dan bergabung dengan minyak kepala menjadi ketombe kerak. 

  1. Produk shampoo terlalu sedikit atau terlalu banyak

Jika kamu menggunakan produk shampoo yang terlalu sedikit, nantinya akan membuat bagian dalam rambutmu belum terjamah oleh busa pada shampoo. Tentunya bikin rambut jadi nggak bersih sempurna. Namun, kalau penggunaan produk shampoo-nya juga terlalu banyak, nantinya shampoo ini bisa membuat build up atau tumpukan sisa produk di kulit kepala. 

  1. Malas keramas dan sisiran. 

Nah loh, siapa yang masih malas dalam membersihkan rambut sendiri? Duh, jangan sampai deh! Rambut yang jadi mahkota wanita ini harus dibersihkan minimal dua kali seminggu atau maksimal 2 hari satu kali ya, Girls. Jangan menunggu gatal karena minyak di kepala sudah penuh, atau juga jangan terlalu sering keramas. Kita harus memastikan kulit kepala selalu lembab secara alami. 

Sementara itu, ketika sisiran kita akan mendistribusikan minyak alami rambut ke batang rambut hingga nggak ada penumpukan minyak di satu titik akar rambut. Minyak alami ini bagus kok sebenarnya, karena bikin rambut kita jadi kuat dan sehat dengan kandungan alami hasil produksi kulit sendiri. 

Apa yang terjadi saat kulit kepala gatal 

Sebenarnya apa sih yang terjadi saat kulit kepala terasa gatal? Mungkin kamu merasakan salah satu atau beberapa hal berikut ini.

Rambut bau dan lepek

Rambut yang gatal, bau, serta lepek tentu menandakan kalau mereka sedang enggak ‘fit’. Biasanya penyebab bau enggak sedap pada rambut karena infeksi bakteri, jamur, minyak berlebih pada kulit kepala, hingga hormon yang enggak seimbang. 

Aroma yang enggak sedap ini bisa kamu hilangkan dengan penggunaan vitamin rambut. Kandungan minyak dari vitamin rambut ini menaikan volume rambut dan memberikan efek wangi natural lembut. Jika kamu masih membutuhkan wangi yang ekstra pada rambut, kamu bisa menggunakan hair fragrance yang bisa kamu semprotkan kapanpun ke area atas kepalamu. 

Munculnya Ketombe

Ketombe merupakan kondisi kulit kepala yang mengalami pertumbuhan jamur dengan banyak dan cepat, sehingga meninggalkan serpihan kulit kepala berwarna putih yang biasa kita sebut ketombe.

Masalah ketombe ini emang nggak ada obatnya, tapi dengan rajin keramas menggunakan shampoo yang sesuai, kamu bisa menekan pertumbuhan jamur tersebut. Sebaliknya, ketombemu jadi menebal, menyebar, dan menimbulkan gatal parah kalau kamu malas keramas. 

Luka dan berdarah

Rasa gatal yang tak tertahankan emang bikin jadi pusing dan secara reflek bikin kita menggaruk-garuknya hingga berdarah. Cobalah untuk keramas menggunakan shampoo khusus ketombe dan jangan pernah menggaruk kulit kepalamu. Cuci rambutmu dengan rutin dan bilas hingga benar-benar bersih untuk menghindari penumpukan minyak yang akan menjadi sumber ketombe yang baru.

Beberapa hal juga perlu kamu perhatikan nih, Girls. Misalnya, mencuci sprei, topi, dan hijab dengan rutin, mengikat rambut dengan baik, serta rutin melakukan perawatan rambut lainnya. Kamu juga perlu menghindari pemakaian penutup kepala yang ketat dan terlalu lama membiarkan kulit kepala berkeringat dengan tertutup. 

Kutu dan telurnya

Jawaban terakhir tentang apa yang terjadi jika kulit kepalamu gatal, mungkin saja di atas kepalamu ada sebuah koloni parasit alias kutu! Kutu rambut sendiri berkembang biak dengan sangat cepat. Jadi, kalau kamu enggak cepat-cepat membasminya, kutu-kutu tersebut akan terus bertelur dan menggigiti kulit kepalamu untuk mendapatkan darahmu. Hiiih

Penyebab satu-satunya kutu rambut bisa hadir di atas kepalamu adalah karena kamu baru saja tertular oleh seseorang. Satu kutu atau telurnya saja menempel pada rambutmu, enggak butuh waktu sampai tiga hari, untuk kutu-kutu tersebut berkembang biak dan menjadi sangat gatal! Jadi, coba deh perhatikan penggunaan sisir, topi, hijab, sprei, dan handuk. Usahakan barang pribadi itu enggak berbagi dengan siapapun ya! 

Jenis produk dan rekomendasinya untuk mengatasi gatal pada kulit kepala

Nah, kalau sudah mengetahui penyebab gatal pada kulit kepalamu, sekarang waktunya menentukan produk yang cocok untuk menghilangkan gatal tersebut.

Shampoo khusus anti ketombe

  1. Head and Shoulders Cool Menthol

Kalau kamu sudah kenal dan menggunakan shampoo ini, berarti kamu sudah fokus untuk merawat rambutmu dari rasa gatal yang ada. Head and Shoulders punya klaim kalau produk ini bisa membasmi gatal dan menghilangkan ketombe lebih baik dari shampoo anti-ketombe lainnya. Head and Shoulders juga memberikan sensasi kulit kepala sejuk segar, di semua variannya.

Kabarnya, anak brand PnG ini memiliki banyak varian terbaru dengan formulasi double untuk mengatasi masalah selain gatal pada kulit kepala. Jadi, kalau kamu memiliki permasalahan rambut lainnya selain ketombe, kamu bisa banget nih cobain produk-produk shampoo dari Head and Shoulders!

  1. Azalea Shampoo Citrus Extract Anti Ketombe

Kandungan citrus dalam Azalea Shampoo Citrus Extract Anti Ketombe bikin kulit kepala segar banget rasanya! Selain itu, formula alaminya juga bikin rambut jadi sehat dan enggak gampang rapuh. Kandungan berbahaya seperti SLS atau bahan berbahaya lainnnya enggak ada sedikitpun di shampoo ini. Kamu bisa melihatnya dari busa yang dihasilkan enggak banyak, jadi aman banget deh dipakai sehari-hari!

Masker rambut anti ketombe 

  1. Masker Matrix Biolage Scalppure

Kalau kamu memilih treatment anti ketombe di salon, banyak salon besar yang menggunakan masker Matrix Biolage Scalppure. Produknya bikin rambut enggak gampang lepek dan mengurangi gatal juga di seluruh permukaan kulit kepala. Masker rambut ini juga memberikan kelembutan dan sensasi segar waktu diaplikasikan ke kulit kepala.  

  1. Masker Makarizo Texture Experience Mint Sorbet

Ekstrak buah-buahan pada Makarizo Texture Experience Mint Sorbet bekerja untuk mengembalikan kekuatan rambut dan mencegah pertumbuhan ketombe. Aroma mint-nya yang segar juga memberikan efek relaksasi dan mengurangi rasa lelah di area kepala. Dengan pemakaian yang rutin, produk ini juga menjamin rambutmu mudah diatur dan berkilau. 

Peditox atau Obat Mengatasi Kutu Rambut 

Peditox merupakan obat untuk membasmi kutu rambut dengan kandungan Permethrin 1% dalam bentuk liquid. Obat ini bekerja untuk mematikan kutu yang ada serta mencegah bertelurnya kutu tersebut di kulit kepalamu. Cara menggunakannya, cukup aplikasikan satu kali sehari pada kulit kepala hingga ujung helai rambut untuk membunuh kutu dan telurnya.

Sisir Kutu atau Serit

Serit atau sisir kutu ini menjadi andalan orangtua dalam mengatasi kutu dan telurnya yang ada di kepala anak-anaknya nggak sih, Girls? Benda jadul ini nyatanya masih berjasa dalam mengambil parasit-parasit imut yang bertahan di ujung rambut. Enggak perlu malu, kalau untuk kesehatan dan kebersihan diri sendiri, benda ini wajib ada di rumahmu! 

Caranya seperti menggunakan sisir pada umumnya. Sisirlah dari akar rambut hingga ujung rambut. Jangan sampai terlepas, biar kutu dan telurnya enggak kabur dari gigi serit yang sempit ini. Pisahkan rambut jadi beberapa bagian dahulu biar serit lebih ampuh menyisir di seluruh bagian kepala dan rambut. Kalau kamu sulit menggunakannya sendiri, bisa minta bantuan sahabatmu agar kamu terbebas dari masalah gatal ini ya, Girls. 

Wah, sudah lengkap banget ya serba-serbi gatal pada kulit kepala ini. Semoga bisa membantumu melewati berbagai permasalahan gatal pada kulit kepala ya!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.