Niacinamide tidak boleh dicampur dengan apa ya? Simak Penjelasannya
Skincare

Niacinamide tidak boleh dicampur dengan apa ya? Simak Penjelasannya

Niacinamide tidak boleh dicampur dengan beberapa kandungan dalam skincare. Sehingga harus diperhatikan dengan baik sebelum menggunakannya. Marshalova harus bisa membedakan kandungan tersebut, ya, agar tidak merusak kesehatan kulit wajah.

Lalu, sebenarnya apa saja kandungan yang tidak boleh dicampur dengan niacinamide? Yuk, simak faktanya berikut ini.

Niacinamide Tidak Boleh Dicampur dengan Apa Ya?

Niacinamide tidak boleh dicampur dengan

Skincare merupakan produk yang digunakan untuk merawat kesehatan kulit. Namun, tidak banyak orang yang benar-benar paham akan kandungan yang terdapat dalam skincare. Terkadang mereka hanya membeli berdasarkan review sosial media atau ajakan teman.

Niacinamide merupakan salah satu kandungan yang populer pada produk kecantikan. Tetapi tidak semua kandungan bisa bersatu dengan niacinamide. Ketika menggunakan skincare harus lebih hati-hati supaya hasilnya maksimal.

Dalam hal ini niacinamide memiliki nama lain nikotinamida. Bentuknya berupa vitamin B-3 yang berguna untuk mengobati kerusakan kulit seperti jerawat dan eksim. Manfaat dari kandungan ini sebenarnya juga sangat banyak. Bahkan skincare dengan kandungan niacinamide dianggap bagus karena manfaatnya sangat jitu.

Mungkin sebagian orang masih penasaran dengan kandungan yang tidak boleh dicampur dengan niacinamide, bukan? Berikut adalah penjelasannya.

Baca Juga: Eiem Beauty Brightening Serum, Inilah Kandungan yang Ada di Dalamnya

Vitamin C

Nah, niacinamide tidak boleh dicampur dengan vitamin C. Keduanya merupakan kandungan yang sangat baik untuk menghilangkan bekas jerawat serta membantu untuk menyembuhkan luka pada kulit. Namun penggunaan keduanya secara bersamaan lebih baik dihindari.

Mengingat bahwa keduanya bisa memicu iritasi pada kulit wajah. Apabila menggunakannya terlalu banyak dan sering bisa menyebabkan muncul breakout dan kemerahan pada wajah.

AHA/BHA

Pasti sudah banyak yang tahu bahwa niacinamide tidak boleh dicampur dengan kandungan AHA/BHA. Percampuran antara keduanya dapat menyebabkan produksi asam nikotinat. Dari sinilah akan muncul dampak yang lebih buruk seperti iritasi pada kulit.

Sebenarnya kandungan B3 pada niacinamide mampu memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Hasilnya kulit akan lebih elastis dan lembut. Bahkan niacinamide mampu mengurangi AHA dan BHA yang bersifat asam.

Nantinya kandungan keduanya tidak akan bekerja dengan baik. Justru penggunaannya akan jauh sia-sia. Akan lebih baik lagi jika niacinamide digunakan pada jenis kulit dengan pH seimbang.

Centella Asiatica

Kandungan berikutnya yang tidak bisa bercampur dengan niacinamide adalah centella asiatica. Percampuran antara kedua kandungan tersebut memberikan dampak iritasi pada kulit. Pasalnya niacinamide adalah bentuk Vitamin B3 yang mampu mengatasi jerawat, menghilangkan noda hitam dan lain sebagainya.

Kandungan centella asiatica memiliki fungsi hampir sama dengan saponi, phenolic acid, terpenoid, dan flavonoid. Jangan gunakan kandungan ini bersamaan dengan niacinamide jika masih ingin memiliki kulit yang sehat dan tetap cerah.

Baca Juga: 5 Serum yang Mengandung Niacinamide Terbaik, Ada Milik Brand Lokal!

Retinol dan Benzoyl Peroxide

Kemudian ada retinol dan benzoyl peroxide yang tidak boleh dipakai bersamaan dengan niacinamide. Bagi Marshalova yang memiliki masalah kulit sebaiknya tidak menggunakan kedua bahan tersebut secara bersamaan agar hasilnya lebih maksimal.

Tidak baik apabila menggunakan produk kecantikan dengan kandungan dua bahan aktif ini. Hal tersebut adalah tidak akan memaksimalkan pengobatan jerawat. Kulit akan lebih kering dari sebelumnya, timbul kemerahan, dan bisa mengelupas.

Penggunaan kandungan tersebut bisa mematikan khasiat zat aktif satu sama lain. Keduanya tidak bermanfaat dan masalah kulit tak kunjung sembuh. Justru bisa memperparah keadaan kulit yang semakin rusak.

Bagaimana Marshalova apakah sudah bisa memahami apa saja kandungan yang tidak bisa dicampur dengan niacinamide? Apabila sudah, jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan berbagai jenis produk kecantikan. Niacinamide tidak boleh dicampur dengan bahan-bahan sembarangan agar kesehatan kulit tetap terjaga dengan baik.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.