Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Kulit Sensitif, Wajib Dihindari!
Skincare

Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Kulit Sensitif, Wajib Dihindari!

Jika kamu mengalami gatal-gatal atau ruam kemerahan usai pemakaian produk kosmetik tertentu, tandanya kulitmu sensitif. Beberapa pemilik kulit sensitif, bahkan hingga mengeluhkan kulitnya terasa perih. Sebab, kondisi kulitnya kering bersisik dan mengelupas. Untuk itu, kamu perlu menghindari kandungan skincare yang tidak boleh untuk kulit sensitif.

Masalah kulit ini kemungkinan besar terjadi akibat dari bahan yang terkandung dalam produk skincare. Oleh karena itu, pemilik kulit sensitif harus lebih hati-hati dalam memilih produk perawatan kulit agar tidak mengalami iritasi.

Inilah Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Kulit Sensitif

Bagi pemilik kulit sensitif yang seringkali kesulitan dalam menentukan produk skincare. Kamu perlu memperhatikan secara detail kandungan skincare tersebut, nantinya akan cocok atau tidak. Kulit sensitif memang mudah mengalami iritasi kulit, gatal-gatal, kulit terasa panas dan kemerahan.

Berikut ini adalah kandungan skincare yang perlu kamu hindari.

Alkohol

Kandungan skincare yang perlu pemilik kulit sensitif hindari yakni alkohol. Alkohol bisa membuat kulit kering dan menimbulkan iritasi. Selain itu, bisa mengakibatkan skin barrier dan  wajah kamu bisa rusak.

Kamu bisa memanfaatkan skincare dengan material atau kandungan yang menghidrasi dan memelihara skin barrier. Misalnya seperti Ceramide, Hyaluronic Acid, Green Tea Extract, Centella Asiatica, Niacinamide, serta Chamomile. Kandungan-kandungan itu diklaim lebih efektif dan ringan bagi pemilik kulit sensitif.

Baca Juga:Sunscreen yang Tidak Membuat Wajah Berminyak, Auto Bebas Kilap!

Benzoil Peroksida

Kandungan Benzoil Peroksida adalah senyawa kimia yang memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat cukup ampuh. Namun, bahan tersebut tidak boleh untuk pemilik kulit sensitif yang memiliki jerawat.

Konsentrasinya yang cukup keras pada skin barrier sehingga menimbulkan efek samping pada kondisi kulit secara menyeluruh. Kandungannya bisa membuat lapisan kulit jadi kering. Jika terus menerus menggunakannya, bisa membuat kondisi kulit pecah-pecah, mengelupas, hingga iritasi.

Parfum

Parfum atau wewangian termasuk salah satu bahan paling iritan dalam sejumlah produk skincare. Baik yang menggunakan bahan alami atau sintetis memang memberi efek harum.

Namun, justru cenderung menimbulkan iritasi atau alergi pada kulit sensitif. Untuk itu, kamu perlu lebih teliti dalam memilih produk kulit tanpa pewangi. Sebaiknya pilih produk dengan label Allergen-free fragrance. Artinya produk tersebut tidak mengandung 26 zat allergen. Biasanya yang terdapat ada pada beberapa produk skincare, body care, atau kosmetik.

Essential Oil

Kandungan essential oil juga termasuk salah satu kandungan yang perlu kamu hindari. Ada beberapa produk skincare yang memiliki kandungan essential oil. Misalnya seperti lavender, rosemary, tea tree, rose, geranium, dan lain sebagainya.

Perlu kamu tahu bahwa penggunaan essential oil ini tidak disarankan terlalu berlebihan. Produk yang aman jika menggunakannya dalam dosis yang sesuai. Namun jika terlalu banyak bisa mengakibatkan kulit kering dan iritasi. 

Baca Juga:Lebih Bagus Sunscreen Emina atau Wardah, Cek Perbedaanya!

Chemical Sunscreen

Penggunaan sunscreen memang sangat penting dalam memberikan perlindungan kulit dari paparan sinar UV. Ada beragam jenis sunscreen yang bisa kamu jumpai, salah satunya yakni chemical sunscreen yakni sunscreen dengan kandungan kimia yang lebih mendominasi.

Formula chemical sunscreen merupakan bahan aktif yang baik untuk menjaga kesehatan kulitmu. Namun, pemilik kulit sensitif bisa merasakan efeknya, seperti timbulnya iritasi. Sebaiknya pemilik kulit sensitif menggunakan jenis mineral sunscreen saja.

Sulfat

Sulfate merupakan bahan kimia yang harus pemiliki kulit sensitif hindari. Kandungannya yang membuat sabun cuci muka berbusa, biasanya juga memiliki kandungan sulfur dan garam mineral. Jenis sulfat termasuk sodium lauryl sulfate atau ammonium lauryl sulfate, juga bisa membuat kulit sensitif menjadi gatal. Bahkan menjadi tidak lembab, kering kronis, dan iritasi yang lebih buruk.

Kandungan skincare yang tidak boleh untuk kulit sensitif wajib kamu tahu. Pastikan menghindarinya agar kulit wajahmu tidak mengalami iritasi atau efek buruk lainnya. 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.