Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Stretch Mark di Paha Pada Remaja, Begini Penjelasannya!
Body

Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Stretch Mark di Paha Pada Remaja, Begini Penjelasannya!

Stretch mark di paha pada remaja adalah hal yang lumrah terjadi. Stretch mark bisa dimiliki oleh semua orang tidak tergantung dengan gender ataupun usia. Banyak penyebab dari munculnya stretch mark ini.

Kita pasti sering mendengar jika seorang ibu yang habis melahirkan biasanya akan memunculkan stretch mark diperut. Namun, tidak hanya ibu yang habis melahirkan saja, bahkan para remaja juga bisa memiliki stretch mark. Stretch mark sendiri tidak hanya muncul di perut namun juga pada lengan dan paha.

Bagi banyak orang memiliki stretch mark adalah hal yang sangat mengganggu penampilan. Tapi, memang tidak sedikit juga yang tidak terganggu dengan adanya stretch mark ini. Namun, kebanyakan orang juga tetap ingin memiliki kulit bersih tanpa stretch mark.

Baca juga:Cara Menghilangkan Hitam di Selangkangan Ternyata Bisa Pakai Bahan Ini!

Apa Penyebab Stretch Mark di Paha pada Remaja dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sebelum menghilangkan stretch mark pastinya akan lebih baik jika kita juga mengetahui penyebab munculnya stretch mark. Dengan mengetahui penyebabnya kita juga akan lebih mudah dalam memilih cara penghilangnya. Berikut ini adalah penyebab munculnya stretch mark di paha pada remaja.

Kelebihan Berat Badan

Kelebihan atau kenaikan berat badan dapat memunculkan stretch mark. Berat badan yang tiba-tiba naik atau naik dengan drastis akan melebarkan kulit dan kontraksi dengan cepat. Hal itu menjadi salah satu penyebab stretch mark di paha pada remaja. 

Penurunan Berat Badan

Bukan hanya kenaikan berat badan, penurunan berat badan drastis juga bisa menimbulkan stretch mark. Penurunan berat badan yang drastis dapat menghilangkan lapisan kulit terluar. Selain itu, elastisitas kulit juga akan mengalami penurunan.

Kondisi medis tertentu

Kondisi medis tertentu juga bisa menyebabkan paha pada remaja muncul stretch mark. Hanya sebagian kecil saja yang mengalami kondisi medis seperti ini. Kondisi medis seperti penderita sindrom Marfan dan sindrom Cushing.

Olahraga yang Bertujuan Menaikan Massa Otot

Dengan menaikkan massa otot pastinya akan sangat berpengaruh terhadap kulit. Peningkatan massa otot dengan cepat akan memunculkan stretch mark biasanya pada paha atau lengan. Untuk menghindarinya kamu bisa mengatur intensitas olahraga dan mengimbanginya dengan memenuhi nutrisi.

Pubertas

Hal yang sangat berpengaruh terhadap fisik seorang remaja adalah pubertas. Banyak sekali perubahan pada fisik saat masa pubertas. Biasanya perubahan ini terjadi cukup cepat dan hal itulah yang menyebabkan kemunculan stretch mark pada kulit  remaja.

Diatas adalah penyebab munculnya stretch mark pada remaja. Lalu, apa solusinya? Berikut ini adalah cara untuk menghilangkan atau memudarkan stretch mark.

1. Krim, lotion, atau gel retinoid

2. Terapi laser dan cahaya

3. Mikrodermabrasi

4. Frekuensi radio non-ablatif

5. Terapi ultrasonik fokus-mikro

Di atas adalah cara menghilangkan stretch markpada paha remaja. Hal yang paling mudah dilakukan di rumah pastinya dengan menggunakan lotion, gel, atau krim penghilang stretch mark. Namun, memang diperlukan ketelatenan yang tinggi.

Baca juga:Cara Menghilangkan Bekas Luka Tanpa Efek Samping Lakukan 5 Hal Ini!

Sekarang pastilah muncul pertanyaan berapa lama stretch mark bisa hilang? Jangka waktunya tergantung dengan metode dan penyebabnya. Untuk, hasil yang cenderung lebih cepat pastinya bisa menggunakan metode dengan alat-alat canggih dari pihak kedokteran.

Namun, perlu diketahui stretch mark biasanya tidak akan hilang secara total. Metode-metode di atas biasanya hanya akan memudarkan bekasnya saja. Kalau untuk menghilangkan biasanya harus dengan operasi plastik.

Stretch mark di paha pada remaja ada yang bisa dicegah, misalnya dengan menjaga berat badan dan melakukan olahraga secukupnya saja. Namun, bila itu terlanjur muncul, Marshalova bisa memilih cara-cara di atas untuk memudarkannya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.