Lebih Mudah! Ternyata Begini Cara Menghilangkan Sakit Perut Saat Mens
Lifestyle

Lebih Mudah! Ternyata Begini Cara Menghilangkan Sakit Perut Saat Mens

Cara menghilangkan sakit perut saat mens bisa Marshalova lakukan dengan banyak trik, bahkan tidak perlu menggunakan obat-obatan khusus. Rasa ketidaknyamanan ini memang kerap dialami oleh semua wanita.

Bahkan posisi tidur untuk mengurangi nyeri haid ternyata juga bisa mempengaruhi, sehingga kamu wajib memperhatikannya. Meski demikian, masih ada banyak cara lain yang bisa kamu lakukan selain itu.

Begini Cara Menghilangkan Sakit Perut Saat Mens yang Kerap Terjadi

Sebagian besar wanita saat sedang menstruasi atau haid maka seringkali mengalami kram atau bahkan nyeri pada bagian perut mereka. Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada hari pertama atau bahkan sebelum masa haid itu terjadi.

Memang rasa sakit ini bersifat normal dan tidak perlu panik, meski demikian rasa kenyamanan pun juga akan terganggu jika sudah seperti itu. Nah rasa sakit ini diakibatkan oleh kontraksi otot rahim ketika terjadinya proses peluruhan pada dinding rahim seorang wanita.

Sementara itu efek kram perut ini yang seringkali dialami oleh setiap wanita juga akan berbeda-beda. Ada yang merasa hanya biasa-biasa saja bahkan ada juga sampai yang merasakan sakit sekali sampai mengganggu aktivitasnya.

Meski demikian sakit perut saat haid ini bisa diatasi dengan mudah, tanpa perlu menggunakan obat untuk menghilangkan nyerinya. Nah berikut ini ada beberapa trik mudah yang bisa kamu lakukan ketika datang bulan.

Perbanyak Makanan Anti Inflamasi

Cara menghilangkan sakit perut saat mens

Cara menghilangkan sakit perut saat mens yang pertama ini sebaiknya perbanyaklah untuk mengkonsumsi makanan anti inflamasi. Hal ini karena bisa meningkatkan aliran darah serta mengendurkan rahim kamu.

Untuk jenis makanannya sendiri, misalnya seperti nanas, tomat, buah beri, rempah-rempah seperti kunyit bahkan sampai jahe dan bawang putih. Tidak hanya itu saja, melainkan juga sayuran hijau, ikan berlemak, walnut dan almond bisa meredakan rasa kram saat haid.

Baca Juga:Rekomendasi Warna Jilbab yang Cocok untuk Baju Hijau Army

Minum Teh Herbal

Cara menghilangkan sakit perut saat mens

Ternyata teh herbal ini juga memiliki anti inflamasi dan senyawa antispasmodik yang efektif mengurangi kejang otot pada rahim. Meminum teh chamomile maupun adas atau jahe merupakan cara terbaik untuk meredakan kram ketika sedang menstruasi. Bahkan teh herbal bisa menghilangkan stress pula.

Kompres Hangat

Cara menghilangkan sakit perut saat mens

Ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa sakit perut yaitu dengan mengompres hangat pada bagian yang sakit. Pasalnya kompres hangat ini mampu membantu untuk membuat peredaran darah supaya lebih lancar dan menghilangkan rasa kram.

Untuk melakukan ini, maka kamu cukup menyiapkan air hangat kemudian masukkan ke dalam botol lalu tempelkan ke area perut yang sakit. Bahkan kamu juga dapat merendam handuk dengan air hangat lalu tempelkan ke area perut mu.

Lakukan Pijatan dengan Lembut

Cara menghilangkan sakit perut saat mens

Ternyata rasa nyeri ketika menstruasi juga bisa kamu atas dengan mudah yakni memijat lembut pada bagian perut yang sakit. Kamu bisa melakukan ini selama beberapa menit untuk kemudian mendorong aliran darah.

Nah agar lebih mudah maka kamu bisa menggunakan minyak esensial seperti kayu putih maupun lavender. Selanjutnya lakukan pijatan lembut pada area samping perut maupun punggung kamu.

Baca Juga:Rekomendasi Kerudung yang Cocok untuk Baju Warna Pink

Perbanyak Minum Air Putih

Cara menghilangkan sakit perut saat mens

Ketika haid, maka para wanita disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak air putih. Karena pendarahan bisa membuat tubuh mengalami kekurangan cairan.

Minum air putih hangat dalam jumlah yang cukup efektif mengurangi gejala tidak nyaman saat sedang menstruasi. Oleh karena itu perbanyaklah air putih ketika kamu sedang haid.

Cara menghilangkan sakit perut saat mens ini memang bisa kamu lakukan dengan berbagai macam trik. Namun dengan cara-cara seperti ini, maka nyeri di perut kamu bisa berangsur hilang.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.