Kenali Manfaat Niacinamide untuk Wajah agar Bisa Maksimalkan Fungsi Skincare Kamu
Skincare

Kenali Manfaat Niacinamide untuk Wajah agar Bisa Maksimalkan Fungsi Skincare Kamu

Saat ini, banyak sekali brand kosmetik yang mengeluarkan produk skincare dengan kandungan Niacinamide. Sebenarnya, dari dulu kandungan Niacinamide ini sudah umum digunakan dalam produk-produk skincare, tapi banyak orang yang belum paham manfaat Niacinamide untuk wajah. Banyak brand skincare lokal yang turut mengeluarkan skincare dengan key ingredient berupa Niacinamide. Dengan berkembangnya media sosial, banyak beauty enthusiast yang memberikan informasi mengenai manfaat Niacinamide dan rekomendasi skincare yang mengandung Niacinamide. Akhirnya, banyak orang yang terkena “racun skincare” dan ikut membeli produk yang direkomendasikan. Namun, selain bermanfaat bagi kulit wajah, ternyata ada efek samping Niacinamide yang belum banyak diketahui. Makanya, sebelum kamu membeli dan mencoba skincare dengan kandungan Niacinamide, yuk kenali dulu apa itu Niacinamide dalam ulasan berikut ini!

Apa itu Niacinamide?

Manfaat niacinamide untuk wajah

Secara ilmiah, Niacinamide dikenal juga dengan sebutan Nicotinamide. Senyawa ini adalah bentuk dari Vitamin B3, yaitu suatu amida dari asam nikotinat yang larut dalam air dan merupakan sumber nutrisi penting yang bagus untuk kesehatan. Kekurangan Vitamin B3 bisa menimbulkan masalah kulit, sehingga menggunakan skincare dengan kandungan Niacinamide bisa membantu merawat dan menjaga kesehatan kulit, termasuk jerawat dan eksim.

Selain menggunakan skincare yang mengandung Niacinamide, Niacinamide juga bisa kamu dapatkan dari produk-produk hewani, seperti daging sapi atau unggas. Sumber Niacinamide nabati bisa didapatkan dalam bentuk Nicotinic Acid dari kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau. 

Fungsi Niacinamide untuk Kulit Wajah

Manfaat niacinamide untuk wajah

Mungkin kamu sudah sering mendengar bahwa Niacinamide sangat bagus untuk mengatasi jerawat dan mencerahkan wajah. Bahkan, hampir di seluruh produk skincare yang berfokus untuk mencerahkan pasti mengandung Niacinamide sebagai bahan utamanya. Berikut ini beberapa manfaat Niacinamide untuk kulit wajah:

  1. Sebagai Anti Inflamasi

Salah satu peran kandungan Niacinamide dalam produk skincare, body care, hingga makeup adalah sebagai agen anti inflamasi. Niacinamide efektif untuk mengatasi kemerahan di wajah akibat peradangan atau jerawat. Beberapa penelitian farmakologi juga sudah membuktikan keamanan penggunaan Niacinamide secara oral atau topikal untuk menjadi bahan pengobatan berbagai kondisi inflamasi kulit.

  1. Memperbaiki Skin Barrier dan Menghidrasi Kulit

Kandungan Niacinamide dalam skincare dapat membantu memperbaiki skin barrier dengan mendorong produksi Ceramide alami yang dapat mengembalikan kelembapan kulit. Jika kulit tetap lembap dan terhidrasi, maka kulit tidak akan rentan terkena iritasi, jerawat, dan masalah kulit lainnya. Niacinamide juga berperan untuk meningkatkan produksi keratin, sehingga kulit tetap sehat dan lebih kencang. 

  1. Mencerahkan Kulit dan Menyamarkan Noda Hitam

Fungsi utama Niacinamide yang paling terkenal adalah dapat mencerahkan kulit. Tak heran kalau banyak produk skincare yang menggunakan Niacinamide sebagai bahan utamanya. Niacinamide dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga membuat kulit tampak lebih cerah dan noda-noda hitam tersamarkan. 

  1. Mengatasi Jerawat dan Menyamarkan Tampilan Pori-pori

Selain dapat mencerahkan kulit, Niacinamide juga efektif untuk mengatasi permasalahan jerawat, mulai dari jerawat yang meradang hingga bekasnya. Sebagai agen anti inflamasi, Niacinamide dapat mengatasi jerawat yang kemerahan, seperti pustula dan papula. Niacinamide juga dapat memperbaiki tekstur kulit dan membuat kulit tampak lebih halus serta memudarkan bekas jerawat. 

Biasanya, kulit yang berjerawat dipicu karena produksi sebum yang berlebihan. Niacinamide ini dapat mengontrol produksi sebum yang dihasilkan kelenjar sebasea sehingga tidak mengeluarkan minyak secara berlebihan. Dengan begitu, pori-pori tidak akan tersumbat, tidak menimbulkan komedo dan jerawat, dan tampilan pori-pori terlihat lebih kecil atau samar.

  1. Mencegah Melanoma dan Tanda Penuaan Dini

Paparan sinar matahari memiliki dampak buruk bagi kulit, seperti kulit terbakar, menggelap, timbul flek hitam dan kerutan, bahkan bisa menyebabkan kanker kulit. Sinar matahari atau sinar UV dapat menyebabkan kerusakan pada sel DNA dan memicu produksi melanin berlebih yang menimbulkan flek hitam pada kulit. Hal ini disebut juga dengan penyakit melanoma atau kanker kulit. 

Penggunaan skincare dengan kandungan Niacinamide terbukti dapat meningkatkan perbaikan sel DNA pada kulit yang rusak akibat paparan sinar UV. Niacinamide juga dapat mencegah tanda-tanda penuaan akibat paparan sinar UV dan mengatasi masalah kerutan atau garis halus pada wajah. 

  1. Melindungi Kulit dari Tekanan Oksidatif

Niacinamide akan merubah menjadi Nicotinamide Adenine Dinucleotide (NAD) saat dioleskan ke kulit. NAD ini berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan berperan untuk menjaga kesehatan kulit akibat kerusakan DNA. Kerusakan DNA merupakan akibat dari respon kulit terhadap stressor, seperti polusi dan paparan sinar UV. Dengan menggunakan Niacinamide, maka kerusakan sel oksidatif di dalam sel kulit dapat dicegah dan berkurang.

Efek Samping Niacinamide

Manfaat niacinamide untuk wajah

Selain bermanfaat bagi kulit wajah, Niacinamide juga memiliki efek samping yang mungkin berbahaya bagi kesehatan kulit. Sebenarnya, penggunaan Niacinamide terbilang sangat aman. Namun, pada beberapa kondisi dan tipe kulit bisa menimbulkan reaksi yang berlebihan. Oleh karena itu, kamu perlu berhati-hati sebelum menggunakan produk skincare yang mengandung Niacinamide.

Niacinamide jika dioleskan ke wajah bisa saja menimbulkan efek seperti panas, sedikit terbakar, tingling, itching, hingga iritasi dan kemerahan. Efek samping tersebut dapat semakin parah jika kamu memiliki tipe kulit yang sensitif. 

Untuk mencegah terjadinya alergi atau efek samping setelah menggunakan Niacinamide, kamu bisa lakukan patch test terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, kamu tinggal tuangkan sedikit produk ke punggung tangan. Kemudian, tunggu hingga 24 jam. Jika kamu mulai merasakan efek panas, kemerahan, gatal-gatal, dan iritasi, segera bersihkan area punggung tanganmu dan hentikan penggunaan produk tersebut. Hal itu menandakan bahwa kemungkinan kamu alergi dengan Niacinamide. Namun, jika tidak muncul efek samping atau alergi, kamu dapat melanjutkan penggunaan Niacinamide untuk diaplikasikan ke wajah.

Kandungan Skincare yang Boleh Digabung dengan Niacinamide

Ketika menggunakan skincare, tentu saja kamu tidak hanya menggunakan satu produk, melainkan beberapa produk, mulai dari sabun cuci muka, toner, serum, hingga moisturizer. Produk-produk skincare tersebut pasti mengandung bahan aktif yang berbeda-beda. Bahan aktif yang terkandung dalam skincare bisa menimbulkan reaksi dengan bahan aktif lain jika digunakan bersamaan. Reaksi tersebut bisa positif atau negatif. Ada bahan aktif yang jika digabung akan memberikan hasil yang lebih maksimal, ada pula yang justru membuat kondisi wajah semakin buruk. Berikut ini beberapa kandungan skincare yang boleh dipakai bersamaan dengan Niacinamide.

Niacinamide + Hyaluronic Acid

Seperti yang sudah Marsha Beauty sebutkan tadi, bahwa Niacinamide berfungsi untuk memperbaiki skin barrier dengan mendorong produksi Ceramide alami yang dapat mengembalikan kelembapan kulit. Supaya kulit lebih terhidrasi secara maksimal, kamu bisa gabung skincare yang mengandung Niacinamide dengan Hyaluronic Acid.

Hyaluronic Acid berfungsi untuk menahan air dalam jaringan kulit sehingga bisa mengunci kelembapan kulit. Hyaluronic Acid juga bisa mengisi kekosongan antar sel akibat berkurangnya produksi kolagen, sehingga kulit akan terlihat lebih kenyal, kenyang, dan lembap. Kerutan dan garis halus juga bisa tersamarkan jika kelembapan kulit tetap terjaga. 

Tahapan skincare routine yang tepat adalah menggunakan skincare yang mengandung Niacinamide terlebih dahulu, seperti toner atau serum, baru dilanjutkan dengan skincare atau pelembap yang mengandung Hyaluronic Acid.

Niacinamide + Retinol

Gabungan antara Niacinamide dan Retinol bisa membuat kulit tampak lebih awet muda, cerah, serta bebas dari masalah jerawat. Retinol berfungsi untuk mempercepat skin cell turnover atau regenerasi kulit sehingga kulit jadi lebih halus, cerah, bebas kerutan, dan hiperpigmentasi pun tersamarkan. Retinol juga ampuh mengatasi masalah jerawat karena retinol membantu membersihkan pori-pori dari sel kulit mati, sebum, atau kotoran yang menyumbat.

Dengan menggabungkan Niacinamide, maka kinerja retinol akan semakin maksimal karena Niacinamide membantu mengembalikan kelembapan kulit serta dapat mencerahkan kulit, menyamarkan hiperpigmentasi, mengatasi masalah jerawat, dan mencegah tanda-tanda penuaan.

Kamu bisa gunakan skincare dengan kandungan retinol terlebih dahulu baru dilanjutkan dengan skincare yang mengandung Niacinamide.

Niacinamide + Vitamin C

Dilansir dari situs Alodokter, ternyata penggunaan skincare yang mengandung Niacinamide boleh dibarengi dengan skincare yang mengandung Vitamin C. Banyak orang yang mengira bahwa Vitamin C tidak boleh digabung dengan Niacinamide lantaran Vitamin C dapat mengubah senyawa Niacinamide menjadi Niacin yang dapat merusak kulit dan menyebabkan iritasi. Padahal, perubahan Niacinamide menjadi Niacin hanya terjadi dalam waktu yang lama dan pada suhu tinggi. Kecuali jika tipe kulitmu sensitif, maka akan ada kemungkinan terjadi reaksi berlebihan dan iritasi kulit. 

Gabungan Niacinamide dan Vitamin C akan semakin optimal untuk mencerahkan wajah, melawan tanda-tanda penuaan, dan menyamarkan noda-noda hitam.

Niacinamide + Argilerine

Kalau kamu ingin mempunyai wajah yang halus, kencang, dan awet muda, kamu bisa gabungkan skincare dengan kandungan Niacinamide dan Argireline. Kandungan Argilerin, yaitu dengan nama senyawa Acetyl Hexapeptide-8 atau Acetyl Hexapeptide-3 disebut sebagai kandungan yang menyerupai botox karena sangat efektif untuk melawan tanda-tanda penuaan. Argireline menjadi kunci utama dalam skincare anti-aging. Kandungan ini juga tidak menyebabkan efek samping seperti iritasi, alergi, atau breakout, sehingga sangat aman untuk digunakan ke kulit. Biasanya produk-produk anti-aging yang mengandung Argireline ditulis dengan kandungan Peptide. 

Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Digabung dengan Niacinamide

Kalau kamu sudah tahu kandungan apa saja yang boleh digabung dengan Niacinamide, kamu juga harus tahu kandungan apa saja yang wajib dihindari saat menggunakan Niacinamide. Salah satu bahan yang tidak boleh digabungan dengan Niacinamide adalah AHA/BHA. 

Penggunaan skincare dengan Niacinamide sebaiknya tidak digabung dengan skincare yang mengandung asam, seperti AHA dan BHA karena akan mengurangi kinerja dari kandungan asam tersebut. Akibatnya, bahan eksfoliator seperti AHA dan BHA tersebut tidak dapat bekerja secara optimal dalam mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Rekomendasi Skincare yang Mengandung Niacinamide

Berikut ini ada beberapa rekomendasi yang sudah Marsha Beauty list khusus untuk kamu yang lagi cari skincare terbaik yang mengandung Niacinamide, mulai dari facial wash hingga sleeping mask. Check this out!

Whitelab Brightening Facial Wash, Rp37.000

Manfaat niacinamide untuk wajah

Facial wash lokal ini dilengkapi dengan kandungan Niacinamide + Collagen yang efektif untuk mencerahkan wajah. Kandungan Niacinamide di dalamnya dapat mencerahkan kulit, melembapkan kulit, menyamarkan noda hitam, dan mengatasi jerawat. Sedangkan, kandungan Collagen dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan. Facial wash ini juga dapat membantu mengontrol produksi sebum sehingga kulit tidak kusam dan berminyak. Facial wash ini cocok untuk semua jenis kulit hingga kulit yang sensitif dan acne prone. Facial wash ini juga aman untuk digunakan oleh remaja di atas 12 tahun.

Wardah Lightening Face Toner, Rp24.000

Manfaat niacinamide untuk wajah

Produk skincare selanjutnya yang mengandung Niacinamide adalah Wardah Lightening Face Toner. Toner ini merupakan toner pembersih yang digunakan setelah mencuci muka untuk mengangkat sisa-sisa kotoran dan mengembalikan pH kulit setelah mencuci muka. Toner ini memiliki kandungan Advanced Niacinamide, Licorice Extract, dan Seaweed yang dapat mencerahkan dan menghaluskan kulit, membersihkan pori-pori, dan menyegarkan kulit wajah. Toner ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit dan aman bagi kulit sensitif karena tidak mengandung alkohol. 

Avoskin YSB Niacinamide 12% + Centella Asiatica, Rp139.000

Manfaat niacinamide untuk wajah

Produk selanjutnya merupakan serum dari Avoskin yang paling banyak dibicarakan beauty enthusiast lantaran khasiatnya yang benar-benar bisa mencerahkan sekaligus mengatasi masalah jerawat. Avoskin YSB Niacinamide 12% + Centella Asiatica memiliki fungsi utama, yaitu untuk melembapkan kulit dan mencerahkan kulit. kandungan Niacinamide dan Centella Asiatica di dalamnya dapat mengunci kelembapan kulit, merawat skin barrier, mengatasi jerawat dan peradangan, serta bisa memudarkan bekas jerawat. 

Serum ini juga dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV, meratakan warna kulit, menyamarkan noda hitam, menyamarkan garis halus dan kerutan, hingga meningkatkan elastisitas kulit. Serum ini cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif dan bebas dari alkohol, paraben, dan fragrance.

Wardah Lightening Day Cream Advanced Niacinamide, Rp28.500

Manfaat niacinamide untuk wajah

Produk day cream yang satu ini juga bisa kamu gunakan sebagai pelembap . Wardah Lightening Day Cream Advanced Niacinamide mengandung Niacinamide dalam bentuk Vitamin B3 yang dapat mencerahkan kulit, melembapkan, dan menjaga elastisitas kulit. Day cream ini juga mengandung Allantoin yang berfungsi untuk meredakan kemerahan dan iritasi serta dapat menghidrasi kulit. Ada pula kandungan Licorice Extract yang mengurangi produksi melanin sehingga flek, noda-noda hitam, dan hiperpigmentasi tersamarkan. Day cream ini juga sudah mengandung SPF 30 PA+++ sehingga kulitmu akan terlindungi dari paparan sinar UV.

Raiku Brightening Night Cream, Rp98.000

Manfaat niacinamide untuk wajah

Lagi-lagi dari brand lokal, night cream yang satu ini juga mengandung Niacinamide sebagai bahan utamanya. Night cream ini juga mengandung Rice extract, AHA, dan Safflower. Night cream ini berfungsi untuk mencerahkan dan meratakan warna kulti, membuat kulit tampak lebih bercahaya, sekaligus dapat mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan tekstur kulit. Night cream ini cocok untuk semua jenis kulit, halal, dan bebas dari kandungan paraben.

For Skin Sake (FSS) Weightless Sunscreen SPF 50 PA+++, Rp190.000

Manfaat niacinamide untuk wajah

Sunscreen lokal yang satu ini bukan hanya memberikan perlindungan kulit dari paparan sinar UV tapi juga dapat mencerahkan kulit karena mengandung Niacinamide dan Centella Asiatica. Sunscreen ini water-based sehingga formulanya sangat ringan dan mudah meresap. Sunscreen ini juga tidak meninggalkan efek white cast dan tidak membuat kulit tampak berminyak atau mengkilap. Sunscreen ini tidak berisiko menimbulkan iritasi sehingga cocok untuk semua jenis kulit. Sunscreen ini juga tidak mengandung paraben, silikon, fragrance, pewarna, dan alkohol.

Emina Clay Mask Brightening, Rp39.500

Manfaat niacinamide untuk wajah

Supaya wajahmu lebih bersih dan cerah, kamu bisa gunakan clay mask minimal seminggu sekali. Clay mask lokal yang mengandung Niacinamide adalah Emina Clay Mask Brightening. Clay mask ini mengandung Summer Plum Extract dan Niacinamide yang bisa membuat kulit tampak lebih cerah. Clay mask ini juga mengandung scrub untuk mengangkat sel kulit mati serta ada kandungan Triple Moisturizing Complex yang dapat melembapkan dan menjaga hidrasi kulit.

Nacific Phyto Niacin Whitening Sleeping Mask, Rp195.000

Manfaat niacinamide untuk wajah

Rekomendasi produk skincare terakhir yang mengandung Niacinamide adalah Nacific Phyto Niacin Whitening Sleeping Mask. Sleeping mask ini mengandung 5% Niacinamide yang memberikan whitening effect sehingga kulit tampak lebih bercahaya. Selain itu, ada pula kandungan ekstrak Green Tea dan Centella Asiatica yang memberikan efek shooting. Ada pula kandungan ekstrak buah Seabuckthorn, air bunga mawar Damaskus, dan Hyaluronic Acid yang dapat menyegarkan kulit sekaligus melembapkan kulit. 

Itu lah beberapa rekomendasi skincare yang mengandung Niacinamide. Jadi, Niacinamide merupakan bentuk dari Vitamin B3 yang dapat menjaga kesehatan kulit, mencerahkan kulit, menjaga kelembapan kulit, dan mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat dan inflamasi. Penting untuk mengetahui kandungan skincare lain yang boleh dan tidak boleh digabung dengan Niacinamide agar dapat merawat kulit secara maksimal serta tidak menimbulkan breakout yang lebih parah.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.