Pilih Sunscreen yang Bagus untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat, Simak!
Skincare

Pilih Sunscreen yang Bagus untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat, Simak!

Sunscreen atau tabir surya termasuk salah satu jenis skincare penting yang harus kamu gunakan. Apalagi mengingat Indonesia adalah negara tropis dengan matahari yang selalu bersinar sepanjang tahunnya. Paparan sinar matahari berlebihan bisa memberikan pengaruh yang buruk bagi kulit. Oleh karena itu, perlu memilih sunscreen yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat memilih sunscreen menjadi hal yang cukup tricky. Tak hanya teksturnya yang nyaman pada kulit, namun kandungannya harus bisa memberi manfaat khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Cara Memilih Sunscreen yang Bagus untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Perlindungan untuk kulit agar tetap aman dari paparan sinar matahari langsung, maka sunscreen menjadi jawabannya. Bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat tidak boleh asal memilih sunscreen. Berikut ini adalah cara memilihnya.  

Tekstur

sunscreen yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat

Kebanyakan sunscreen tidak direkomendasikan bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Apalagi dengan tekstur sunscreen yang tebal sehingga bisa menyumbat kulit wajah kamu. Oleh karena itu, pilih sunscreen dengan tekstur ringan. Selain itu, memiliki formula layaknya lotion, spray, maupun gel.

Baca Juga:Deretan Produk Facial Wash Wardah untuk Kulit Kering yang Aman

Jenis

sunscreen yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat

Perlu kamu tahu bahwa sunscreen memiliki dua varian berdasarkan jenis proteksinya, yakni kimia dan fisik. Sunscreen dengan perlindungan kimiawi dapat bisa dengan mudah menyerap ke kulit serta melindungi kulit lebih dalam. Namun, hal ini bisa menyebabkan kulit berminyak dan berjerawat menjadi iritasi. Sebaiknya kamu memilih menggunakan sunscreen fisik.

Bahan

sunscreen yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat

Cara memilih sunscreen yang benar untuk kulit berminyak dan berjerawat yakni memilih yang berbahan dasar air. Jenis sunscreen ini yang memberikan efek matte dan tidak membuat kulit tampak semakin berminyak. Bahkan juga memberikan efek nyaman pada kulit dan jerawat yang timbul.

Sebaiknya memilih bahan seperti minyak biji gandum dan minyak biji wortel yang terdapat sifat tabir surya alami. Kandungan mentimun juga sangat baik untuk menghidrasi dan menenangkan kulit. Selain itu, memilih sunscreen untuk kulit berminyak yang sifatnya oil-free dan non-comedogenic.

Adanya kandungan minyak terlalu berat dan bahan yang sifatnya comedogenic pada formula sunscreen sulit terserap oleh kulit. Bahkan berisiko menyumbat pori-pori serta memicu munculnya jerawat. Ada beberapa bahan yang ada pada sunscreen yang bisa menyumbat pori-pori kulit. Misalnya seperti beeswax heavy comedogenic dan beberapa jenis oil. Pastikan memilih sunscreen yang non komedogenik untuk menghindari pori-pori tersumbat.

Tak hanya itu, hindari bahan-bahan seperti oxybenzone, avobenzone, octisalate, octocrylene, homosalate, hingga octinoxate. Bahan tersebut yang sebagian besar terdapat pada tabir surya dan berbahaya bagi kulit. Kandungannya bisa mengiritasi kulit yang rentan jerawat serta akan mengganggu keseimbangan hormon.

Baca Juga:Exfoliating Toner untuk Pemula Simak 5 Tips Mudah Memilihnya

Kekuatan Perlindungan

sunscreen yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat

Sunscreen dengan kandungan SPF tinggi bisa membantu menangkal UVB. Semakin tinggi angka SPF dalam sunscreen, maka juga akan memberikan perlindungan semakin tinggi. Sama halnya dengan tingkat PA, semakin banyak tanda "plus" atau "+" maka semakin tinggi perlindungannya. Umumnya, sunscreen yang melindungi dengan sempurna minimal SPF 30 atau lebih pada penggunaan harian.

Sunscreen Tanpa Wewangian

sunscreen yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat

Kamu juga perlu memilih produk sunscreen yang tidak mengandung wewangian atau fragrance-free. Kandungan wewangian tersebut bisa memicu efek yang berbeda pada setiap orang, apalagi kamu yang memiliki kulit sensitif atau berjerawat. Kandungan wewangian dalam sunscreen cenderung berbahaya bagi kulit kamu. Misalnya berisiko mengakibatkan kemerahan, gatal-gatal, jerawat, hingga iritasi pada kulit.

Pentingnya memilih sunscreen yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat agar kulit wajahmu tetap terlindungi.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.