4 Penyebab Rambut Rontok pada Remaja, Nomor 3 Sering Kamu Lakukan
Hair

4 Penyebab Rambut Rontok pada Remaja, Nomor 3 Sering Kamu Lakukan

Rambut rontok merupakan masalah yang bisa terjadi pada siapa saja. Tidak hanya orang dewasa atau lansia saja, kerontokan rambut juga bisa dialami oleh remaja. Masalah rambut ini umumnya merupakan efek dari masalah lain yang lebih serius sehingga menjadi penyebab kerontokan rambut. Marshalova tidak perlu terlalu khawatir jika mengalami masalah ini. Mengetahui penyebab rambut rontok pada remaja bisa menjadi langkah awal untuk menemukan solusi bagi permasalahan tersebut.

Rambut Rontok di Usia Remaja

Fenomena rambut rontok di usia remaja sebenarnya bukan fenomena yang aneh. Hal ini cukup lazim terjadi sehingga remaja yang mengalami masalah ini tidak perlu terlalu khawatir. Salah satu hal paling penting untuk mengatasi masalah tersebut adalah mencari penyebab rontok pada rambut remaja kemudian menemukan solusinya. Ada beragam masalah yang bisa menjadi penyebab kerontokan rambut; setiap penyebab masalah akan membutuhkan solusi yang berbeda-beda.

Baca Juga: Vitamin Rambut untuk Rambut Rontok dan Kering, Kualitasnya Nggak Kalah Saing!

Beberapa Penyebab Masalah Kerontokan Rambut pada Remaja

Rambut rontok dengan jumlah 50 hingga 100 helai per hari merupakan jumlah yang normal. Akan tetapi jika ada lebih dari jumlah tersebut yang rontok setiap hari; maka bisa dipastikan ada masalah yang harus diatasi. Berikut ini beberapa penyebab rambut rontok pada remaja yang umum terjadi dan rekomendasi untuk mengatasi masalah kerontokan rambut tersebut.

Masalah Hormon

penyebab rambut rontok pada remaja

Perubahan hormonal yang terjadi ketika usia remaja merupakan hal yang umum dan hampir pasti terjadi. Hal ini disebabkan oleh transisi dari anak- anak menuju orang dewasa. Masalah hormonal ini juga bisa memicu terjadinya rambut rontok pada remaja. 

Salah satu hormon yang bisa menjadi penyebab umum rambut remaja rontok adalah hormon dihidrotestosteron atau DHT. Selama kerontokan rambut yang terjadi tidak sangat ekstrim, masalah rontok karena ketidakseimbangan hormon ini tidak perlu ditakutkan karena akan berhenti dengan sendirinya ketika hormon menjadi seimbang ketika telah dewasa.

Kekurangan Nutrisi

penyebab rambut rontok pada remaja

Masalah kerontokan rambut pada remaja mungkin juga disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi yang diserap oleh rambut. Hal ini sangat mungkin terjadi karena masa pertumbuhan membutuhkan banyak asupan nutrisi sehingga tidak ada kecukupan untuk kekuatan rambut. 

Masalah kekurangan nutrisi ini juga bisa disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang kurang sehat. Kasus ini sangat mungkin terjadi pada remaja yang kurang suka mengkonsumsi makanan sehat dan lebih sering makan makanan cepat saji atau junk food. 

Memperbaiki asupan gizi menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah kerontokan rambut ini. Memberi tambahan asupan nutrisi atau vitamin rambut juga bisa membantu mengatasi masalah ini.

Baca Juga: 3 Hair Tonic Untuk Mengatasi Rambut Rontok yang Dapat Menyebabkan Kebotakan Pada Wanita

Rontok Akibat Hair Styling

penyebab rambut rontok pada remaja

Salah satu penyebab kerontokan rambut pada remaja yang paling umum adalah hairstyling yang berlebihan. Keinginan tampil cantik sehingga menggunakan beragam produk untuk menata rambut bisa berakibat buruk pada rambut. 

Penggunaan produk yang berkualitas kurang baik ataupun memiliki kandungan bahan kimia tinggi sangat mungkin menyebabkan kerontokan rambut. Solusi terbaik untuk masalah ini adalah lebih selektif dalam menggunakan produk hair styling serta melakukan perawatan rambut yang lebih intensif.

Efek Samping Pengobatan

penyebab rambut rontok pada remaja

Seorang remaja yang tengah menjalani suatu prosedur pengobatan juga sangat mungkin mengalami masalah kerontokan rambut. Hal ini sangat umum terjadi karena ada efek samping dari konsumsi obat atau prosedur pengobatan yang memicu terjadinya rambut rontok. Perawatan rambut lebih intensif bisa menjadi pilihan untuk mengurangi efek samping pengobatan yang menyebabkan rambut rontok.

Keempat penyebab rambut rontok pada remaja bisa jadi penyebab masalah kerontokan rambut Marshalova yang masih remaja. Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan ahli kulit dan rambut untuk memperoleh solusi terbaik.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.