Toner untuk Melembabkan Kulit Ketahui Tips Tepat Memilihnya
Skincare

Toner untuk Melembabkan Kulit Ketahui Tips Tepat Memilihnya

Toner untuk melembabkan kulit merupakan salah satu produk skincare yang berperan dengan cara menghidrasinya. Namun, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakannya. 

Terlebih jika kamu adalah pemilik kulit kering. Marshalova membutuhkan produk skincare jenis toner yang lebih ekstra untuk menghidrasi kulit. Jadi, pemakaian serum yang dibarengi dengan toner akan memberikan hasil lebih optimal. 

Cara Memilih Toner untuk Melembabkan Kulit

Toner atau astringent adalah skincare yang digunakan membersihkan, menghaluskan, pengontrol minyak, melembabkan sekaligus menyegarkan wajah. Toner juga efektif menjaga keseimbangan pH kulit yang idealnya 4-4,5 untuk kulit normal. 

Kulit terbagi menjadi 4 jenis yaitu kulit normal, kering, sensitif, dan kombinasi. Masing-masing memiliki karakter yang berbeda, sama halnya dengan produk toner.

Pemilihan toner yang tepat sesuai dengan kebutuhan kulit akan memberikan hasil lebih optimal. Oleh karena itu, saat memilih toner tidak boleh sembarangan. Berikut adalah cara memilih toner sesuai jenis kulit agar tidak sia-sia menggunakannya.

Baca:Moisturizer Untuk Kulit Berminyak Juga Penting Untuk Digunakan

Kulit Sensitif

Toner untuk Melembabkan Kulit

Supaya kulit wajah tetap lembab, glowing, dan halus, maka pemilik kulit sensitif cocok memilih calming toner. Sebisa mungkin hindari toner dengan kandungan alkohol, pewangi, pewarna, asam salisilat, dan paraben. Ini sebagai upaya pencegahan timbulnya iritasi, alergi, kemerahan, hingga masalah kulit wajah lainnya. 

Dianjurkan menggunakan produk yang terbuat dari bahan-bahan anti inflamasi dan kaya oksidan seperti ekstrak teh putih, gliserin, cambuk laut, dan beta glukan. 

Kulit Kering

Toner untuk Melembabkan Kulit

Toner wajah dengan kandungan alkohol akan membuat kulit keringmu menjadi lebih kering. Untuk menghindari kulit semakin kehilangan kelembaban alaminya, hindari toner beralkohol. 

Lantas, jenis toner apa yang aman dipakai untuk kulit kering? Toner wajah bertekstur lotion lebih tepat. Carilah dan temukan toner yang memiliki kandungan peptida, glikolipid, geranium dan ekstrak bunga mawar, jojoba oil, dimetikon, dan asam glikolat.

Kulit Kombinasi

Toner untuk Melembabkan Kulit

Pemilik kulit kombinasi tepat mengaplikasikan balancing toner. Bahkan penggunaannya aman untuk sehari-hari. 

Tanda-tanda kamu memiliki jenis kulit kombinasi adalah pada area T-Zone (mulai dari dahi, hidung, hingga area pipi) ditemukan kandungan minyak berlebih, namun area kulit lainnya berjenis normal.

Nah, pemilik kulit kombinasi harus menggunakan 2 jenis toner yang disesuaikan dengan kondisi cuaca. Aplikasikan toner pada area T-Zone untuk kulit berminyak, sedangkan toner berbahan lotion digunakan pada area wajah lainnya. Jika kamu pemilik kulit kombinasi normal plus, gunakan toner non-oil saja.

Kulit Berminyak dan Berjerawat

Toner untuk Melembabkan Kulit

Toner yang memberikan sensasi menyegarkan dan lembut cocok dipakai untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Toner untuk kulit berminyak dianjurkan menggunakan toner tanpa kandungan alkohol.

Alkohol hanya akan membuat kulitmu menjadi lebih kering dan meningkatkan produksi minyak (sebum) pada wajah. Pilihan produk skincare toner berformula ringan dengan kandungan AHA, sodium hyaluronate, dan sodium PCA dapat diandalkan untuk menjaga keseimbangan kulit dan meminimalisir munculnya minyak berlebih.

Baca Juga:Deretan Produk Face Oil untuk Kulit Berjerawat, Tertarik untuk Mencoba?

Selain berdasarkan jenis kulit, kamu juga perlu tahu fakta-fakta mengenai toner. Fakta tersebut antara lain bahwa toner dengan kandungan alkohol akan memicu perubahan kulit menjadi lebih sensitif dalam pemakaian jangka panjang. Hal ini akan mengganggu keseimbangan metabolisme kulit.

Mengaplikasikan toner dengan bantuan kapas sebenarnya kurang tepat. Cairan toner lebih banyak yang tertinggal di kapas. Sebaiknya tuangkan toner langsung ke telapak tangan dan aplikasikan langsung ke wajah dengan cara menepuk-nepuknya. Kamu juga bisa menggunakan botol semprot sebagai sarana pengaplikasian toner ke wajah.

Jenis toner untuk melembabkan kulit mana yang sesuai dengan kulitmu? Hal yang penting untuk diketahui adalah jenis kulit seseorang dapat berubah-ubah sesuai kondisi cuaca dan hormon. Jadi, pastikan kamu tepat memilihnya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.