Sunblock VS Sunscreen, Memang Apa Bedanya? Baca di Sini, Yuk!
Skincare

Sunblock VS Sunscreen, Memang Apa Bedanya? Baca di Sini, Yuk!

Katanya, menggunakan sunscreen itu harus setengah jam sebelum kita keluar dan bertemu sinar matahari. Katanya juga, memakai sunblock itu hanya untuk ketika kita ada di pantai atau ingin berenang. Lalu, kenapa sih harus seperti itu? Kenapa juga kalau pakai sunblock kadang muka kita terlihat lebih putih atau meninggalkan whitecast? Nah, yuk kupas tuntas Sunblock dan Sunscreen! Kita ulik apa saja perbedaan Sunblock VS Sunscreen ini:

Cara Kerja dalam Melindungi Kulit 

Sunscreen

Di dalam sunscreen, ada bahan kimia aktif sebagai filter untuk mengurangi penyerapan radiasi sinar UV ke kulit. Misalnya nih Octocrylene, Mexoryl XL, SPF, dan PA. 

Jadi ibaratnya nih, kalau kita pakai sunscreen maka pada kulit kita akan ada ‘filter’ untuk radiasi sinar UV yang ingin menembus kulit. Filter ini akan mengubah sinar UV yang ada di permukaan kulit kita jadi energi panas dan dikeluarkan lagi sama si kulit. 

Itulah kenapa penggunaan sunscreen harus kita re-apply ya, biar ia enggak capek kerjanya dan akan menambah kawanan mereka untuk mengubah UV jadi energi panas tadi deh. Biasanya sunscreen juga oke buat dipakai sebelum kamu menggunakan makeup.

Sunblock

Sementara di dalam sunblock ada kandungan mineral seperti titanium dioxide yang termasuk dalam mineral alami yang tidak mudah terurai di bawah sinar matahari. 

Sebelum sinar UV ini menuju permukaan kulit akan dipecah oleh si sunblock. Makanya nih, kalau kamu pakai sunblock sih tidak akan masalah jika langsung keluar dari ruangan dan terkena sinar matahari. Ya.. Sunblock ini akan langsung bekerja blocking si sinar UV tadi. Kalau sunscreen kan harus menunggu sampai produknya menyerap dulu ke kulit minimal 30 menit. Pernah denger juga kan, Girls?

Tapi sayangnya kalau pakai sunblock biasanya akan terasa lebih berat dan meninggalkan whitecast atau bekas putih-putih gitu. Jadi, biasanya sunblock digunakan untuk kegiatan outdoor yang berat dalam terpapar sinar matahari. Yaa misalnya berenang, atau ke pantai. 

Lebih Bagus Sunscreen atau Sunblock?

Nah, ini sih balik lagi ke tujuan kamu menggunakannya ya! Kalau kamu memang mau pergi untuk seharian melakukan aktivitas outdoor, ingin berenang, apalagi berjemur di pantai. Sudah jelas kamu harus gunakan sunblock ya! Jangan lupa juga re-apply untuk proteksi maksimal kulitmu. 

Kalau kamu tipe yang sehari-hari indoor hingga sesekali ada kepentingan keluar, kamu cukup menggunakan sunscreen. Kamu bisa mengatur SPFnya untuk kepentinganmu sendiri. misalnya, kalau kamu kegiatanmu kebanyakan indoor, cukup gunakan sunscreen ber spf 15 saja. Kemudian jika memang pada ruangan itu banyak celah matahari yang cukup banyak, kamu bisa gunakan spf 30-50 deh. 

Jangan lupa juga perhatikan jenis kulitmu. Sekarang sudah banyak kok sunscreen dengan hasil finish matte atau natural, mengikuti jenis kulitmu. Soal harga sih, juga sangat beragam ya. Pokoknya ga ada alasan deh buat kamu skip penggunaan sunscreen ini! [Athiya Azzahra]

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.